Bagikan Artikel Ini:

Berat badan ideal anak– semua orang tua menginginkan pertumbuhan dan perkembangan pada anaknya baik dan memiliki pertumbuhan badan yang ideal dengan usianya. Pertumbuhan dan perkembangan anak ini bias dinilai oleh orang tua dari pertumbuhan berat badan ideal pada anaknya. Seperti yang telah kita ketahui setiap bayi yang di lahirkan mempunyai berat badan yang berbeda-beda, misalnya ada bayi yang lahir dengan berat badan 2,9 Kg atau ada yang sampai 4 Kg. Tetapi ini merupakan hal wajar pada berat badan idealnya pada bayi.

Dari sisi yang lain, ada juga banyak di beberapa kelahiran bayi yang tidak memiliki berat badan ideal. Penyebab ini bisa dikarenakan beberapa faktor tertentu atau ada hal-hal yang mengganggu pada masa kehamilan. Tetapi faktor-faktor tersebut tidak banyak diketahui oleh orang tua.

Di bawah ini adalah cara mengetahui berat badan ideal pada bayi atau pertumbuhan berat badan ideal bayi.

Cara mengetahui pertumbuhan berat badan ideal pada bayi

Berat Badan Ideal Bayi 1

  1. Bayi yang baru dilahirkan atau usia 0 bulan

Bayi yang memiliki usia 0 bulan atau yang baru beberapa hari dilahirkan tentu memiliki berat badan berbeda antara bayi satu dengan bayi yang lain. Biasanya berat badan pada bayi yang baru saja lahir itu bias di pengaruhi oleh faktor-faktor seperti kesehatan, genetika, dan asupan nutrisi pada ibu masa kehamilan, kelahiran anak kembar, kesehatan pada bayi, dan jenis kelamin bayi antara bayi laki-lai dan perempuan itu memiliki perbedaan berat dan panjang badan pada waktu di lahirkan.

Bayi pada usia 0 bulan memiliki normal berat badan bayi perempuan yaitu diantar 2.2 kg – 3.9 kg sedangkan bayi laki-laki memiliki berat badan 2.4 kg – 4.2 kg. jika pada saat bayi baru lahir dan beberapa hari kemudian bayi mengalami penurunan berat badan hal ini adalah wajar pada bayi yang baru di lahirkan. Berat badan bayi akan naik saat sudah memasuki hari ke 10.

  1. Bayi yang memasuki usia 1 bulan

Berat badan pada bayi yang telah memasuki usia 1 bulan  telah menampakkan kenaikan berat pada tubuh bayi  badan. Normal berat badan bayi bayi pada usia 1 bulan ini yaitu  bayi perempuan dengan memiliki berat badan berat  antara 2.8 kg – 5.0 kg dan sedangkan pada bayi laki-laki yaitu dengan berat badan yaitu antara 2.9 kg – 5.5 kg. jika berat badan bayi pada usia 1 bulan ini memiliki berat badan di bawah rata-rata yang disebutkan tadi maka berat badan bayi termasuk dalam katagori bahwa badan bayi tidak berisi jika mencapai batas di atas rata-rata maka badan termasuk bayi yang gemuk dan berisi.

  1. Bayi yang memasuki usia 2 bulan

Bayi yang memasuki usia 2 bulan pertumbuhan bayi meningkat. Pertambahan berat badan bayi bias mencapai 200 gram dalam seminggu ini bagi bayi yang mendapatkan asupan nutrisi dari ASI. Berat badan ideal bayi pada usia ini bagi bayi perempuan mengalami pertambahan berat badan yaitu mencapai 3.3 kg -6.0 kg sedangkan pertambahan pada bayi laki-laki yaitu sekitar 3.5 kg -6.7 kg.

  1. Bayi yang memasuki usia 3 bulan

Bayi yang telah memasuki usia 3 bulan ini di mana bulan 3 tiga yaitu terlahirnya pertumbuhan dan peningkatan untuk berat badan yang lebih signifikan. Maka dari itu, usahkan memberikan ASI pada usia 3 bulan pertama pada bayi agar berat badan pada bayi menjadi ideal.

  1. Bayi yang memasuki usia 4 bulan

Pada usia bayi yang telah memasuki usia 4 bulan, pertambahan berat badan bayi sudah mengalami penurunan untuk pertambahan yang lebih signifikan jika dibandingkan pada usia bayi  3 bulan  sebelumnya. Bagi bayi perempuan memiliki pertambahan berat badan  antara 4.8 kg- 8.0 kg sedangkan bayi laki-laki kisaran 5.3 kg – 9.1 kg.

  1. Bayi yang sudah menginjak usia  5 bulan

Bayi yang telah menginjak usia 5 bulan memiliki berat badan ideal bagi bayi perempuan yaitu mencapai berat kisaran antara 5.2 kg – 9.2 kg sedangkan berat badan untuk bayi laki-laki yaitu mencapai kisaran antara 5.8 kg – 9.7 kg. pada usia bayi 5 bulan pertambahan berat badan si bayi bias mencapai 500 – 600 gram dalam sebulan.

  1. Bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan

Jika bayi sudah memasuki usia 6 bulan berat badan bayi akan bertambah kisaran 150 gram dalam per minggunya. Untuk bayi perempuan yang telah menginjak usia 6 bulan berat badan ideal bayi akan bertambah 5.5 kg – 9.7 kg sedangkan bayi laki-laki yaitu bias mencapai 6.1 kg – 10.2 kg.

  1. Bayi yang telah menginjak usia 7 bulan

Bayi yang telah memasuki usia 7 bulan memiliki berat yang ideal bagi bayi perempuan antara 5.8 kg – 10.2 kg sedangkan bayi laki-laki mencapai kenaikan berat badan kisaran 5.8 kg – 10.2 kg dari memasuki usia 7 bulan sampai nanti memasuki usia 9 bulan berat bayi akan bertambah 350 gram – 450 gram per bulanya.

  1. Bayi yang memasuki usia 8 bulan

Bayi yang telah mencapai usia 8 bulan ini tidak menampakkan pertambahan berat badan yang terlalu signifikan. Ini karena bayi yang memasuki usia 8 bulan hanya mengalami pertambahan berat badan tidak akan melebihi 500 gram dalam bulan nya. Pada usia ini pertambahan berat badan bagi bayi perempuan yaitu mencapai berat 6.0 kg – 10,6 kg sedangkan bayi laki-laki yaitu 6.7 kg – 11.1 kg.

  1. Bayi yang sudah memasuki usia 9 bulan

Bayi yang memasuki usia 9 bulan mengonsumsi ASI lebih banyak sehingga berat badan pada bayi pada usia 9 bulan pertambahan berat badan nya sedikit meningkat dari bulan sebumnya pada berat bayi perempuan pada usia 9 bulan mencapai 6.2 kg – 11.0 kg  sedangkan bayi laki-laki mencapai 6.9 kg – 11.4 kg.

  1. Berat badan bayi yang memasuki usia  10 bulan

Bayi yang telah memasuki usia 10 bulan pertambahan berat badan sekitar 250 gram – 350 gram dalam 9 bagi perempuan berat badannya mencapai 6.4 kg -11.1 kg dan bayi laki-laki yaitu 7.1 kg – 11.8 kg.

  1. Usia bayi memasuki  11 bulan

Jika bayi telah memasuki usia 11 bulan maka pertumbuhan bayi meningkat 300 gram / bulan. Untuk berat badan bayi 11 bulan Untuk bayi laki- laki mencapai berat 7.3 kg – 12.1 kg dan untuk bayi perempuan 6.6 kkg – 11.7 kg.

  1. Usia bayi yang telah memasuki 12 bulan

Bayi yang telah memasuki usia 12 bulan atau memasuki usia satu tahun bayi  mengalami kekuranagn kenaikan berat badan di mulai dari 3 bulan terakhir sebelum memasuki usia satu tahun. Berat badan ideal saat usia mencapai 12 bulan ini yaitu berat badan ideal bayi laki-laki mencapai sekitar 7.5 kg -12.4 kg sedangkan untuk bayi perempuan mencapai kenaikan sekitar 6.8 kg -12.0 kg.

Beberapa faktor-faktor yang bisa memengaruhi berat badan pada bayi

Berat badan pada bayi bisa di timbulkan karena ada beberapa yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi perkembangannya dan berat badan ideal pada bayi.

  1. Usia pada kandungan
    Usia pada kandungan

    Photo by Ryan Franco on Unsplash

Bayi yang lahir tidak sesuai dengan jadwal (38-40 minggu) selalu disebut dengan bayi yang lahir dalam keadaan Prematur. Berat badan pada si bayi akan tidak ideal dibandingkan dengan berat ideal bayi yang lain.

  1. Berat badan bayi dipengaruhi dari jenis kelamin bayi.

Bayi laki-laki dan perempuan akan berbeda pada saat di lahirkan. Bayi laki-laki akan mempunyai berat lebih besar di bandingkan dengan normal berat badan bayi perempuan. Diantara dua bayi  laki-laki dan perempuan, perkembangan  bayi laki-laki lah yang lebih cepat dari bayi perempuan .

  1. Kesehatan ibu hamil pada masa kehamilan.

Ibu hamil juga rentan sakit dan lain-lain pada masa kehamilan. Jika ibu hamil yang selali sakit pada selama masa kehamilan, kondisi ini bisa memperburuk keadaan calon bayi. Seperti halnya yaitu rentan nya menyerang berat badan bayi nantinya bisa bayi yang di lahirkan berat badanya bisa tidak ideal.

  1. Cukupi asupan gizi ibu ketika masa kehamilan.

Asupan gizi yang cukup sangan penting di terapkan terhadap ibu yang sedang masa kehamilan. Karena jika asupan makanan yang mengandung gizi banyak berat bayi akan ideal jika di bandingkan dengan ibu yang kurang asupan makanan yang bergizi pada saat kehamilannya.

  1. Kesehatan bayi pada masa kelahiran.

Kondisi kesehatan bayi pada masa di lahirkan terdapat kongenital atau sakit bawakan lahir ini juga bisa mempengaruhi pertumbuhan dan berat pada bayi.

  1. Bayi yang lahir kembar

Jika ibu yang sedang hamil kembar wajib bagi ibu-ibu untuk mencukupi asupan gizi pada masa hamil, ini karena pada masa kembar asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan terbagi kepada bayi-bayi kembar ini. Jika asupan tidak tercukupi bisa mengakibatkan terjadinya risiko kekurangan berat badan pada si calon bayi.

Perbedaan Berat badan ideal bayi pada umur 11 bulan antar bayi laki-laki dan perempuan

Sebagai orang tua tentu ingin memiliki buah hati yang sehat dan berkembang dengan baik. Bayi pada masa usia 11 bulan sudah bisa untuk duduk, mulai beradaptasi dan penasaran dengan lingkungan di sekitarnya. Yang harus di waspadai pada berat badan bayi 11 bulan yaitu:

  • kelelahan pada bayi.
  • sakit seperti demam, flu dan batuk.
  • bayi susah untuk makan dan menyusui dan bahkan bayi susah untuk tidur.
  •  perhatikan berat badan pada bayi apakah stabil atau tidak.

Berat badan ideal bayi pada saat umur 11 bulan di antara bayi laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan berat badan.

  1. bayi laki-laki

Bayi laki-laki menginjak umur 11 bulan mempunyai berat normal 7.6 – 11.7 kg dengan tinggi atau panjang yaitu 69.9 -79.2 cm.

  1. bayi perempuan

Sedangkan pada bayi perempuan pada masa umur 11 bulan memiliki berat badan yaitu 6.9 – 11.2 kg dan memiliki panjang badan 69.9 – 79.2 cm. berat badan ini bias kita lihat melalui tabel berat badan anak.

Tabel berat badan bayi

  1. Tabel bayi laki-laki

Berkut ini adalah tabel berat badan bayi laki-laki.

Berat Badan Ideal Bayi 2

Photo By: https://www.cosmomom.net/berat-badan-bayi-ideal-yg-moms-ketahui/

  1. Tabel bayi perempuan

Berikut ini adalah tabel berat badan bayi perempuan.

Berat Badan Ideal Bayi 3

Photo By: https://www.cosmomom.net/berat-badan-bayi-ideal-yg-moms-ketahui/