10 Kebiasaan yang bisa membuat wanita bahagia dan sehat - Dunia Wanita

 

Jika anda melihat wanita lain yang mempunyai tubuh fit, mata cerah dan mood yang sangat positif, terkadang anda sering bertanya-tanya apa saja rahasia untuk mendapatkannya dan apa saja yang bisa dilakukan? Kesehatan sendiri merupakan hal penting bagi setiap orang karena kesehatan badan biasanya juga memberikan dampak positif pada mental seseorang. Berikut ini ada 10 langkah mudah yang bisa anda coba untuk menjadi lebih bahagia dan tentu saja sehat. Tentu saja anda bisa mencoba kebiasaan yang membuat wanita bahagia & sehat di rumah bersama keluarga.

 

1. Berlatih untuk melemaskan syaraf otak

 

Seorang ahli neurobiologis bernama Lawrence Ketz dari Duke University mengatakan bahwa melakukan latihan kognitif yang biasa disebut dengan neurobics bisa mengaktifkan koneksi baru di dalam otak dan membantu melawan efek penuaan yang berdampak pada mental. Neurobics membutuhkan kelima indra anda dengan cara yang tak terduga membantu anda memperkuat koneksi jaringan syaraf sekaligus membuat sel penerima tetap kuat dan sehat. Anda bisa coba untuk menggunakan pakaian gelap atau mandi di dalam gelap, lalu alihkan apa saja yang bisa anda gunakan ke sisi tubuh anda yang lain, misal anda memakai jam tangan atau gelang di pergelangan tangan lainnya, memasak makanan yang jarang dimasak, mencoba untuk menghirup aroma berbeda setiap pagi dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.

 

2. Investasi untuk diri sendiri itu penting

 

Seperti yang kita tahu bahwa wanita sehat bisa dikatakan sangat hebat dalam hal berinvestasi untuk keinginan dan kebutuhan orang lain, namun menghabiskan uang untuk mereka sendiri mungkin sebuah kemewahan. Jadi investasi untuk diri anda sendiri bisa membantu meningkatkan perasaan lebih sejahtera dan sehat yang tentu saja beriringan dalam membangkitkan penampilan, mood dan cara pandang anda sendiri. Anda juga bisa bergabung dalam kelas yang bisa membantu kehidupan karir anda atau mencoba berbagai hobi baru.

 

3. Menjadi lebih berani

 

Di dalam buku yang ditulis Suze Osman judulnya Women & Money bahwa wanita cenderung takut untuk keluar dari zona nyaman mereka – wanita takut berkonfrontasi atau takut mengecewakan seseorang, takut akan kehilangan pekerjaan, takut jika pasangan meninggalkannya, takut tidak dicintai atau takut tentang apa yang ada di pikiran orang lain. Dalam hal ini anda bisa mengambil risiko kecil seperti pergi menonton film di bioskop sendirian, berbicara di lingkungan kerja untuk melatih anda menjadi lebih berani, bahkan travelling sendirian. Melakukan kegiatan keberanian secara acak juga bisa mengurangi rasa takut, meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri.

 

4. Rutin melakukan olahraga yang disukai

 

woman jumping on ground near black metal fence under pink petaled flower at daytime
Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash

 

Menurun Pierce Howard, jika anda mampu memaksakan diri anda untuk berolahraga seperti bersepeda, jogging ataupun berenang karena suatu alasan, maka hal tersebut bisa membuat anda justeru tidak sehat atau bahkan cedera. Anda bisa lakukan berbagai kegiatan olahraga yang memang anda sukai sesuai dengan kepribadian anda sendiri. Jangan berhenti ketika anda baru saja mencoba, karena banyak orang yang melakukan demikian. Biasakan agar anda mencoba berbagai olahraga dengan pemikiran yang lebih terbuka dan selalu buang praduga lainnya seperti anda merasa tidak pandai bermain bulu tangkis, dan masih banyak lainnya. Anda bisa lebih fokus pada faktor kebugaran dan kesenangan anda sendiri.

 

5. Jangan terlalu lama berteman dengan perasaan buruk

 

Banyak wanita yang justru merasa bersalah ketika menjadi ibu rumah tangga atau bahkan ibu bekerja sekalipun. Jika anda tidak mampu menghilangkan rasa bersalah tersebut dengan mudah, Susan Wilson sebagai salah satu tokoh motivator memberikan saran untuk memilih yang mudah saja. Kebiasaan wanita satu ini mungkin sulit dihilangkan. Mungkin anda juga bertanya-tanya apakah diperbolehkan untuk menyimpan rasa bersalah atau malah berpikir jika anda tidak berguna. Dalam hal ini anda bisa menyimpan pertanyaan atau rasa bersalah tersebut selama beberapa waktu, jangan terlalu lama. Dan ada saatnya untuk meninggalkannya. Anda bisa berikan ruang pada diri anda sendiri supaya mampu memberi rasa emosi positif dan negatif tersebut. Jika anda sudah mampu mengamati perasaan tersebut dan tidak bereaksi apapun maka hal tersebut justeru bisa membuat anda untuk tetap tenang dan fokus.

 

6. Biasakan untuk tertawa

 

three women sitting on brown wooden bench
Photo by Ben White on Unsplash

 

Seorang psikolog ahli bernama Steve Wilson berkata bahwa efek tertawa dan olahraga sangat mirip untuk kesehatan. Menurutnya dengan adanya tertawa dalam kegiatan sehari-hari seperti melambaikan tangan bahkan mampu mengaktifkan sebagian besar sistem psikologis manusia. Makanya menjadi wanita bahagia sangat penting bagi fisik dan mental. Tertawa juga bisa membakar kalori, mengurangi stress, memperkuat sistem imun dan meningkatkan kadar endorfin positif atau senyawa pereda sakit alami yang ada di dalam tubuh. Tertawa dengan perut juga bisa meningkatkan kepuasan diri dan membantu anda untuk mengatasi permasalahan. Biasakan untuk tertawa setiap dua jam juga bahkan sama sehatnya dengan memakan satu buah apel dalam sehari.

 

7. Belajar untuk mencintai pekerjaan anda

 

Seorang psikoterapis profesional bernama Beth Mares juga mengatakan atau menemukan faktor yang membuat anda merasa tidak senang atau puas dengan pekerjaan anda sekarang. Apakah anda merasa tidak berguna, gaji tidak cukup, merasa tidak dihargai atau terlalu banyak mendapatkan beban kerja. Selain anda hanya ingin mencari pekerjaan baru, anda harus bisa belajar untuk menolak berkata tidak atau mempelajari keterampilan baru untuk suatu pekerjaan. Pilihan lainnya adalah memfokuskan diri anda sendiri dengan berbagai alasan mengapa anda bekerja di sana. Untuk membuat anda merasa bahagia di kantor, anda harus ingatkan diri anda sendiri dengan rencana dan manfaat yang akan anda dapatkan di jangka panjang mendatang. Sangat disarankan jika anda mampu untuk menerapkan kelebihan anda dan mengatasi berbagai kelemahan tersebut.

 

8. Coba hirup aroma lemon

 

Anda mungkin tidak tahu jika menghirup bau jeruk secara langsung bisa memberikan efek baik pada neurotransmitter di dalam sistem otak anda yang tentu saja bisa meningkatkan mood anda sekaligus menaikkan sistem imun. Bahkan penelitian yang ada di Ohio State University juga menemukan bahwa minyak lemon juga mampu memberikan efek positif yang mengubah kadar norepinephrine dan serotonin di dalam otak anda. Cara mudah untuk mendapatkan aroma jeruk atau lemon dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan menggunakan alat diffuser, minyak mandi, lilin aroma atau anda juga bisa mencampur kain lap bersih dengan minyak atsiri di dalam mesin pengering anda.

 

9. Lakukan sosialisasi untuk kesehatan mental

 

three woman sitting near the flower
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

 

Bersosialisasi juga lebih efektif dengan latihan mental dalam meningkatkan kepintaran dan memori. Hanya dengan melakukan interaksi sosial selama 10 menit mampu meningkatkan kinerja intelektual yang nilainya sama banyaknya dengan menyelesaikan persoalan teka-teki silang atau lainnya. Anda harus tahu jika kesepian mempunyai tingkatan sakit atau bahkan kematian lebih besar jika dibandingkan dengan merokok. Bersosialisasi bisa membantu anda mengurangi perasaan kesepian dan ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan perasaan cemas.

 

10. Selalu perhitungkan keuangan secara teratur

 

Anda harus bisa membangun hubungan jujur dan sehat dengan uang yang anda punya. Anda juga harus mampu melihat hubungan tersebut sebagai refleksi bagaimana anda bisa menghargai dan memandang diri anda sendiri. Untuk membangung hubungan sehat dengan uang yang anda punya, anda harus paham tentang siklus keluar dan masuknya uang, tagihan kartu kredit, tunjangan, asuransi jiwa, asuransi rumah dan bahkan keuangan keluarga. Pastikan anda bisa melihat aspek baru dari arus masuk dan keluar pendapatan anda.

 

Mengapa wanita bahagia itu sehat?

 

Kebahagiaan mempunyai pengaruh besar pada kesehatan wanita sendiri. Wanita yang hidupnya bahagia jika dibandingkan dengan wanita yang tidak – mereka jauh lebih sehat baik dari segi fisik dan mental. Berikut ini terdapat berbagai alasan mengapa wanita bahagia mempunyai gaya hidup sehat yang mengarah pada kesehatan keseluruhan.

 

Wanita bahagia jauh dari stress

 

Orang yang hidup bahagia biasanya lebih mampu dalam mengendalikan stress di dalam arus kehidupan mereka. Tidak adanya hal yang harus dikhawatirkan ataupun munculnya emosional bisa membuat hidup anda lebih menyenangkan dan ringan. Stress juga memberikan efek tidak baik pada kesehatan dan bisa menurunkan kesehatan psikologis. Wanita yang hidupnya lebih bahagia biasanya akan menjauhkan pikiran dari hal-hal yang membuat stress dan lebih mengarah pada pendekatan yang lebih positif dalam kehidupan dan hubungan mereka.

 

Mempunyai tubuh sehat mengurangi biaya pengobatan

 

Wanita yang lebih sehat dan bahagia dari lainnya biasanya memerlukan biaya pengobatan lebih sedikit jika dibandingkan dengan wanita lain yang mungkin harus berobat dan mendapatkan pemeriksaan. Hal tersebut berarti beban keuangan untuk urusan kesehatan yang sehat tentu saja menurun jumlahnya. Menurunnya jumlah tersebut bisa membuat perbedaan besar yang berkaitan dengan stress yang sering dialami wanita yang mengelola pendapatan mereka agar tetap terkendali. Anggaran bulanan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang tentu saja lebih sehat.

 

Wanita bahagia selalu ingin beraktifitas

 

Wanita yang bahagia biasanya tidak akan betah lama untuk mendekam di rumah atau sofa sepanjang hari tanpa aktivitas apapun. Sebaliknya, mereka akan lebih suka menghabiskan keseharian mereka dengan melakukan kegiatan yang lebih bernilai dan mendapatkan tidur cukup, Mereka akan bangun dan melakukan aktivitas, selalu menyibukkan diri dalam tanggung jawabnya masing-masing. Hal ini bisa membuat tubuh mereka selalu aktif dan mengurangi resiko kelebihan berat badan atau mereka tidak perlu khawatir menumpuk lemak yang ada di dalam tubuh. Mempunyai gaya hidup lebih aktif juga dikenal  bisa memberikan manfaat kesehatan maksimal.

 

Tidak mudah terkena penyakit

 

Salah satu hal yang jelas dari kesehatan buruk adalah lebih sering sakit. Penyakit juga mempunyai dampak langsung pada pola pikir dan emosional seorang wanita berkaitan langsung dengan kebahagiaannya. Ketika merasa sakit biasanya anda berada dalam mood tidak baik atau mempunyai sikap pemarah. Anda bisa coba merubah mood anda untuk merasa lebih bahagia, dan hal tersebut bisa memastikan bahwa kaum wanita untuk menghindari sakit.  Wanita yang bahagia juga biasanya merasa lebih cenderung bersikap optimis tentang kehidupan, keluarga dan lingkungan mereka. Mereka akan melakukan berbagai hal bermanfaat untuk semua orang dari perspektif kesehatan. Banyak hal yang bisa dicapai dan manfaat ketika menjadi wanita bahagia dan sehat. Anda bisa gunakan artikel satu ini menjadi referensi.

 

 

Mengapa wanita yang bahagia dapat menjadi sehat?

Kebahagiaan mempunyai pengaruh besar pada kesehatan wanita sendiri. Wanita yang hidupnya bahagia jika dibandingkan dengan wanita yang tidak – mereka jauh lebih sehat baik dari segi fisik dan mental

Apa saja 5 langkah mudah yang dapat dilakukan dirumah agar wanita bahagia dan sehat?

1. Berlatih untuk melemaskan syaraf otak 2. Investasi untuk diri sendiri itu penting 3. Menjadi lebih berani 4. Rutin melakukan olahraga yang disukai 5. Jangan terlalu lama berteman dengan perasaan buruk

Apa alasan wanita bahagia mempunyai gaya hidup sehat yang mengarah pada kesehatan keseluruhan?

Wanita bahagia jauh dari stress, Mempunyai tubuh sehat mengurangi biaya pengobatan, Wanita bahagia selalu ingin beraktifitas, Tidak mudah terkena penyakit

 

 

Leave a Reply
You May Also Like

Atasi Kolesterol Tinggi, Konsumsi 7 Buah Ini – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Adanya kolesterol dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon,…

Konsumsi Jahe Merah, Ini Manfaat untuk Kesehatan – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Jahe merah memiliki kulit yang kemerahan dengan bagian dalam…

Jerawat Membandel, Hempaskan Hanya Semalam – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Munculnya jerawat jadi salah satu masalah kulit yang menjengkelkan. Namun,…

Seksolog Dokter Boyke Bongkar Tips Manjur Wanita Cepat Puas – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Pasangan suami istri tidak boleh egois dalam berhubungan ranjang. Sebab,…