Bagikan Artikel Ini:
9 / 100 SEO Score

Masa di rumah saja seperti saat ini menjadi waktu terbaik untuk banyak orang menjalankan atau mengerjakan sesuatu hal yang baru. Mungkin sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga untuk bermain permainan yang bisa dilakukan di rumah, menonton film bersama, karaoke, atau mungkin berdiskusi ringan. Seseorang juga bisa mencoba untuk belajar memasak makanan baru, kue, makanan yang sedang hits, atau bahkan minuman yang sedang hits.

Jika berbicara mengenai minuman yang sedang hits, Anda tentunya sudah tidak asing dengan minuman yang satu ini. Minuman yang kini tengah menjadi primadona ini dapat Anda buat sendiri di rumah. Meskipun pembuatan minuman ini terbilang gampang-gampang susah, tapi tak ada salahnya untuk Anda mencoba membuatnya. Ya benar, nama minuman yang saat ini sedang hits adalah Dalgona Coffee.

Cara-Membuat-Dalgona-Coffee-dan-Resepnya

Sebelum menjadi viral seperti saat ini, ternyata minuman berbahan dasar kopi dan susu ini sudah ada sejak tahun 1970an atau sekitar tahun 1980an. Dulunya Dalgona dikenal sebagai permen yang sangat populer di Korea Selatan. Dalgona pada saat itu dibuat dengan menggunakan gula yang dicampurkan dengan air kemudian direbus hingga berwarna kekuningan, membentuk seperti karamel. Kemudian setelah matang ditambahkan baking soda untuk membuatnya seperti foam. Biasanya makanan Dalgona ini dijual dengan ukuran yang cukup besar menyerupai lollipop. Selain itu, trend dari minuman yang sering disebut Dalgona ini sudah berkembang di berbagai negara di Asia seperti Macau, India, dan Pakistan. Tentunya dengan nama yang berbeda-beda.

Lalu apa sebenarnya Dalgona Coffee yang sekarang sedang menjadi primadona di masyarakat? Dalgona Coffee adalah racikan minuman yang terbuat dari kopi instan, gula, dan air panas yang kemudian dikocok hingga menjadi krim. Setelah itu krim dituangkan di atas susu panas atau susu dingin. Membayangkannya saja sudah menggiurkan bukan? Minuman ini menjadi trend baru di Indonesia sejak wabah Covid-19 beredar dan memaksa kita untuk tetap di rumah. Video yang diupload oleh salah satu pengguna aplikasi TikTok ini ternyata mampu menyita banyak perhatian masyarakat. Bagi para pecinta kopi tentunya ini menjadi salah satu variasi baru dalam pengolahan kopi. Tak melulu mengenai kopi yang diseduh air panas lalu di minum.

Jika sudah melihat penampakannya, tentunya tak ada satu orangpun yang mampu menolak pesona dari Dalgona Coffee. Penampakannya yang serupa minuman mahal di mall, kini bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana. Lalu bagaimana cara membuat Dalgona Coffee dan apa saja resepnya? Ini dia ulasan singkat untuk Anda.

DuniaWanita-Cara-Membuat-Dalgona-Coffee-dan-Resepnya

Untuk pembuatan foam Dalgona Coffee kita hanya memerlukan bahan dasar kopi, gula, dan air panas dengan takaran 1:1:1, atau mungkin Anda bisa menambahkannya lagi jika dirasa masih kurang. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan susu cair, es batu, dan krimer atau susu kental manis untuk mengurangi rasa pahit dari kopi.

Untuk tahap awal dari pembuatan Dalgona Coffee yaitu pembuatan foam. Pembuatan foam ini tentunya menjadi hal yang menarik dan patut Anda coba. Hal ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membuat Dalgona Coffee. Kopi, gula, dan air panas diaduk dengan kecepatan agar bisa mengembang dengan sempurna. Anda bisa menggunakan mixer untuk membantu proses pengadukan. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi yang lebih dalam proses pembuatan Dalgona, Anda bisa mengaduknya dengan kekuatan tangan Anda dan dibantu oleh whisk atau sendok. Untuk resep Dalgona Coffee tanpa mixer juga sama dengan resep sebelumnya.

Putaran yang cepat dan teratur tentunya akan menunjang keberhasilan dari kopi Anda. Anda harus mengaduknya hingga kopi mengembang dan warnanya lebih pudar. Jika Anda memiliki kekuatan ekstra dalam mengaduk, cukup memerlukan waktu 10 menit untuk menghasilkan foam yang lembut dan nikmat.

Setelah foam jadi, Anda bisa menyiapkan segelas susu yang diberi es batu atau susu panas dalam sebuah gelas. Anda bisa langsung menuangkan foam dalam gelas yang berisi susu untuk melengkapi komposisi dari Dalgona Coffee. Untuk menambah tampilannya agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan bubuk coklat atau bubuk kopi di atasnya. Jadilah segelas Dalgona Coffee yang membangkitkan selera. Mudah bukan?

Meskipun sedang hits dan rasanya enak, tapi Anda juga harus membatasi untuk meminum Dalgona Coffee. Jangan terlalu sering dan terus-terusan membuatnya karena tertarik. Seperti yang telah kita ketahui mengenai efek samping dari terlalu banyak meminum kopi, kopi akan meningkatkan asam lambung, diare, iritasi pada perut, darah tinggi, kolesterol, bahkan hingga insomnia. Hal ini juga berlaku untuk Dalgona Coffee jika terlalu sering dikonsumsi. Selain itu, kita juga perlu mengingat bahwa Dalgona Coffee yang kita buat mengandung gula yang tentunya akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Maka dari itu kita tidak bisa sembarangan mengkonsumsi setiap hari.

Setelah menjadi populer, kini banyak makanan yang menggunakan foam dari Dalgona Coffee sebagai bahan pelengkapnya, misalnya untuk membuat dessert box. Selain itu kini juga banyak minuman serupa yang berkembang dan terinspirasi dari adanya Dalgona Coffee, seperti Dalgona Matcha atau Green Tea, Dalgona Milo atau mungkin Dalgona milk tea.

Mungkin Dalgona Coffee terlalu menantang untuk mereka yang tidak terlalu menyukai kopi.

Maka dari itu, bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa atau aroma dari kopi, mungkin Anda bisa mencoba untuk membuat salah satu variasi dari Dalgona ini. Lalu bagaimana cara pembuatan dari Dalgona matcha atau Green Tea, Dalgona milo, dan Dalgona milk tea?

 

Cara Membuat Dalgona Coffee dan Resepnya

 

Dalgona Matcha atau Green Tea 

Bagi para pecinta matcha atau green tea, atau mungkin para pecinta makanan dan minuman dengan sensasi sedikit pahit di mulut, minuman ini sangat cocok untuk Anda. Dalgona matcha atau green tea memiliki kemiripan dengan Dalgona Coffee. Satu hal yang pasti, penggunaan kopi digantikan dengan matcha atau green tea bubuk. Karena tekstur green tea bubuk yang tidak bisa mengembang menjadi foam seperti kopi, maka Anda perlu bantuan putih telur untuk membuatnya menjadi tampak seperti foam berwarna hijau. Anda juga bisa mengganti putih telur dengan whipped cream. Bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat Dalgona yang satu ini tentunya matcha atau green tea bubuk, selain itu Anda juga perlu menyiapkan putih telur, gula, air panas, es batu, dan susu cair. Cara pembuatannya, campur bubuk green tea dengan air panas dan gula, dengan perbandingan yang sama. Aduk hingga mengental (bukan menjadi foam). Setelah itu, di mangkok lain, aduk whipped cream atau putih telur hingga mengembang dan menjadi seperti foam. Tuangkan campuran green tea yang telah dibuat tadi ke dalam adonan foam whipped cream atau putih telur dan aduk hingga merata. Setelah itu, siapkan segelas susu panas atau susu dengan es batu, dan tambahkan adonan foam. Jadilah segelas Dalgona matcha yang enak dan lezat.

Dunia Wanita - Matcha

 

Dalgona Milo 

Resep Dalgona berikutnya yang bisa Anda coba untuk mengganti kopi adalah Milo. Siapa sih yang tidak suka dengan Milo. Berbagai santapan dengan Milo pernah menjadi sesuatu yang hits dari tahun ke tahun. Misalnya es kepal Milo yang pernah booming. Kini Milo bisa Anda aplikasikan dalam pembuatan minuman kekinian yaitu Dalgona. Lalu bagaimana resep dari Dalgona Milo? Ini dia resep sederhana untuk Anda coba. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah Milo bubuk, gula, air panas, dan putih telur atau whipped cream. Hampir sama dengan Dalgona matcha, Anda perlu mencampurkan Milo bubuk, gula, dan air panas dengan takaran yang sama dan mengaduknya hingga mengental. Kemudian mengocok putih telur atau whipped cream hingga mengembang dan mencampurkannya dengan bahan Milo kental. Selanjutnya menyiapkan segelas susu panas atau susu dengan es batu dan menuangkan foam Milo ke dalam gelas. Untuk tampilan yang lebih menarik, Anda bisa menambahkan coklat bubuk atau Milo bubuk di atasnya. Segelas Dalgona Milo siap dinikmati. Namun jika Anda ingin rasa Milo yang lebih pekat, Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan putih telur atau whipped cream.
 

 

Dalgona Milk Tea 

Variasi terakhir dari Dalgona yang wajib Anda coba adalah Dalgona milk tea. Siapa yang tak suka dengan milk tea atau mungkin biasa kita sebut Thai Tea? Olahan berbahan dasar susu dan teh ini menjadi primadona di kalangan remaja untuk menghilangkan dahaga. Terlebih dengan berbagai variasinya yang ditambah dengan Boba, bubble, atau grass jelly. Kini milk tea dapat Anda nikmati dengan sensasi serupa dengan Dalgona Coffee yang sedang hits. Lalu bagaimana cara pembuatannya? Anda cukup menyiapkan teh (black tea), gula, air mendidih, baking soda, susu, dan es batu (jika diperlukan). Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya menyeduh teh dengan air mendidih. Kemudian campurkan susu cair dengan air teh, aduk hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata, sisihkan sementara untuk selanjutnya membuat foam. Cara membuat foam kali ini berbeda dengan pembuatan foam sebelumnya yang harus mencampurkan bahan dasar ke dalam putih telur atau whipped cream. Pada foam yang digunakan untuk pembuatan Dalgona milk tea, kita perlu mencampurkan gula, baking soda, dan air panas, kemudian mengaduknya hingga berbusa. Setelah itu, campurkan dengan campuran teh dan susu yang telah jadi sebelumnya. Segelas Dalgona milk tea pembangkit selera siap dinikmati.
 

 

Itu dia resep Dalgona Coffe dan variasi Dalgona lainnya. Kini Anda juga bisa mengembangkan variasi Dalgona dengan rasa kesukaan Anda. Anda bisa mengikuti resep yang telah disebutkan sebelumnya untuk membuat Dalgona yang nikmat, dengan cukup mengganti bahan dasar bubuk menjadi rasa favorit Anda. Selamat mencoba, semoga informasinya bermanfaat.