Tanda-Tanda Awal Kehamilan Yang Terkadang Jarang Disadari

tanda-tanda kehamilan

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Yang Terkadang Jarang Disadari

Bagikan Artikel Ini:

Simak tanda-tanda awal kehamilan yang terkadang jarang di sadari oleh para ibu agar kandungan tetap sehat dan bayi selamat. Tanda awal kehamilan sebenarnya mudah dilihat terutama dengan menstruasi yang tidak datang, mual/ muntah.

Namun demikian banyak Pula terjadi wanita tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Hal ini bisa disebabkan karena wanita tersebut mengikuti kontrasepsi, misalnya sehingga gejala-gejala kehamilan dianggap penyakit lain. Dengan mengetahui kandungan sedari awal kita bisa mencegah terjadinya infeksi maupun mencegah efek samping penggunaan alat kontrasepsi saat hamil karena tidak mengetahui ternyata dirinya hamil.

Tanda-tanda mau menstruasi

tanda-tanda mau menstruasi

Wanita biasanya mengalami haid satu bulan sekali. Biasanya sebelum haid, ada beberapa ciri ciri mau haid yang dialami oleh wanita, Ada beberapa tanda berikut yang muncul sebelum haid

Dengan mengetahui tanda- tanda mau haid berikut dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri agar tetap nyaman selama haid. Haid menjadi salah satu patokan umum untuk mengetahui hamil atau tidak karena jika wanita terlambat haid, atau tidak mengalami haid sama sekali, maka bisa jadi kemungkinan wanita tersebut sedang hamil.

  • Terasa nyeri pada bagian tubuh tertentu

Kram menstruasi terkadang dirasakan sebelum menstruasi. Rasa nyeri ini muncul terutama di bagian punggung, perut dan paha. Kram perut merupakan salah satu tanda mau haid yang sering muncul dan dialami oleh sebagian wanita.

  • Payudara terasa nyeri

Beberapa wanita juga ada yang mengeluhkan merasa nyeri pada bagian payudara sebelum haid. Bahkan terkadang tekanan lembut pada payudara bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

  • Jerawat

Yaa, perubahan hormon bisa menyebabkan timbulnya jerawat saat sebelum dan sesudah haid.

  • Perubahan suasana hati

Biasanya hal ini lebih dikenal dengan mood karena PMS.

Selain tanda-tanda haid diatas, saat haid anda juga perlu memperhatikan kebersihan miss V lebih daripada hari biasa. Saat haid datang, miss V akan sangat rentan terkena serangan dari bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada vagina. Saat haid, anda harus memperhatikan kebersihan vagina agar tetap sehat dan juga wangi.

  • Ganti pembalut dengan rutin

Berapa kali dalam sehari anda harus mengganti pembalut saat haid? Tak ada patokan berapa kali karena tiap orang memiliki aliran darah berbeda sehingga menyebabkan jumlah darah yang keluar saat haid juga berbeda. Sebaiknya, agar vagina terjaga dan bersih maka ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali, atau sekitar 4-6 kali.

  • Membersihkan vagina yang benar

Banyak wanita yang masih salah dalam membersihkan area di sekitar vagina. Basuh area vagina dari belakang ke depan dengan menggunakan air bersih. Tak lupa untuk mengeringkan area vagina agar tidak lembab karena bakteri dan jamur menyukai area vagina yang lembab.

  • Pilih sabun pembersih yang tepat

Gunakan sabun pembersih vagina agar dapat menjaga ph vagina. Namun jangan gunakan sabun pembersih vagina di bagian dalam vagina karena jika dibasuh maka dapat membuat bakteri baik mati.

  • Mencukur rambut kemaluan menjelang haid

Gunakan sabun pembersih vagina agar dapat menjaga ph vagina. Namun jangan gunakan sabun pembersih vagina di bagian dalam vagina karena jika dibasuh maka dapat membuat bakteri baik mati.

  • Memakai celana yang berbahan katun

sebab bahan katun dapat menyerap keringat terutama keringat yang ada di sekitar vagina.

Sebenarnya, vagina memiliki kemampuan untuk mengeluarkan cairan seperti air liur yang dapat membersihkan vagina. Cairan ini membuat vagina bersih dan terbebas dari bakteri.

Jika vagina tidak dibersihkan dengan tepat maka vagina bisa mengalami infeksi saluran kencing, vaginitis atau penyakit infeksi kelamin lainnya. Bahkan dalam salah satu penelitian, menjaga kebersihan vagina bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kanker serviks yang menjadi salah satu penyebab kematian wanita.

Sakit perut pada hamil muda

sakit perut pada hamil muda

Mengalami sakit perut pada bagian bawah bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Namun tidak semua rasa sakit pada perut menjadi tanda kehamilan. Lalu bagaimana contoh sakit perut tanda hamil sehingga kita bisa tahu bahwa kita hamil?

  • Kram perut pada bagian bawah

Kram ini terjadi karena implantasi sel telur di dalam Rahim yang berhasil dibuahi. Implantasi ini terjadi 10-14 hari setelah ovulasi atau lebih dikenal sebagai masa subur. Period waktunya memang sebelum atau hampir bersamaan dengan jadwal haid. Sakit perut pada bagian bawah pada umumnya terjadi pada bagian tengah dan kadang disertai juga dengan bercak darah.

Flek tanda kehamilan ini biasanya berwarna pink atau agak gelap jika dibanding dengan darah haid yang biasanya merah segar. Jadi jika anda mengalami kram di perut pada waktu jadwal haid namun tidak ada darah keluar, maka bisa jadi merupakan tanda kehamilan awal.

  • Sakit perut bagian kanan atau kiri bawah

Sakit perut pada kedua bagian ini bukan merupakan tanda awal. Tanda ini lebih banyak muncul pada usia kehamilan 4 bulan atau trimester kedua.

  • Perut kembung dan mual mual

Saat hamil, perut seringkali merasa ketidaknyamanan, salah satunya kembung dan mual-mual. Perlu diketahui bahwa 70% ibu hamil mengalami mual-mual dan bukan merupakan tanda bahaya saat kehamilan.

Apa yang harus dikhawatirkan dengan sakit perut pada saat hamil muda?

Seperti diketahui di atas, rasa sakit perut dan kram yang terjadi di wanita hamil merupakan hal yang lumrah/normal. Namun jika rasa kram yang ada berupa nyeri berat, persisten, kemudian diikuti dengan gejala lain seperti mual dan muntah berlebihan, adanya perdarahan pada vagina, merasa sakit kepala dan demam, maka dapat menjadi tanda kehamilan yang kurang baik

pregnant

Selain itu, jika perut bagian atas terasa sakit atau nyeri saat ditekan ringan terutama ketika tekanan dilepaskan maka bisa menjadi kemungkinan infeksi yang serious. Kesimpulannya, rasa sakit pada perut bisa menjadi ciri ciri hamil muda pada perut namun untuk lebih memastikannya perlu memeriksakan ke bidan atau dokter supaya jelas.

Yang harus dilakukan jika ternyata hamil muda

Bisakah kita mengetahui ciri ciri hamil seminggu? Sebetulnya, hamil 1 minggu belum bisa terlalu dirasakan atau terlihat. Pada umumnya gejala kehamilan akan terlihat pada saat seorang wanita terlambat haid, yaitu pada minggu ke 4 masa kehamilan.

Pada saat itu, wanita akan merasakan beberapa keadaan seperti kram pada perut seperti dijelaskan di atas, lalu disusul oleh mual dan muntah, serta gejala awal kehamilan lainnya. Berikut ciri kehamilan pada masa awal kehamilan.

  • Perut kram dan timbul bercak

Seperti dijelaskan di atas, kram perut serta bercak darah bisa muncul meski sedang hamil. Wanita sering salah membaca gejala ini bahwa mereka sedang haid. Sebenarnya, bercak darah pada saat hamil ini jika berlebihan justru berbahaya, karena dapat menyebabkan keguguran. Jadi jika anda sedang hamil dan keluar bercak darah, segera temui dokter kandungan.

  • Payudara menjadi bengkak dan sensitif

Payudara menjadi bengkak dan sensitif terutama saat disentuh terasa menjadi nyeri.

  • Mual dan muntah

Mual juga bisa muncul tanpa muntah. Hal ini dikarenakan adanya hormone kehamilan atau HCG. Gejala ini juga dikenal sebagai morning sickness. Biasanya wanita tidak begitu ngeh pada gejala awal ini dan sering mengira sedang masuk angin ataupun kelelahan.

  • Sakit pada pinggang

Karena harus menjaga postur tubuh yang berubah saat hamil, banyak wanita juga merasakan sakit pada pinggang.

  • Areola menjadi lebih gelap dan Puting bertambah besar dan menonjol

hal ini terjadi karena payudara sedang mempersiapkan untuk menyusui dan produksi asi. Dengan puting yang menonjol, bayi lebih mudah menghisap Asi.

  • Sensitif terhadap bau

Makanan yang panas serta berbau tajam biasanya akan merangsang indra penciuman wanita hamil dan membuat mual wanita yang sedang hamil.

  • Cepat merasa lelah

Wanita membutuhkan energi lebih banyak di awal kehamilan untuk menjaga janin tetap sehat sehingga seringkali merasa cepat lelah. Lagi-lagi, banyak wanita yang tidak ngeh dengan hal ini dan menganggap kelelahan terjadi karena aktivitas yang terlalu padat.

  • Sering buang air kecil dan mengalami sembelit

Ketika hamil Rahim akan menekan kandung kemih sehingga membuat wanita menjadi merasa beser. Sayangnya beser juga kerap dikaitkan dengan terlalu banyak minum sehingga saat gejala ini muncul tidak disadari bahwa ternyata hamil.

Perubahan hormon pada masa awal kehamilan juga sering menyebabkan ketidaknyamanan sehingga para wanita ini biasanya menjadi lebih moody, aleman atau cengeng. Meskipun sulit untuk merasakan atau melihat kehamilan pada usia 1 minggu, namun anda tidak perlu khawatir karena dapat memastikan setelah anda terlambat haid.

Mengatasi morning sickness di awal kehamilan

love pregnant

Morning sickness merupakan mual yang sering dialami oleh wanita hamil di awal kehamilan. Rasa mual dan muntah yang datang terus menerus pastinya sangat menganggu aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan atau menghadapi morning sickness.

  • Miliki istirahat yang cukup. Jika terlalu kelelahan dapat mengakibatkan morning sickness making parah.
  • Saat bangun di pagi hari, usahakan untuk tidak langsung beranjak bangun dari tempat tidur namun tunggu sebentar. Setelah bangun, cobalah untuk makan biskuit atau roti kering. Lakukan hal ini juga (makan biskuit) jika terbangun di malam hari.
  • Minum air putih di pagi hari agar rasa mual berkurang.
  • Sebaiknya hindari makanan yang masih panas karena biasanya aromanya akan lebih mudah tercium. Tunggu hingga dingin jika ingin makan.
  • Pilih makanan yang tinggi karbohidrat dan protein seperti keju, kraker, selai kacang, yogurt, apel dan susu.
  • Makan dengan porsi sedikit namun lebih sering. Ibu hamil biasanya sering merasa lapar. Makan 2-3 jam sekali dengan porsi sedikit.
  • Hindari makanan yang pedas, berlemak, mengandung garam asin berlebih, dan asam.
  • Konsumsi permen jahe, kue jahe atau minuman jahe atau makanan yang berbahan jahe karena sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa mual.
  • Dapatkan udara segar dengan berjalan-jalan di pagi hari atau sore hari.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui jika anda merasa hamil dan mengalami morning sickness. Jika rasa sakit yang anda rasakan ternyata bukan tanda awal kehamilan, maka konsultasikan kepada dokter mengapa muncul gejala tersebut.

Selain itu, menjaga kebersihan area vagina sangat penting entah itu masa tidak haid, sebelum haid, pada masa haid, dan setelah haid. Dengan menjaga kebersihan vagina dengan baik, maka kesehatan vagina akan bagus, terhindar dari infeksi dan penyakit.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*