Bagikan Artikel Ini:
87 / 100 SEO Score

Jurusan teknik informatika dan ilmu komputer semakin digemari dalam beberapa tahun terakhir. Para calon mahasiswa baru juga semakin banyak berbondong-bondong mendaftarkan diri di kampus terbaik teknik informatika.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini memang menjadikan sederet universitas terbaik teknik informatika menjadi sasaran para mahasiswa baru. Ilmu komputer dan teknik informatika menjanjikan prospek kerja dengan gaji menggiurkan.

Jurusan ini juga memberikan kesempatan luas untuk meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Ilmu komputer dan teknik informatika secara umum mencangkup mengenai matematika, algoritma, logika, pembuatan software dan database jaringan, pemrograman, dan masih banyak lain.

Meski sebenarnya menjadi jurusan yang tidak asing lagi, masih banyak yang salah paham mengenai teknik informatika dan ilmu komputer. Untuk itu, berikut ini akan dibahas lebih dulu mengenai cabang pendidikan dan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika.

Setelah itu baru mengupas lebih mendalam mengenai kampus terbaik jurusan teknik informatika mana yang wajib dilirik oleh calon mahasiswa baru.

 

Mengenai Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Apa itu jurusan ilmu komputer dan teknik informatika?

Ketika mendengar mengenai jurusan ilmu komputer dan teknik informatika, masih banyak orang yang menyangka cabang ilmu ini tak jauh-jauh dari hacker. Atau mereka yang membuat website. Padahal nyatanya ilmu komputer dan teknik informatika tak sesederhana itu.

Ilmu komputer atau dikenal dengan computer sains merupakan cabang ilmu mengenai sistem dan juga perangkat komputer. Sedangkan teknik informatika atau information technology merupakan penerapan dari teknologi komputer tersebut. Kedua cabang ilmu ini saling berkaitan satu sama lain.

Setelah itu akan ada kaitan pula dengan software engineering atau rekayasa perangkat lunak yang merupakan praktek teknologi demi meningkatkan produktivitas praktisi pengembangan software atau perangkat lunak. Ilmu ini juga meningkatkan kualitas para pengguna perangkat lunak atau user software.

Spesialisasi yang bisa dipilih dari jurusan ini antara lain:

  1. Artificial Intelligence
  2. Database System
  3. Information Technology
  4. Computer Science
  5. Computer Systems and Networks
  6. Software Engineering
  7. Human-Computer Interaction
  8. Computer Security
  9. Game Development
  10. Information Management and Analytics

 

Perguruan Tinggi Swasta - UBSI

 

Karakter Cocok Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Ingin bergabung dan kuliah jurusan teknik informatika dan ilmu komputer di kampus terbaik teknik informatika dan ilmu komputer?

Kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika tidak cukup hanya harus memenuhi persyaratan secara akademis. Karakter diri seseorang juga akan menentukan apakah akan cocok kuliah di jurusan ini.

Beberapa karakter yang akan cocok kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika antara lain:

  1. Menyukai hitungan

Bila tidak terlalu gemar berhitung, maka jurusan ilmu komputer dan teknik informatika sepertinya tak akan cocok. Pasalnya seperti disebutkan di atas, ilmu komputer dan teknik informatika salah satunya mencangkup matematika sampai algoritma.

Sebaliknya bila gemar dengan hitungan yang rumit, maka jurusan satu ini akan pas.

  1. Berpikir logis

Mereka yang memiliki karakter untuk berpikir secara logis akan sangat pas dengan ilmu pendidikan ini. Ilmu komputer dan teknik informatika akan menuntut banyak persoalan yang menggunakan logika.

Nyaris tidak ada permasalahan yang dipecahkan melalui angan-angan atau bayang-bayang. Karakter pemikir juga akan tepat untuk memilih jurusan satu ini.

  1. Analisis

Selain karakter logis, mereka yang gemar melakukan analisa juga akan sangat cocok. Kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika memang nantinya akan memaksa untuk melakukan berbagai bentuk analisa.

  1. Problem solver

Karakter berikutnya yang akan cocok untuk jurusan ini merupakan problem solver. Gemar dan mampu memecahkan permasalahan yang ada. Ini karena ilmu komputer dan teknik informatika membutuhkan sosok-sosok inovatif yang tak ragu mencari celah untuk memecahkan permasalahan.

  1. Kreatif

Jurusan ilmu komputer dan teknik informatika memang bersifat ilmu pasti. Meski begitu bukan berarti tak dibutuhkan karakter kreatif di dalamnya. Justru mereka dengan karakter kreatif yang tanpa ragu berpikir keluar dari kotak akan sangat tepat kuliah di bidang ilmu komputer dan teknik informatika.

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ilmu Komputer Dan Teknik Informatika

Dunia yang saat ini serba digital. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan prospek kerja yang besar untuk lulusan ilmu komputer dan teknik informatika.

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di berbagai bidang dan perusahaan berbeda. Tidak hanya terpaku di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informatika saja.

Prospek karir lulusan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika dari kampus teknik informatika terbaik diantaranya:

  1. Programmer
  2. Software engineer
  3. Game developer
  4. Software tester
  5. Web Designer
  6. Quality Assurance
  7. IT Staff
  8. IT Consultant
  9. IT Manager
  10. Network Engineer
  11. Network Administrator
  12. Database Administrator
  13. System Analyst
  14. Guru / dosen

Bidang perusahaan yang menjadi pilihan bekerja para lulusan jurusan teknik informatika dan ilmu komputer mulai dari perusahaan swasta, instansi pemerintah, e-commerce, retail, otomotif, pertambangan. Sampai juga untuk bidang komunikasi, properti, pendidikan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Sudah semakin tertarik untuk kuliah di jurusan ilmu komputer dan teknik informatika?

 

Pilihan Kampus Terbaik Teknik Informatika

Di Indonesia, terdapat beberapa kampus dengan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika. Seperti misalnya saja Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Universitas Bina Sarana Informatika.

Universitas Bina Sarana Informatika atau UBSI saat ini menjadi pilihan kampus terbaik teknik informatika Indonesia. Salah satunya dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan universitas satu ini.

Kampus bukan hanya memberikan sarana pendidikan dengan pengajar terbaik. Melainkan juga berbagai kesempatan untuk pengembangan diri mahasiswa. Di Universitas Bina Sarana Informatika juga terdapat beasiswa yang menarik serta sesuai kompetensi siswa.

 

Beasiswa Universitas Bina Sarana Informatika

Komitmen Universitas Bina Sarana Informatika untuk mencerdaskan bangsa diwujudkan dengan memberikan 3 jenis beasiswa berbeda. Terdapat Beasiswa Prestasi, Beasiswa Talenta, dan juga Beasiswa Kompetensi atau Bikom.

Adanya 3 jenis beasiswa berbeda ini juga untuk memperbesar kemungkinan calon peserta didik dan mahasiswa untuk kuliah jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di kampus terbaik.

Beasiswa Prestasi misalnya, diberikan kepada siswa SLTA dan sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Sedangkan Beasiswa Talenta diberikan kepada mereka yang sudah menunjukan bakat dan diakui oleh masyarakat.

Menariknya penerima beasiswa ini bisa para influencer, selebgram, sampai YouTuber!

Beasiswa Kompetensi atau Bikom diberikan untuk siswa yang ranking 1-20. Peraih beasiswa ini harus lebih dulu melalui proses ujian saringan di aplikasi M-Tryout.

UBSI - Universitas Swasta Terbaik

 

Keunggulan Universitas Bina Sarana Informatika

Universitas Bina Sarana Informatika memastikan sarana pendidikan mereka mengikuti perkembangan jaman. Salah satunya dengan melakukan webinar dengan narasumber berkompetensi.

Webinar Prodi (program Studi) Ilmu Komputer misalnya mengangkat tema mengenai ‘Internet Of Thing For Daily Life Hacks (IOT)’ dalam kehidupan sehari-hari. Penyelenggaraan webinar ini dibawah rangkaian Webinar NEXT (Notable Expert Talk).

Sebagai salah satu kampus dengan jurusan ilmu komputer dan teknik informatika terbaik, Universitas Bina Sarana Informatika memang memberikan berbagai sisi keunggulan. Sistem pendidikan berteknologi maju di kampus ini diperlihatkan juga dengan menggunakan MyUBSI Parent.

Aplikasi MyUBSI Parent membantu orang tua memantau pendidikan dan perkembangan akademik anak.

Semua keunggulan ini menjadikan Universitas Bina Sarana Informatika tak diragukan lagi sebagai kampus terbaik teknik informatika.

Jadi kuliah? BSI aja!