Protokol 3M Ampuh – FAJAR

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak,...

Alami Kecemasan, Konsumsi Jenis Sayuran dan Buah Ini – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kecemasan merupakan masalah umum bagi banyak orang.Ini adalah kelainan yang ditandai dengan kekhawatiran dan kegugupan terus-menerus, terkadang terkait dengan kesehatan...

Temukan Diskon Menarik Ragam Warna Lipstik yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Fimela.com, Jakarta Lipstik merupakan produk makeup yang pasti dimiliki oleh setiap perempuan. Selain berfungsi sebagai alat riasan, lipstik juga memberikan manfaat lainnya seperti menambah...

Tips Memilih Kandungan Moisturizer untuk Kulit yang Berminyak

Tips memilih moisturizer yang selanjutnya, pilihlah moisturizer yang memiliki kandungan non comedogenic, agar aman digunakan pada kuit wajah yang cenderung berminyak. Moisturizer non comedogenic atau...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Jika Anda berkata membuat dan meracik menu masakan sehat diet itu sulit, maka Anda harus membaca ulasan berikut ini. Ulasan kali ini akan membahas tentang beberapa ragam menu diet, yang sebenarnya mudah dibuat.

Beragam bahan tersebut, juga dapat dengan mudah ditemukan di pasar. Tidak hanya itu, harga aneka ragam bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu diet ini juga tidak mahal. Bahkan bisa dikatakan murah meriah, jika anda pandai mengelola dan mengolahnya.

Jadi siapa bilang bahwa untuk memperoleh menu sehat yang tepat dan enak, maka Anda harus berlangganan catering ! Bahkan beberapa menu diet tersebut, dapat Anda buat dan oleh sendiri di dalam dapur mungil Anda.

Artinya, tidak hanya buah yg bagus untuk diet, namun masih banyak bahan makanan lainnya di pasar yang dapat Anda olah untuk menu diet tersebut. Berikut ini adalah 10 macam bahan yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi dalam menu diet sehat, yang pastinya tidak akan menguras dompet Anda.

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet

1. Telur Kukus

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 1
Photo by Enrico Mantegazza on Unsplash

Ini adalah salah satu resep masakan sederhana dan murah, yang pastinya mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Pada dasarnya, cara meracik dan membuat telur kukus ini, tidak jauh berbeda dengan cara membuat dan meracik telur dadar omelet.

Dalam hal ini, Anda akan menambahkan beberapa bumbu dasar umum, seperti bawang daun, tomat, jamur, garam, merica, dan yang lainnya. Jika Anda ingin menggunakan bumbu tambahan lainnya seperti MSG, sebaiknya pilih yang organik seperti namanya organik, maka bahan bumbu tersebut dari bahan alami, dan tidak akan memberikan efek negatif pada tubuh, jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Berbagai macam bahan yang sudah dikocok, lalu dimasukkan ke dalam wadah kaca atau juga rantang stainless, kemudian kukus hingga matang. Tapi jika Anda ingin yang lebih praktis, tidak ada salahnya jika memilih telur rebus. Karena telur akan menjadi sumber protein yang bagus untuk tubuh Anda.

2. Dada ayam kukus

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 2
Photo by: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/panduan-menu-diet-mayo-yang-sehat/

Bagi Anda ingin menjalankan program diet, sebaiknya gunakan dada ayam tanpa kulit. Mengingat kulit ayam ini mengandung cukup banyak lemak, yang membuat program diet tidak dapat berjalan baik. Sebelum dada ayam tersebut dikukus atau juga direbus, sebaiknya beri bumbu dasar, seperti garam dan juga merica.

Selain direbus, dada ayam tersebut juga dapat dipanggang dalam oven atau bahkan dipanggang diatas bara api. Tekniknya tidak jauh berbeda, namun sebelumnya beri bumbu dasar, agar rasanya lebih enak. Teknik kukus, atau panggang ini akan membantu membakar lemak yang ada di dalam dada ayam tersebut.

3. Sayuran rebus atau kukus

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 3
Photo by Lavi Perchik on Unsplash

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur adalah salah satu tips umum untuk kurangi berat badan dalam 30 hari, atau juga kurang. Mengingat kandungan aneka nutrisi lainnya ada di dalam buah dan sayur tersebut.

Termasuk di dalamnya terdapat kandungan serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan sekaligus membantu menunda rasa lapar. Dalam program diet seperti ini, Anda dapat mengkombinasikan aneka buah-buahan untuk dibuat dalam bentuk jus atau smoothies. Atau Anda juga dapat mengkombinasikan beberapa jenis sayuran agar tidak bosan.

Misalnya saja untuk makan siang, Anda sudah mengkonsumsi brokoli rebus. Maka untuk makan malam, Anda dapat memilih sayuran campur lainnya yang juga direbus, misalnya buncis, wortel atau juga jagung muda. Keesokan harinya, ganti dengan bahan sayuran lainnya, seperti aneka sawi, pare yang dikukus, tauge yang direbus dan lainnya.

Variasi sayuran, dan mampu mengkombinasikan sayuran agar terlihat cantik, pastinya mampu menggugah selera makan Anda. Tapi pastikan aneka sayuran dan buah-buahan tersebut dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

4. Urap

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 4
Photo By: https://www.unileverfoodsolutions.co.id/id/recipe/urap-urap-R0077505.html

Urap adalah salah satu hidangan tradisional yang ada di hampir setiap daerah di Indonesia. Hidangan yang satu ini, termasuk hidangan yang rendah kalori, sekaligus mengenyangkan. Jenis urap yang banyak Anda temukan adalah urap sayuran.

Agar hasilnya semakin maksimal, tidak ada salahnya jika Anda mengkombinasikannya dengan sepotong dada ayam, yang sebelumya sudah direbus. Menggunakan kombinasi rasa manis, pedas, gurih dari urap, ditambah dengan ayam rebus, membuat program diet tidak lagi terasa hambar. Bahkan terasa lebih berwarna. Untuk minumnya sendiri Anda dapat mengkonsumsi air putih, atau jus buah, buatan sendiri.

5. Kentang panggang dan Mashed potato

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 5
Photo by Monika Stawowy on Unsplash

Nasi memang makanan pokok untuk rata-rata orang Asia, termasuk Anda dalam hal ini. Namun khusus untuk menjalankan program diet, tidak ada salahnya jika Anda mengganti nasi sebagai karbohidrat dengan jenis karbohidrat lainnya, misalnya kentang, jagung, atau aneka umbi-umbian lainnya.

Sama seperti sebelumnya, untuk memasak aneka makanan tersebut, termasuk kentang, sebaiknya tidak dengan cara digoreng, melainkan dibakar atau dikukus. Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau bersama bahan lainnya.

Untuk kentang, terutama kentang rebus, Anda dapat menghaluskannya, menjadi Mashed Potato. Caranya adalah dengan mengupas kulit kentang, dan menghaluskan buah kentang itu sendiri, hingga menjadi hancur dan terasa lembut. Untuk penyajian mashed potato ini cukup mudah. Setelah halus, bubuhkan mentega, sejumput garam dan juga merica, lalu aduk hingga rata.

Maka kentang halus, dapat Anda konsumsi. Agar terasa lebih nikmat, Anda dapat menggabungkannya dengan buncis rebus, asparagus kukus, dada ayam kukus, atau yang lainnya.

6. Ikan bakar

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 6
Photo by Anton Nikolov on Unsplash

Ikan, terutama ikan bakar adalah salah satu jenis kuliner yang cukup akrab bagi masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali jenis kuliner ikan bakar yang ada, dan pastinya mudah Anda temukan di rumah makan atau bahkan dibuat sendiri di rumah.

Ikan bakar ini memang mengandung banyak sekali nutrisi, dan pastinya baik untuk program diet. Selain itu, untuk memperoleh atau membuat ikan bakar ini, budgetnya cukup terjangkau. Untuk masalah ikan yang dapat dibakar, tentunya cukup beragam, Anda dapat menemukan ikan bawal, ikan nila, kembung, ikan mas, gurami, kuwe, dan yang lainnya.

Ikan bakar hangat ini, paling pas jika dikonsumsi bersama nasi hangat, sambal dan juga lalaban. Pastinya tidak akan mengganggu program diet Anda. Mahal akan membuat program diet Anda jadi lebih berwarna.

7. Salad sayuran

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 7
Photo by Sara Dubler on Unsplash

Mengkonsumsi salad buah dan sayuran, adalah hal yang lumrah terjadi, ketika seseorang menjalankan program diet. Namun sedikit catatan, ketika Anda hendak mengkonsumsi salad sayuran atau salad buah-buahan.

Sebaiknya tidak mengkonsumsi salad dengan dressing mayonaise, karena hal ini dapat menggagalkan program diet Anda. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan dressing dari bahan minyak zaitun, yang mengandung bahan alami, dan tidak akan meningkatkan kadar lemak dalam tubuh.

Sedangkan untuk jenis sayuran sendiri, Anda dapat menggunakan jenis selada, seperti selada keriting, selada iceberg, ada juga mentimun, tomat, jagung rebus, atau yang lainnya.

Menu makanan seperti ini, dapat dikonsumsi pada waktu siang atau juga malam hari. Selain itu, menu seperti ini akan membuat perut tetap kenyang dalam jangka waktu lama, sekaligus mengenyangkan.

8. Sup ayam sayuran

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 8
Photo by Patrick Selin on Unsplash

Masih tentang sayuran, namun kali ini tidak direbus atau tidak dibuat salad. Melainkan dimasak bersama bahan lainnya. Bahan utamanya sendiri adalah ayam, dalam hal ini Anda akan meracik kaldu sup, dari bahan tulang ayam.

Berikutnya Anda akan mengisi kaldu sup tersebut dengan potongan daging dada ayam, pastinya tanpa kulit. Setelah dirasa matang. Kombinasikan dengan beberapa jenis sayuran, seperti kentang, wortel, buncis dan yang lainnya.

Makanan ini paling nikmat jika dikonsumsi pada siang atau malam hari yang agak dingin. Selain mampu menghangatkan badan, juga mampu membuat perut terasa lebih kenyang, dan tubuh pun jadi lebih berenergi.

Selain sup sayuran, sup ayam bening, juga dapat Anda jadikan sebagai makanan untuk diet. Walaupun menggunakan daging ayam dan juga kuah dari kaldu, akan tetapi sajian gurih ini, tidak akan menambah timbunan lemak baru dalam tubuh Anda.

9. Pepes tahu-tempe

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 9
Photo by: https://infokuliner.com/resep-mudah-cara-membuat-pepes-tahu-enak

Anda pasti tahu, makanan bernama tahu dan tempe. Ini adalah salah satu kuliner yang paling mudah Anda temukan di aneka toko sayuran atau juga di pasar. Seperti diketahui bersama, tahu dan tempe ini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Jika umumnya, tahu dan tempe ini digoreng, maka kali ini, Anda dapat mengolahnya dengan cara mengukusnya. Pepes tahu tempe adalah salah satu jenis sajian menarik nan lezat yang dapat Anda konsumsi sebagai salah satu menu diet.

Untuk mengolah pepes tahu tempat ini tidak terlalu sulit, Selain tahu tempe, Anda dapat memasukkan beberapa bumbu lainnya seperti garam, daun salam, daun sereh, kemangi, kencur dan bumbu lainnya.

Dengan perpaduan bumbu masak yang pas, maka sajian pepes tempe tahu ini akan menjadi kaya rasa, sekaligus membuat program diet jadi lebih menarik. Selain hanya menggunakan tahu tempe, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan bahan lainya, seperti udang, atau yang lainnya.

10. Tumis jamur-jamuran

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 10
Photo by Caitlin Mclean on Unsplash

Tahukah Anda bahwa jamur adalah salah satu jenis bahan makanan yang kerap kali muncul ketika seseorang menjalankan program diet. Alasanya, adalah, di dalam jamur, terdapat berbagai macam nutrisi penting yang mampu membantu sistem metabolisme tubuh dan juga program diet Anda.

Tidak hanya itu, jamur juga kerap kali digunakan, atau bahkan disantap, oleh para wanita yang ingin terlihat awet muda. Karena di dalam jamur, terdapat kandungan anti aging, yag bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk membuat kuliner berbahan jamur ini tidak sulit, ada banyak sekali resep atau cara membuat makanan sederhana berbahan jamur, seperti jamur tumis putih, tumis jamur saus tiram, ayam cah jamur, dan yang lainnya.

Dari 10 macam menu resep masakan tersebut di atas, Anda dapat menggunakannya salah satu sebagai resep masakan sehari hari atau bahkan menambahkannya dengan beberapa menu makanan lain, yang pastinya sesuai dan mampu mensukseskan program diet, atau program menurunkan berat badan Anda.

Tapi jika Anda kreatif, maka menu masakan yang disebutkan di atas, dapat Anda ganti bumbu masaknya, atau dikombinasikan dengan bahan lainnya, yang membuatnya menjadi menu masakan yang berbeda.

Agar tidak cepat bosan, Anda dapat mengganti menu makanan tersebut setiap makan, atau setidaknya 1 kali dalam sehari. Misalnya saja sayuran yang dibuat di pagi hari, dapat dikonsumsi hingga malam menjelang.

- A word from our sposor -

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet 11

Menu Masakan Sehat Sederhana Untuk Diet

\