Mengapa Vaksin Covid-19 Harus Suntik Dua Kali, Ini Pejelasan Dokter – FAJAR 1

FAJAR.CO.ID — Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, mengatakan, vaksinasi Covid-19 terdiri dari dua suntikan dengan jeda waktu di antaranya harus dipatuhi. Hal itu agar jumlah antibodi dalam tubuh terbentuk secara optimal.

“Kalau tidak disuntik lagi (vaksinasi kedua), antibodi yang terbentuk tidak optimal untuk membentuk kekebalan,” kata Erlina dalam bincang-bincang daring Kalbe, Selasa (9/3/2021), seperti dikutip dari Antara.

Pada suntikan pertama, antibodi akan terbentuk namun prosesnya tidak instan. Antibodi mulai terbentuk pada hari ke-12 dalam jumlah sedikit. Jumlahnya meningkat setelah suntikan kedua dan diharapkan sudah mencapai level optimal pada hari ke-28.

Setelah mendapatkan vaksin, tetap ada risiko terjangkit Covid-19 namun risikonya jauh lebih rendah. Jika memang terjangkit, gejalanya akan lebih ringan dibandingkan orang yang belum mendapat vaksin.

Setelah mendapatkan vaksin, ada kemungkinan terjadi reaksi. Namun hasilnya akan berbeda-beda tergantung individu. Dia mengatakan, demam ringan dan nyeri otot atau ruam-ruam pada bekas suntikan adalah hal yang wajar.

Tujuan vaksinasi Covid-19 adalah menurunkan kematian dan kesakitan akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok demi melindungi kesehatan masyarakat. Juga melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas serta meminimalisasi dampak sosial dan ekonomi.

Erlina menegaskan pentingnya mencapai kekebalan kelompok untuk melindungi orang lain dalam suatu komunitas. Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksin, semakin cepat pula kekebalan kelompok bisa tercapai. Jika itu belum terjadi, penularan masih sangat rentan terjadi.


Kredit: Tautan sumber

Leave a Reply
You May Also Like

Suami Jangan Terburu-buru Keluar saat Begituan, Ini Efek Negatifnya – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Seksolog, dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS, mengingatkan pria agar…

Ingin Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa, Begini Tips Guru Besar FKM Unhas – FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.…

Air Kelapa, Jeruk Nipis, Madu dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19? Ini Fakta Sebenarnya – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Beredar informasi di media sosial bahwa air kelapa, air jeruk nipis,…

4 Manfaat Baking Soda untuk Kulit dan Rambut – FAJAR

Ilustrasi baking soda. Foto: Pixabay FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Soda kue, juga dikenal…