Mood Booster Untuk Atasi Bad Mood

mood booster

Mood Booster Untuk Atasi Bad Mood

Bagikan Artikel Ini:

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang akan berada dalam suasana hati yang baik atau good mood setiap harinya. Kadang kala kita akan mengalami yang namanya bad mood. Nah, arti kata bad mood sendiri adalah suasana hati yang tidak enak.

Bad mood ini bisa memicu seseorang menjadi pemalas, entah itu menjadi malas bekerja, malas beraktivitas, malas melakukan sesuatu yang produktif. Intinya ketika seseorang sedang berada dalam keadaan bad mood, seolah-olah mereka tidak ingin melakukan apapun. Nah, untuk mengatasi si bad mood ini, kita benar-benar membutuhkan yang nama nya mood booster. Kalian tahu tidak sih mood booster itu apa?

Apa itu Mood Booster?

moodbooster

Kata-kata mood booster adalah dua suku kata yang berasal dari bahasa Inggris. Dimana jika diartikan secara harfiah mood itu artinya suasana hati atau perasaan. Sedangkan booster memiliki arti pendorong atau penyokong. Jika digabungkan, apa artinya mood booster itu?

Maka mood booster adalah sesuatu hal yang bisa membuat anda kembali senang, bahagia, ceria, serta bersemangat lagi setelah anda mengalami sesuatu yang membuat suasana hati anda tidak enak atau terganggu. Contohnya, sudah sejak sehari kemarin anda tidak mendapat kan kabar sedikitpun dari pacar anda. Ketika anda menghubungi si dia anda tidak mendapatkan respon yang baik. Keadaan yang seperti itu membuat anda menjadi kesal dan bete. Yang mana membuat anda uring-uringan, marah-marah tidak jelas, dan malas untuk melakukan apapun hari itu.

Namun tiba-tiba saja pacar anda datang kerumah dengan membawa satu buket bunga mawar merah serta kue coklat favorit anda. Seketika perasaan anda menjadi lebih baik. Mood anda yang tadi nya sedang jelek-jeleknya menjadi lebih baik dan anda pun bisa kembali menjadi ceria karena kehadiran pacar anda dan juga buket bunga mawar merah serta kue coklat yang dia bawa.

Jadi, manakah yang menurut anda menjadi mood booster bagi anda? Kehadiran pacar anda atau kah buket bunga mawar dan kue coklat yang dia bawa? Anda tidak perlu pusing memikirkan apa yang sebenarnya menjadi mood booster anda, karena kedua-dua nya bisa menjadi mood booster anda.

Pada intinya kejutan baik atau hal-hal baik tak terduga lainnya yang datang ketika anda dalam kondisi suasana hati yang sedang tidak enak atau ketika anda sedang bad mood, bisa saja menjadi mood booster untuk anda. Mood booster bisa datang dalam bentuk apapun misalnya orang yang anda sayangi, makanan favorit, kegiatan favorit, musik favorit, dan apapun itu yang bisa membuat anda bahagia ketika anda sedang merasa down atau bad mood.

Cara Mengatasi Bad Mood

Pada umumnya setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi bad mood yang sedang mereka alami. Ada beberapa orang yang memilih membaca buku sebagai cara mengatasi bad mood mereka, ada pula yang memilih jalan-jalan sebagai cara mengatasi bad mood yang mereka alami, namun ada pula yang memilih tidur untuk menghilangkan bad mood mereka. Nah, ini lah beberapa cara yang biasa orang lakukan untuk mengatasi bad mood mereka.

  • Tidur Siang

tidursiang

Jangan salah tidur siang ketika anda dalam keadaan bad mood bisa menjadi mood booster loh untuk anda. Menurut penelitian dari journal of sleep research mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung lebih gampang bad mood daripada mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup. Selain itu, dengan tidur siang dapat dipercaya bisa membantu meningkat kan mood yang sedang berantakan, kewaspadaan, serta semangat kerja. Wah, banyak juga ya ternyata manfaat dari tidur siang!

Menurut The National Sleep Foundation tidur siang yang bagus adalah selama 20-30 menit. Tidur siang selama 20-30 menit tersebut ternyata bisa meningkatkan kualitas mood kita loh. Selain itu, waktu tersebut dipercaya bisa menghalau kantuk yang datang dan bisa merangsang kembali mood yang ceria dan semangat.

  • Mendengarkan Musik

dengar musik

Nah cara mengatasi bad mood selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik dapat dipercaya bisa meningkatkan kualitas suasana hati yang sedang jelek. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang ada di dalam British Journal of Psychiatry menunjukkan bahwa seorang pasien yang depresi akan sembuh lebih cepat dengan terapi menggunakan lagu, dibandingkan dengan pasien yang hanya melakukan terapi biasa.

Jadi, jika anda merasa bahwa mood atau suasana hati anda sedang tidak enak, maka anda bisa mencoba mengatasi nya dengan mendengarkan lagu-lagu favorit anda. Maka dijamin suasana hati anda akan menjadi lebih baik dan anda pun kembali ceria lagi.

  • Bertemu dan Memeluk Orang Tersayang

memeluk orang tersayang

Cara mengatasi bad mood selanjutnya adalah bertemu dan kemudian memeluk orang yang ada sayangi. Orang tersayang disini bisa siapa saja loh, bisa pacar anda, adik, kakak, sahabat, dan orang tua anda. Dengan bertemu orang-orang yang anda sayangi, bisa menjadi mood booster yang sangat ampuh lo. Selain menemui orang-orang yang anda sayang, berpelukan dengan mereka yang anda sayang juga bisa menjadi mood booster tersendiri.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa seseorang yang yang senang berpelukan cenderung memiliki mood yang lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang jarang berpelukan. Nah ketika pacar anda sedang bad mood maka anda wajib menemui dan memeluknya hingga mood nya kembali membaik nya.

Atau anda juga bisa mengembalikan mood pacar melalui chat yang isinya pujian-pujian untuk pacar anda, dan tentunya semangat-semangat untuk pacar anda sehingga dia merasa diperhatikan dan suasana hatinya kian membaik. Dan pada akhir nya pacar anda bisa kembali ceria lagi.

Selain itu, menemui dan memeluk orang yang disayangi bisa meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri, dapat memberikan rasa nyaman dan aman, memberikan rasa bahwa diri kita ini dicintai dan dapat menumbuhkan keyakinan dalam diri kita bahwa semua akan baik-baik saja apapun yang terjadi nanti.

Lebih dari itu, menemui dan memeluk orang yang anda sayangi bisa membuat tubuh dan pernafasan anda menjadi lebih ringan dan santai. Selain itu, dengan bertemu dan memeluk orang yang anda sayangi bisa merangsang pertumbuhan hormon oksitosin lo. Bagaimana menurut anda? Sudahkan anda menemui dan memeluk orang yang anda sayangi hari ini?

  • Makan

Cara mengatasi bad mood selanjutnya yang umum dilakukan orang-orang adalah dengan makan. Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mengembalikan mood anda yang sedang kacau. Mulai dari coklat, kacang almond, hingga minum air kelapa. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat menjadi mood booster dikala bad mood sedang melanda.

    • Cokelat

Cokelat yang dimaksud disini bukan hanya coklat dalam bentuk pasta atau pun selai saja lo. Melainkan semua jenis makanan yang mengandung coklat sebagai bahan utamanya seperti minuman coklat panas, biskuit cokelat, kue cokelat, dan masih banyak lagi jenis makanan berbahan dasar coklat lainnya.

Cokelat dipercaya sangat ampuh mengembalikan suasana hati yang sedang buruk menjadi ceria kembali. Mengapa bisa demikian? Tentu bisa, karena cokelat dapat membuat kadar glukosa dalam darah meningkat secara cepat. Sehingga dapat menyuplai sumber energi yang baik bagi otak, sehingga pada akhirnya dapat membuat mood juga menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, coklat dapat menjadi alternatif makanan yang bisa meningkatkan kualitas mood anda dengan cepat. Selain cokelat sebenarnya anda bisa mencari makanan lain yang mengandung kafein untuk membantu mendongkrak mood anda. Salah satu nya adalah kopi dan teh.

    • Air Kelapa

Ketika anda sedang bad mood anda bisa mencoba meminum air kelapa untuk mengurangi bad mood anda lo. Selain air kelapa dapat menyegarkan tubuh anda, elektrolit yang ada dalam air kelapa juga bisa meningkatkan kualitas mood anda dengan cepat loh. Nah, ketika cuaca diluar sedang panas-panas nya ditambah lagi dengan suasana hati yang tidak enak, maka anda wajib untuk segera meminum segelas air kelapa yang dingin. Dijamin hati anda pun juga akan ikut dingin!

    • Pisang

Makanan lain yang dapat anda konsumsi untuk mengatasi bad mood anda adalah buah pisang. Iya, buah berwarna kuning ini dipercaya ampuh untuk menjadi mood booster anda dikala bad mood sedang membabi buta. Mengapa pisang dapat menjadi pilihan ketika kita sedang bad mood?

Karena pisang mempunyai kandungan triptofan dan asam amino yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin ini adalah salah satu hormon yang dapat memperbaiki suasana hati kita. Makanya ketika bad mood jangan lupa makan buah pisang ini ya!

    • Makan Es Krim

Ini nih makanan favorit bagi kaum hawa ketika mereka sedang dalam suasana hati yang buruk. Es krim dipercaya mempunyai senyawa yang dapat merangsang produksi hormon thrombotonin. Hormon ini bisa mencegah dan mengatasi bad mood dan perubahan suasana hati kamu yang bisa aja berubah secara tiba-tiba.

Dengan memakan es krim, kamu seolah-olah akan merasa senang terus, terlebih lagi ketika kamu sedang galau. Selain menenangkan, kandungan susu dalam es krim juga dapat menghindarkan kamu dari insomnia lho. Wah selain rasanya yang yummy ternyata es krim banyak juga ya manfaatnya.

    • Kacang Almond

Ketika sedang bad mood ada baiknya kamu coba mengkonsumsi kacang almond. Kacang yang satu ini bisa menjadi mood booster kamu hlo. Kenapa? Karena di dalam kacang almond ini mengandung hormon serotonin yang bisa memperbaiki mood kamu dengan cepat. Nah, kalau kamu sedang tidak enak hati, coba aja makan kacang almond, pasti sedikit banyak suasana hati kamu akan membaik.

  • Ngobrol Bareng Orang Terdekat

ngobrol dengan orang terdekat

Cara mengatasi bad mood selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah ngobrol dengan orang-orang terdekat kamu. Kamu bisa ngobrol sama pacar, teman, saudara, sahabat, ataupun keluarga kamu. Kamu bisa mencurahkan isi hatimu kepada orang-orang terdekatmu, sehingga kamu bisa merasa lebih lega dan lebih baik.

Selain itu, dengan menceritakan isi hati mu pada orang lain, setidaknya kamu tidak harus menyimpan segalanya sendiri, kamu tidak harus kesal sendirian, dan kamu juga tidak perlu merasa lelah sendirian. Siapa tau orang yang kamu ajak cerita bisa memberikan solusi atas semua uneg-uneg mu.

Ketika kamu ingin ngobrol dengan orang-orang terdekatmu jangan sungkan untuk datang langsung ngobrol, telepon, chat, atau mungkin melalui video call terlebih lagi ketika kamu sedang dalam keadaan bad mood.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*