Ini 20 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Anda Tahu!

minyak zaitun

Ini 20 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Anda Tahu!

Bagikan Artikel Ini:

Manfaat minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan memang sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dalam satu tetes minyak zaitun saja, terkandung lemak jenuh, omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, K, zat besi dan phenolic yang semuanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Tak sampai disitu saja, bahkan khasiat minyak zaitun untuk kecantikan juga sudah sudah cukup populer. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi tentang khasiat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, berikut Kami bagikan ulasannya!

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah

 

 

Karena minyak zaitun mengandung vitamin E, tak heran jika ada banyak fungsi minyak zaitun untuk wajah, diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Melindungi Kerusakan Wajah

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan selalu disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, tentu hal ini bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit wajah. Untuk mengatasi dan mencegah kerusakan pada wajah, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun karena minyak super sehat ini mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

 

  1. Mencegah Kulit Keriput

Semakin bertambahnya usia, kebiasaan rutin sehari-hari dan faktor emosional bisa mempengaruhi munculnya kerutan di wajah. Hal tersebut tentu saja bisa menimbulkan keriput di wajah. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kulit keriput tanpa efek samping.

 

  1. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Wajah

Pori-pori kulit wajah yang terbuka lebar bisa membuat penampilan wajah menjadi kurang menarik. Nah, jika Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mengoleskan wajah menggunakan minyak zaitun sebagai cara paling ideal. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung senyawa linoleic yang berperan mempersempit pori-pori wajah sekaligus membuatnya tampak lebih rapat. Adapun cara memakai minyak zaitun untuk wajah ialah cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh permukaan wajah. Tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

  1. Membuat Wajah Lebih Lembut dan Bercahaya

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah lainnya ialah dapat menjadikan kulit wajah lebih bersinar dan lebih mulus. Anda bisa menjadikannya sebagai masker yang dilengkapi oleh bahan buah-buahan. Jika rutin menggunakannya, maka Anda bisa mendapatkan kulit lebih mulus dan halus. Di samping membuat kulit wajah lebih halus, minyak zaitun pun bisa membuat warna kulit lebih cerah dan putih. Hal ini dikarenakan, minyak zaitun mengandung polifenol untuk membuat kulit wajah lebih bercahaya.

 

  1. Mengobati Jerawat Secara Alami

Jika Anda mengalami masalah jerawat, kini tak perlu khawatir lagi. Karena secara perlahan jerawat dapat teratasi dengan mudah jika Anda memanfaatkan minyak zaitun ini dengan rutin. Kandungan vitamin yang terdapat pada minyak zaitun bisa mengobati jerawat secara alami. Bahkan bisa mengatasi inflamasi akibat munculnya jerawat.

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Rambut

 

 

Tak hanya untuk kesehatan wajah saja, tetapi minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan rambut, diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Dapat Menjaga Kelembaban Rambut

Minyak Zaitun merupakan solusi bagi Anda yang mempunyai rambut kasar dan kering. Untuk memanfaatkan minyak zaitun ini, Anda bisa mengoleskannya ke rambut dengan merata, lalu tunggu selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga tuntas. Maka khasiatnya pun akan terasa.

 

  1. Menguatkan Rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut patah-patah dan rontok, bisa mengatasi masalah tersebut menggunakan minyak zaitun. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin pada minyak zaitun bisa menguatkan rambut sampai ke akarnya. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun dengan kuning telur untuk hasil lebih maksimal.

 

  1. Merawat Rambut yang Rusak

Rambut bercabang dan rusak kerap kali mengganggu penampilan keindahan rambut. Terutama bagi Anda yang sering mengubah gaya rambut serta mewarnai rambut. Namun untuk merawat rambut yang rusak, Anda kini bisa memanfaatkan minyak zaitun agar rambut terlihat lebih segar dan bisa mencegah rambut bercabang.

 

  1. Mengatasi Ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang amat mengganggu. Untuk mengatasinya, selain menggunakan shampo anti ketombe, Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk membasmi ketombe. Aplikasikan minyak zaitun hangat ke rambut sampai kulit kepala dan pijat secara perlahan, biarkan sampai meresap selama 1 jam kemudian bersihkan menggunakan conditioner dan shampoo seperti biasa.

 

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit

 

 

Dengan kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun, wajar jika minyak zaitun mengandung sejumlah manfaat bagi kulit. Adapun sejumlah manfaat minyak zaitun untuk kulit, diantaranya sebagai berikut :

 

  1. Melindungi Kulit Tubuh dari Paparan Sinar UV

Salah satu faktor kerusakan kulit tubuh ialah diakibatkan oleh paparan sinar UV. Jadi, jika Anda sering beraktivitas di lapangan, terutama pada waktu siang hari maka Anda dapat memanfaatkan khasiat minyak zaitun untuk melindungi kulit tubuh. Sehingga kulit Anda pun akan terhindar dari paparan sinar UV.

 

  1. Menghambat Penuaan Kulit

Minyak zaitun juga bisa dikatakan sebagai bahan alami yang sangat efektif untuk menghambat tanda-tanda penuaan, mulai dari munculnya flek hitam di kulit hingga kemunculan keriput. Adapun alasannya, dikarenakan minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin K dan E yang sangat tinggi. Dimana kedua vitamin ini berguna sebagai zat antioksidan untuk melindungi kerusakan kulit atau menjaga kulit dari polusi udara. Tak hanya itu saja, pemakaian minyak zaitun jika dilakukan secara rutin, bisa menjadikan kulit lebih lembut dan halus.

 

  1. Melembabkan Kulit Kering

Jika Anda memiliki kulit tubuh atau wajah yang kering, maka anda bisa menyertakan produk-produk dengan kandungan minyak zaitun sebagai solusi kecantikan dan kesehatan kulit. Minyak zaitun, khususnya extra virgin olive oil bisa menyerap sampai ke lapisan kulit paling dalam. Dengan demikian jika dijadikan sebagai pelembab atau night cream sangat bagus.

Pemakaian minyak zaitun jika dilakukan secara rutin, sangat bermanfaat untuk menjaga kulit supaya terlindung dari zat-zat asing sekaligus dapat memenuhi kebutuhan cairan pada kulit. Anda bisa memadukan lemon dan minyak zaitun pada produk perawatan kecantikan, tak hanya bisa melembabkan kulit saja tetapi juga bisa membuat kulit lebih cerah dan segar.

 

  1. Meregenerasi Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit lainnya ialah dapat meregenerasi kulit. Anda bisa melakukan scrubbing dengan teratur dengan cara mencampurkan gula pasir dan minyak zaitun. Caranya oleskan minyak zaitun ke kulit Anda sebelum tidur setiap hari, kemudian bilas memakai air hangat. Dengan rutin melakukan cara perawatan ini, maka kulit pun dapat meregenerasi dengan baik, imbasnya Anda akan tampak lebih muda.

 

  1. Mengatasi Gatal-gatal

Tak hanya melindungi kulit tubuh dari paparan sinar UV saja, Anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat gatal-gatal secara alami pada kulit. Hal ini dikarenakan minyak zaitun juga mengandung zat anti inflamasi.

 

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

 

 

 

  1. Meminimalisir Terjadinya Depresi

Minyak zaitun bisa dikatakan sebagai lemak hasil ekstraksi buah zaitun. Akan tetapi, jenis lemak pada buah zaitun termasuk jenis monounsaturated fat, sebagai lemak sehat dan tentu saja berbeda dari lemak trans fat pada kandungan fast food.

  1. Dapat Memerangi Alzheimer

Demensia atau Alzheimer disease merupakan sejenis penyakit lupa ingatan dan menghantui orang-orang di usia lanjut. Di negara Indonesia, sampai saat ini ada sebanyak 2 juta kasus penderita Alzheimer setiap tahunnya.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab tim dokter Domenico Pratico telah menemukan fakta mengejutkan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun, dapat berpengaruh secara signifikan dalam meminimalisir resiko timbulnya penyakit Alzheimer.

Alasannya, minyak zaitun dapat meminimalisir produksi phosphorylated dan amyloid plaque, sebagai 2 jenis protein jahat yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan otak yang berperan pada fungsi mental tubuh dan penyimpanan memori.

  1. Melancarkan Pencernaan Tubuh

Memanfaatkan minyak zaitun dibanding menggunakan margarin atau mentega saat memasak, bisa menjadi pilihan terbaik yang lebih sehat dan menguntungkan. Minyak zaitun dapat meningkatkan produksi peptide, sehingga bisa membuat semua organ pencernaan lebih sehat, seperti halnya pada usus.

Saat minyak zaitun memasuki usus, minyak ini akan membantu proses penyerapan mineral dan vitamin oleh usus yang berguna untuk tubuh sambil menyingkirkan makanan-makanan yang tak terlalu bermanfaat. Bagi tubuh. Di samping itu, berdasarkan hasil penelitian dari Journal of Epidemiology and Community Health mengungkapkan bahwa kandungan minyak zaitun bisa meminimalisir terjadinya  kanker pankreas.

  1. Mencegah Osteoporosis dan Menebalkan Tulang

Sebuah uji dilakukan terhadap tikus dalam keadaan yang sama seperti menopause pada perempuan. Ada 1 kelompok yang rutin diminumkan olive oil. Sementara kelompok tikus lainnya tidak. Alhasil tikus yang tak diberikan minyak zaitun telah menunjukkan turunnya kadar kalsium secara signifikan serta peningkatan nitrat, ALP, dan MDA secara signifikan.

  1. Mencegah dan Meminimalisir Resiko Penyakit Kanker

Sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat dalam minyak zaitun sekaligus lewat adanya vitamin E dan phenolic bisa mencegah dan meminimalisir resiko kanker, khususnya kanker kulit dan kanker payudara. Untuk mengatasi kanker kulit, memakai minyak zaitun dibarengi penggunaan tabir surya bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah paparan sinar UV sekaligus menjaga kulit dari bahaya sinar UVA maupun UVB. Sehingga jenis kanker kulit malignant melanoma yang sangat berbahaya bisa dicegah.

Sementara untuk kanker payudara sendiri, biasanya kanker payudara muncul jika terlalu sering mengkonsumsi asupan makanan berlemak jahat. Tapi lemak dalam minyak zaitun bisa berperan melawan tumor payudara sebagai cikal bakal munculnya kanker payudara. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung lemak tidak jenuh, asam oleat, serta beberapa kandungan senyawa bioaktif, termasuk antioksidan sebagai kunci penting untuk melawan tumor.

  1. Mengontrol dan Menstabilkan Tekanan Darah

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang bisa menstabilkan tekanan darah khususnya bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk hasil lebih nyata, Anda bisa meminum atau mengkonsumsi minyak zaitun extra virgin.

itulah 20 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan kulit, dan rambut yang wajib Anda ketahui. Anda bisa mendapatkan salah satu khasiatnya dari manfaat minyak zaitun mustika ratu. Jadi dari sekarang Anda tak perlu ragu untuk memakai minyak zaitun secara rutin dalam rutinitas sehari-hari.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*