Idealnya Usia Berapa Bayi Bisa Berjalan ?

Idealnya Usia Berapa Bayi Bisa Berjalan ?

Bagikan Artikel Ini:

Benarkah anak usia 1 tahun sudah bisa berjalan ? Jawabanya belum tentu Bun, lalu sebenarnya kapan idealnya anak dapat berjalan dengan lancar.

 

Setiap anak mempunyai perkembangan yang unik serta memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing tidak terkecuali perkembangan si kecil dalam berjalan. Kemampuan ini tidak lah datang dengan sendirinya melainkan melalui serangkaian proses. Mulai dari telungkup, merangkak, berdiri, hingga berjalan.Untuk beberapa anak bahkan bisa melalui proses proses tadi dengan sangat cepat.

 

Sebenarnya usia berapa bayi dapat berjalan ?

 

Pada Usia 8 – 10 bulan bayi biasanya mulai belajar merangkak dan duduk secara mandiri kemudian antara usia 9 – 12 bulan dia akan mulai mengambil langkap pertamanya , selanjutnya ketika usia 14 – 15 bulan mereka sudah mulai bisa berjalan, tapi bunda tidak perlu khawatir jika si kecil masih belum bisa berjalan terkadang juga ada anak  yang belum bisa berjalan ketika usia 16 – 17 bulan. Tetapi untuk orang tua yang ankanya menginjak usia 18 bulan masih belum bisa berjalan segera konsultasi dengan dokter

 

Apa Sih Ciri Ciri Bayi yang hendak berjalan ?

 

Si kecil biasanya akan mencoba beberapa laangkap sembari berpegangan dengan meja, sofa  atau pun benda yang ada disekitarnya. Pada tahap ini si kecil melatih saraf motorik yang ada pada kaki serta pinggulnya.

Selain itu biasanya bayi yang lebih berani akan lebih cepat belajar berjalan ketimbang bayi yang merasa takut

 

Beberapa Stimulasi anak untuk berjalan :

 

  1. Biarkan si kecil mengeksplorasi

 

Bunda , sebaiknya jangan terlalu sering menggendong dan memangku bayi anda ketika dia sedang belajar berjalan  sehingga hal ini membuat bayi menjadi nyaman dan akan  menurunkan motivasinya untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Serta jangan gunakan kata “jangan” ketika si kecil sedang mengeksplorasi, hal ini akan mempengaruhi motivasi si kecil juga serta jangan selalu menghawatirkan si kecil akan terjatuh dan terluka biarkan dia mengeksplorasi asal di awasi dengan baik.

 

  1. Pertimbangkan lagi Baby Walker

 

Meskipun sepertinya Baby Walker sangat membantu menstimulasi beberapa bayi namun banyak ahli yang tidak merekomendasikan Baby Walker.

 

American Academy of Pedriatic, merekomendasikan agar orang tua tidak menggunakan baby walker. Hal ini dikarenakan baby walker membiasakan si kecil dalam posisi duduk dengan lutut menekuk, lalu menggunakan kaki bawah untuk berjalan, hal ini bukan bukanlah berjalan yang sebenarnya.

 

Ditambah lagi kecepatan bayi yang sedang menggunakan baby walker dibandingkan dengan respon orang tua lebih cepat baby walker hal ini berbahaya apabila si kecil yang sedang ada di dalam baby walker mengalami kecelakaan misalnya baby walker terguling

 

  1. Memotivasi Si kecil dengan apa yang disukainya

 

Saat si kecil sedang mengeksplorasi gunakan mainan  atau pun makanan favoritnya, hal ini akan mendorong si kecil untuk termotivasi berjalan kea rah mainan  atau makanan favoritnya.

 

Selain itu anda juga bisa memotivasi si kecil dengan orang terdekat semisal bunda dan ayahnya ketika si kecil belajar berjalan.

 

  1. Biarkan si Kecil Bertelanjang Kaki

 

Siapa sangka , bertelanjang kaki lebih di rekomendasikan  pada bayi yang sedang berjalan, hal ini membuat si kecil lebih mudah menjaga keseimbangannya ketika berjalan ketimbang menggunakan alas kaki.

 

Dengan bertelanjang kaki si kecil lebih mudah jari kaki untuk keseimbangan, otot , dan tulang kaki pun juga akan berkembang dengan baik.

 

  1. Ajak anak bermain yang membantu meningkatkan motoriknya

 

Walaupun anak baru bisa melangkah sekali dua kali ajak anak terus berjalan sambil bermain serta berikan dia reward ketika berhasil melangkah beberapa kali hal ini akan memotivasi si kecil dalam proses berjalannya.

 

 

Sumber:

https://id.theasianparent.com/

https://www.haibunda.com/parenting/20180301105333-61-14877/umur-berapa-normalnya-anak-sudah-bisa-berjalan

(Visited 5 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*