Gerakan Senam Untuk Mengecilkan Perut

cara mengecilkan perut buncit

Gerakan Senam Untuk Mengecilkan Perut

Bagikan Artikel Ini:

Ingin perut rata dan pede menggunakan baju apapun? Lakukan gerakan senam untuk mengecilkan perut di bawah ini secara teratur dan lihat hasilnya hanya dalam hitungan minggu. Selain perut menjadi lebih ramping, juga menjadi lebih sehat karena tidak ada timbunan lemak dalam tubuh.

Gerakan senam untuk perut

gerakan senam untuk perut buncit

gerakan senam untuk perut buncit

Gerakan mudah mengecilkan perut dibawah ini melatih perut bagian atas. Dengan melakukan gerakan senam sederhana berikut dapat dilakukan walau hanya dirumah.

  • Side Plank

Berbeda dengan plank biasa, posisi side plank menahan tubuh hanya dengan kaki dan siku pada 1 sisi. Gerakan ini memiliki beberapa manfaat yaitu mengecilkan perut, menguatkan otot pinggul dan menjaga kekuatan tulang belakang agar kuat menopang saat anda mengangkat pinggul.

Posisikan badan pada salah satu sisi badan. Letakkan siku berada tepat bawah bahu lalu letakkan lengan tegak lurus dengan tubuh. Luruskan kedua kaki lalu tumpuk. Angkat pinggul sampai tubuh terangkat dan rasakan kontraksi pada otot perut hingga badan benar-benar terangkat dan posisi badan lurus dari bagian bahu hingga kaki.

  • Elbow Plank

Elbow plank merupakan gerakan yang sederhana dan mudah dilakukan di rumah namun sangat efektif untuk membakar lemak perut. Elbow plank juga bermanfaat untuk melatih stabilitas tubuh dan melatih core muscle atau otot inti yang ada pada perut, paha dan pinggang.

Posisikan tubuh tengkurap di lantai. Tekuk bagian tangan hingga siku di atas lantai. Angkat badan sehingga posisi siku membentuk sudut 90 derajat lalu jaga posisi punggung agar tetap lurus. Tunggu hingga otot perut berkontraksi lalu tahan posisi hingga 30 detik. Lakukan sebanyak 3 kali.

  • Crunch

Crunch adalah gerakan dasar untuk melatih dan membentuk otot perut bagian atas serta membakar lemak. Gerakan crunch ini agak mirip dengan gerakan sit up namun tidak dilakukan dengan mengangkat beban keseluruhan.

Berbaring telentang di matras dan letakkan kedua tangan di belakang kepala. Angkat badan dan bahu sambil mengencangkan otot perut. Ambil nafas saat posisi badan turun dan keluarkan saat badan naik. Posisikan leher agar terus lurus. Lakukan sebanyak 15 kali selama 3 set.

  • Bicycle crunches

Gerakan senam ini merupakan gerakan yang membutuhkan stamina lebih namun efektivitas dalam membuat perut yang rata dan kuat tidak perlu diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, gerakan ini seperti gerakan mengayuh sepeda bedanya dilakukan dengan rebah diatas matras. Rebahkan badan terlentang diatas matras.

Topang kepala menggunakan telapak tangan yang disatukan di belakang kepala. Posisikan kepala meringkuk me depan atau tidak menempel ke matras kira-kira 45 derajat dari lantai. Letakkan kaki diatas dan membentuk sudut 45 derajat. Putar tubuh ke kiri dan ke kanan dan gerakkan kepala sesuai dengan arah gerakan tubuh.

Ketika menengok ke sisi kanan maka tekuk kaki kiri ke depan hingga menempel siku. Setelah itu luruskan kembali. Ulangi secara bergantian dengan sisi dan kaki yang lain. Ulangi dengan repetisi 2-3 kali sebanyak 8-10 kali hitungan.

 

Supaya anda tidak bosan dengan gerakan itu-itu saja, maka anda bisa mencari variasi gerakan melalui berbagai video senam mengecilkan perut yang ada di internet atau Youtube. Video senam akan memberikan panduan kepada anda bagaimana melatih otot perut dan membentuk supaya perut menjadi ramping dan kencang.

Selain itu, gerakan dalam senam dibuat dengan berbagai variasi gerakan sehingga anda bisa melatih beberapa bagian tubuh sekaligus, tidak hanya pada bagian perut.

 

Mengecilkan perut buncit

cara mengecilkan perut buncit

cara mengecilkan perut buncit

 

Simak apa saja olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang efektif dan dapat dilakukan kapan saja. Perut buncit tidak saja menganggu penampilan, namun juga membuat kesehatan kita menurun karena timbunan lemak yang ada di perut.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut buncit diantaranya:

  • Gen

Anak biasanya akan mewarisi perut buncit dari orang tua yang buncit juga. Walaupun kemungkinan itu tidak tidak terlalu besar namun tetap memiliki pengaruh.

  • Usia

semakin bertambah usia maka aktivitas akan semakin berkurang. Kurangnya aktivitas menyebabkan otot perut kendor dan membuat perut makin besar.

  • Pola Makan

anda yang sering makan larut malam berpotensi besar memiliki perut buncit karena tidak ada kegiatan fisik untuk membakar kalori makanan.

  • Minuman Beralkohol

minuman beralkohol selain mengandung soda, juga dapat menyebabkan penimbunan lemak dalam perut sehingga perut menjadi buncit.

Makanan untuk membantu mengencangkan perut

makanan yang membantu mengecilkan perut

makanan yang membantu mengecilkan perut

Tak hanya dengan melakukan olahraga namun juga perlu asupan nutrisi dan diet agar perut menjadi kencang dan rata. Dengan dibarengi olahraga dan pola makan teratur maka dapat membantu proses pembentukan perut yang sixpack dan rata.

  • Kacang Almond

Bagi yang sedang melakukan diet, kacang almond sangat bermanfaat. Kacang almond memiliki kandungan vitamin E, serat, antioksidan dan lemak baik.

  • Sayuran hijau

Perut buncit tidak hanya disebabkan oleh lemak yang menumpuk di tubuh namun juga dapat dikarenakan gas yang berada di dalam tubuh.

  • Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi sehingga dapat menjadi energy cadangan jika merasa lapar namun belum memasuki jam makan. Pisang dapat dijadikan menu utama untuk sarapan, cemilan maupun sebagai campuran. Bisa dicampur dalam smoothie, jus, ataupun yang lain tanpa menghilangkan rasa dan nutrisi didalamnya.

  • Buah berry

Banyak orang yang tidak menyadari khasiat dari buah berry ini. Buah berry memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, antibakteri, fosfor, karbohidrat dan protein yang baik untuk tubuh. Konsumsi 35 gram buah berry setiap hari sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan kalori.

  • Wortel

Wortel tak hanya untuk kesehatan mata. Wortel juga dapat membuat perut rata dengan kandungan serat dan protein yang tinggi sehingga mampu menahan lapar hingga berjam-jam. Anda bisa mengolah wortel sebagai jus, campuran dalam masakan, direbus dan sebagainya.

  • Pepaya

Pepaya memiliki kandungan serat serta enzim alami yang cukup tinggi. Dengan makan pepaya setiap hari maka BAB akan lancar. Setelah BAB perut akan terlihat ramping. Kandungan vitamin yang terdapat di pepaya juga baik bagi tubuh.

  • Alpukat

Alpukat adalah salah satu bush yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Namun begitu kandungan lemak yang ada di alpokat adalah lemak yang baik. Lemak baik ini akan menunda rasa lapar dan menjaga gula darah. Anda bisa membuat smoothie alpukat atau mencampurnya dalam salad.

  • Jeruk nipis dan Lemon

ini merupakan cara ampuh untuk mendetox dan mengecilkan perut secara alami. Jeruk nipis atau lemon sangat efektif dalam menghancurkan lemak dalam tubuh. Disarankan untuk minum perasan air jeruk nipis atau lemon pagi hari sebelum sarapan.

Yang terpenting ketika anda ingin memiliki tubuh yang proporsional adalah memiliki pola makan yang baik dan rajin olahraga. Jika kedua hal ini bisa anda jalankan dengan konsisten maka anda bisa mendapatkan tubuh yang tak hanya indah dilihat, ramping, namun juga sehat.

Melatih perut bagian bawah

melatih perut bagian bawah

melatih perut bagian bawah

Bagi anda yang sedang mencari cara mengecilkan perut bagian bawah maka anda bisa melakukan beberapa gerakan dibawah ini untuk melatih otot perut.

  • Gerakan Super Woman

Gerakan ini merupakan gerakan yang unik dan menyenangkan tanpa harus merasa tersiksa untuk mengencangkan perut. Gerakan ini juga bermanfaat untuk mengencangkan perut bagian bawah seperti otot pinggul, paha dan juga bokong.

Cara melakukan gerakan ini yang pertama adalah tengkurap di matras dan posisikan tangan lurus ke atas. Pastikan posisi tubuh sudah lurus dari ujung kaki hingga tangan. Setelah itu angkat kedua kaki dan tangan ke atas secara bersamaan seperti Gaya waktu superman terbang. Tahan pose tersebut hingga 5 hitungan. Usahakan tetap seimbang. Lakukan repetisi 2 set dengan pengulangan 10 kali setiap set.

  • Gerakan leg raise

Gerakan ini bisa dilakukan tanpa bantuan alat sehingga mudah dilakukan. Posisikan tubuh terlentang pada matras. Lalu angkat kedua kaki sehingga membentuk posisi badan dengan sudut 90 derajat (siku-siku).

Turunkan kaki namun jaga agar tidak menyentuh lantai, lalu angkat kembali membentuk sudut kembali. Lakukan gerakan naik- turun sebanyak 15 kali dengan 3 set. Jika sudah terbiasa, bisa menahan beberapa hitungan pada saat kaki turun untuk menambah beban.

  • Skipping

Skipping atau lompat tali ini membantu mengencangkan otot perut dan juga otot kaki. Selain itu, lengan juga dilatih. Jika ingin melakukan skipping sebaiknya di ruangan terbuka.

  • Bridge opposite arm leg crunch

Ini merupakan gerakan yang bagus untuk membakar lemak yang ada di perut, paha dan lengan.

  • Bench dip

Dengan bersandar pada kursi atau bangku panjang, gerakan naik turun seperti posisi squat ini melatih otot lengan dan perut secara bersamaan.

Saat anda olahraga, maka semua muscle di seluruh tubuh sebenarnya kita latih. Hanya saja beberapa gerakan memang ditargetkan dengan melatih otot tertentu seperti otot perut. Salah satu bagian tubuh yang kerap dilatih bersamaan dengan latihan untuk otot perut adalah bagian lengan. Bagian lengan yang terlalu besar, menggelambir pastinya akan mengganggu utamanya jika anda suka mengenakan baju lengan pendek atau U can See. Senam mengecilkan perut dan lengan berikut tak hanya membuat perut anda ramping namun juga membuat lengan kecil.

Tips mengecilkan perut

  • Kunyah makanan perlahan

Makan dengan cepat dapat menyebabkan gas/udara tertahan di perut. Dengan makan secara perlahan maka dapat mengurangi perut buncit.

  • Kurangi makanan yang berlemak dan perbanyak serat

Makanan yang mengandung banyak serat dapat memperlancar pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

  • Kurangi karbohidrat

Karbohidrat yang menumpuk karena berlebihan akan menyebabkan perut buncit. Cara menyiasatinya adalah dengan memperbanyak makanan yang mengandung banyak serat.

  • Kurangi konsumsi garam dan soda

Garam dan soda dapat membuat perut terasa penuh dan membuat efek kembung. Banyak-banyak minum air putih atau ganti dengan jus atau smoothie tapi kalau bisa jangan tambahkan gula karena buah sudah mengandung gula alami.

  • Olahraga

Nah ini yang sangat penting. Selalu olahraga walaupun hanya sebentar agar tidak menumpuk kalori. Anda bisa melakukan olahraga simpel dengan lari atau sit up beberapa Kali seminggu.

Lakukan secara konsisten gerakan senam diatas dan juga melakukan diet dan pola makan yang tepat agar anda dapat membuat perut yang ramping. Dengan bentuk tubuh yang indah dan perut ramping anda kini selalu percaya diri dalam setiap penampilan.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*