Bagikan Artikel Ini:

Cara mewarnai rambut secara alami – Mengubah penampilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Ya, warna rambut bisa membuat penampilan kita menjadi semakin terlihat menarik dan unik. Tak hanya memberikan tampilan yang baru, mewarnai rambut juga bisa menimbulkan perasaan lebih percaya diri dan menimbulkan mood yang lebih baik.

Jika kamu ingin mencoba cara mewarnai rambut dengan cara yang alami, kamu bisa memakai berbagai bahan bahan natural atau tradisional. Warna yang dihasilkan memang tidak sepekat cat rambut yang menggunakan bahan bahan kimia yang bisa kita dapatkan di supermarket atau salon rambut. Namun pewarna alami seperti ini lebih rendah risiko dari kerusakan rambut atau bagi orang-orang yang mudah alergi.

Mempunyai rambut yang sehat, bersih dan alami adalah keinginan setiap orang. Namun tidak sedikit juga di antaranya merasa bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja. Tak segan banyak orang rela mengeluarkan uang yang banyak demi mengganti rambut mereka di salon yang mewah.

Namun bagi kaum hawa yang hobi nya gonta ganti rambut, mengecat rambut tidak hanya bisa dilakukan di salon saja. Bisa di dalam rumah sendiri dengan alat semprot biasa. Tapi dari bahan pewarna itu biasanya banyak mengandung bahan bahan kimia yang bisa berefek buruk pada rambut kita. Mulai dari rambut yang kering, ketombe, rontok, bercabang, dan masalah yang lain lain.

Nah, salah satu cara lainnya untuk bisa mewarnai rambut tapi juga bisa dapat menghindari efek bahan bahan kimia adalah dengan cara metode tradisional. Ya bahan tradisional kenapa bahan tradisional ? karena Bahan tradisional ini alami, praktis, dan mudah didapat tak hanya menawarkan warna rambut yang indah, tapi juga membuat rambut lebih sehat, bersih, dan rambut yang kuat.

Kurangilah memakai bahan bahan yang terbuat dari bahan kimia karena dapat merusak rambut kamu, pakailah bahan bahan alami atau bahan bahan tradisional, karena selain menyehatkan untuk rambut, bahan bahan ini kamu bisa dapatkan secara mudah, dan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, tanpa kamu harus mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Bahan bahan apa saja yang di butuhkan pada saat mewarnai rambut :

  1. Saat mulai mewarnai rambut, sebaiknya kamu menggunakan kain pelapis. Jadi saat baju kamu terkena cat rambutnya, kamu akan lebih mudah menggantinya.
  2. selama proses mewarnai rambut, lebih baik jepit rambut menjadi beberapa bagian. Sehingga kamu tahu bagian mana yang belum diwarnai.
  3. Sisir
  4. Mangkuk non logam sebagai wadah untuk pewarna nya.
  5. Sarung tangan
  6. Handuk dikenakan di bagian Pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes.

Jika peralatan nya sudah lengkap, kamu bisa mulai melakukan ritual mewarnai rambut ini.

  1. Semprotan, contohnya seperti semprotan kispray

(SELAMAT MENCOBA).

Cara mewarnai rambut secara alami

1. Cara mewarnai rambut dengan kunyit

Cara mewarnai rambut secara alami

Photo by FOODISM360 on Unsplash

Untuk kamu yang mau mendapatkan warna pirang agak sedikit gelap, kamu bisa sekali mewarnai rambut dengan bahan kunyit ini. Warna kuning nya yang sangat tajam dari kunyit akan melapisi rambut kamu dan menghasilkan warna pirang coklat yang alami.

Bahan bahan yang di siapkan :

  1. 1 sampai 2 kunyit segar yang sudah di parut.
  2. 2 gelas belimbing air hangat

Cara membuat dan cara memakai nya :
1. Siapkan seperempat cangkir parutan kunyit, kemudian tuangi air hangat   dan peras-peras hingga kamu           mendapatkan secangkir larutan kunyit pekat.

  1. Masukkan larutan kunyit ke dalam botol spray nya, kemudian semprotkan hingga merata ke batang rambut. Remas-remas perlahan dan diamkan dahulu hingga rambut mengering.
  2. Jika rambut sudah kering, kamu bisa bilas hingga bersih. Ulangi proses ini setiap dua hari sekali.

2. Cara mewarnai rambut dengan Lemon

Cara mewarnai rambut secara alami

Photo by Han Lahandoe on Unsplash

Lemon ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan warna rambut yang cantik, wangi dan bagus. Pertama tama kamu harus membuat jus lemon terlebih dahulu. Ingat yaa lemon nya kamu harus cari yang segar.  Jus lemon ini dapat membantu mengupas pigmen rambutmu secara perlahan lahan. Berbeda dengan pewarna lain yang bersifat sementara, hasil dari jus lemon bersifat permanen.

Cara membuat dan cara memakai nya :

  1. tuang jus lemon ke dalam botol semprot atau kispray. Lalu semprotkan jus secara bebas ke rambut. Gunakan sisir untuk meratakannya.
  2. Kalau bisa kamu menggunakan nya di luar rumah supaya mendapatkan sinar matahari untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Setelah kamu semprotkan ke rambut kamu biarkan jus lemon ini setidaknya selama satu jam.
  4. Setelah itu kamu bisa cuci bersih rambut mu.

Kamu harus dapat melakukan cara ini beberapa kali untuk mendapatkan seberapa efek yang kamu inginkan jika perlu. Sebab metode lemon ini akan bekerja lambat, jadi kemungkinan akan membutuhkan beberapa sesi berulang. (Selamat Mencoba).

Baca Juga : 11 Penyebab Rambut Rontok Terus-Menerus

3. Cara mewarnai rambut dengan wortel

Cara mewarnai rambut secara alami

Photo by Jonathan Pielmayer on Unsplash

            Jika kamu ingin rambutmu berwarna rada ke orange atau kemerah merahan, kamu bisa menggunakan jus wortel, dengan memakai jus wortel ini  warnanya akan bertahan selama beberapa minggu. Wortel ini dapat di manfaatkan untuk melembutkan rambut, rambut bisa menjadi berkilau, dan menyuburkan rambut kamu.

Cara membuat dan cara memakai nya :

  1. Pertama tama kamu harus mencari wortel yang segar kalau bisa yang baru saja di petik
  2. Setelah itu kamu bisa blender wortel kamu
  3. Nah, setelah di blender untuk mewarnai rambut dengan jus wortel ini caranya adalah campur jus wortel dengan minyak seperti kelapa atau minyak zaitun.
  4. Kemudian oleskan campuran tersebut secara bebas ke rambut.
  5. Lalu bungkus rambut dengan plastik, diamkan setidaknya satu jam.
  6. Setelah itu kamu bisa bilas dengan cuka sari apel. Atau bisa juga dengan air biasa tapi secara perlahan lahan.

Jika warna belum terlalu pekat kamu bisa mengulangi nya lagi ke esokan hari nya.

(Selamat Mencoba).

4. Cara mewarnai rambut dengan Buah Bit

Cara mewarnai rambut secara alami

https://blog.regopantes.com/

            Jika kamu ingin mewarnakan rambut mu menjadi warna merah yang lebih mendalam dengan nada rada rada dingin, kamu bisa menggunakan buah bit ini dari pada wortel  Buah bit ini di manfaatkan untuk mengurangi kerontokan rambut, Mengobati ketombe, Menyuburkan rambut, dan bisa menjadi pewarna alami.

Langkah langkah nya untuk menggunakan jus buah bit ini mirip dengan yang digunakan untuk jus wortel.

Cara membuat dan cara memakai nya :

  1. Pertama tama kamu harus membeli buah bit yang segar terlebih dahulu
  2. Lalu kamu blender buah bit itu sampai menjadi halus
  3. Campur jus buah bit ini dengan minyak zaitun atau bisa juga dengan kelapa
  4. Kemudian kamu oleskan campuran tersebut secara bebas ke rambut yang kamu inginkan.
  5. Kemudian bungkus rambut mu.
  6. Lalu diamkan campuran tersebut setidaknya 1 jam
  7. Setelah itu baru kamu bisa bilas dengan air secara perlahan lahan.

  Jika warna belum terlalu pekat kamu bisa mengulangi nya lagi ke esokan hari nya.

(Selamat Mencoba).

5. Cara mewarnai rambut dengan Henna

Cara mewarnai rambut secara alami

https://id.wikihow.com/

      Henna adalah nama tumbuhan tertua yg digunakan sebagai kosmetik. Sangat aman digunakan. Jarang sekali menimbulkan masalah. Jika ragu karena mempunyai kulit sensitif, ada baiknya konsultasi dengan dokter dan mencobanya dalam kuantitas kecil. Henna natural alami biasanya aman karena tidak mengandung pewarna kimia atau bahan tambahan yg berbahaya lainnya. henna juga dapat digunakan untuk mewarnai rambutmu menjadi merah. Henna bentuk bubuk merupakan pilihan pewarna rambut alami paling tahan lama dan paling cerah. Warnanya bisa bertahan selama empat hingga enam minggu. Henna dapat dimanfaatkan untuk Melembabkan rambut, menutupi uban, dan mengatasi ketombe.

Cara membuat dan cara memakai nya :

  1. Pertama tama campurkan sekitar setengah cangkir henna dengan ¼ gelas air.
  2. Kemudian kamu aduk campuran sampai benar benar tercampur dan terasa seperti kentang tumbuk, jika perlu tambahkan lebih banyak air.
  3. Setelah itu tutup campuran dengan bungkus plastik, dan kamu diamkan selama 12 jam. Mungkin kamu perlu tambahkan lebih banyak air lagi setelah 12 jam agar kamu bisa mengaplikasikan ke rambut.
  4. Setelah semua siap cuci rambut kamu Kenakan ikat kepala dan oleskan minyak seperti minyak kelapa di sepanjang garis rambut. Ini agar pacar tidak akan menodai kulit kepala.
  5. Lalu kamu oleskan campuran pasta ke bagian bagian kecil dari rambut seakan menyisir basah sampai semua rambut tertutup.kenapa seperti gini ? agar pacar ini tidak akan menodai kulit kepala kamu.

Selesai

  Jika warna belum terlalu pekat kamu bisa mengulangi nya lagi ke esokan hari nya.

(Selamat Mencoba).

6. Cara mewarnai rambut dengan kopi

Cara mewarnai rambut secara alami

Photo by ?? Janko Ferlič – @specialdaddy on Unsplash

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Kopi di manfaatkan untuk mencegah rambut rontok, memperbaiki tekstur rambut, memperbaiki warna rambut, dan cat rambut alami. Kopi ini bisa mewarnai rambutmu menjadi lebih hitam dan gelap. Meskipun begitu, mewarnai rambut dengan kopi tidak akan memberikan perubahan drastis pada rambut dan efeknya tidak akan bertahan lama.

Cara membuat dan Cara memakai nya :

  1. Pertama tama seduh secangkir kopi, lalu campurkan sekitar setengah cangkir kopi dengan 2 sendok makan bubuk kopi, dan satu cangkir conditioner rambut.
  2. Setelah itu kamu oleskan campuran ini untuk membersihkan rambut.
  3. Biarkan campuran setidaknya selama satu jam.
  4. Baru kamu bisa cuci bersih setelah itu. Ulangi jika perlu.

Jika warna belum terlalu pekat kamu bisa mengulangi nya lagi ke esokan hari nya.

(Selamat Mencoba).

7. Cara mewarnai rambut dengan daun pandan dan mengkudu

Cara mewarnai rambut secara alami

https://id.phoneky.com/

Daun pandan adalah  jenis tumbuhan monokotil dari famili pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan indonesia dan negara-negara asia tenggara lainnya. Pandan juga merupakan bahan alami yang digunakan secara turun-temurun untuk mendapatkan rambut lebih hitam, sehat, dan berkilau.

Cara membuat dan cara memakai nya :

  1. Ambil 7 daun pandan yang masih terlihat mulus tanpa sobek
  2. Kemudian kamu potong potong kira-kira sepanjang 3 cm.
  3. Setelah itu kamu rebus di dalam air mendidih sampai air berubah warna menjadi kehijauan
  4. Lalu kamu saring dan diamkan semalaman.
  5. Dan pada esok harinya campurkan air pandan dan jus mengkudu, Aplikasikan ke rambut seperti sedang memakai masker. Agar hasilnya maksimal, gunakan minimal 3 kali dalam semnggu.

Kesimpulan 

Bahan bahan apa saja yang di butuhkan pada saat mewarnai rambut ?

1. Saat mulai mewarnai rambut, sebaiknya kamu menggunakan kain
pelapis. Jadi saat baju kamu terkena cat rambutnya, kamu akan
lebih mudah menggantinya.
2. Selama proses mewarnai rambut, lebih baik jepit rambut menjadi
beberapa bagian. Sehingga kamu tahu bagian mana yang belum
diwarnai.
3. Sisir
4. Mangkuk non logam sebagai wadah untuk pewarna nya.
5. Sarung tangan
6. Handuk dikenakan di bagian Pundak untuk melindungi pakaian
dari pewarna yang menetes.

Apa manfaat mewarnai rambut dengan lemon ?

Untuk memberikan warna rambut yang cantik, wangi dan bagus.

Apa manfaat mewarnai rambut dengan kopi ?

Untuk mencegah rambut rontok, memperbaiki tekstur rambut, memperbaiki warna rambut, dan cat rambut alami.

 

 

(Visited 2 times, 2 visits today)