Uban Muncul di Usia Muda, Tanda Apa? – FAJAR 1
Uban Muncul di Usia Muda, Tanda Apa? – FAJAR 2

Uban menjadi tanda zaman.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Orang Indonesia termasuk dalam ras asia yang pertumbuhan ubannya (rambut putih) terjadi di kisaran umur 30 sampai 40 tahun. Namun, berbagai kondisi dapat menyebabkan uban muncul di usia dini, kurang dari 20 tahun.

Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Alwi A Mappiasse SpKK PhD mengatakan, penyebab rambut beruban di usia muda yang paling umum adalah stres. Meski hanya mengalami gejala-gejala stres saja, seperti susah tidur, gangguan kecemasan, hilang nafsu makan hingga membuat tekanan darah naik.

Menurut Alwi, uban terjadi karena rambut tumbuh di folikel atau tabung panjang di kulit kepala akibat terhentinya suplai melanin (zat berwarna gelap yang ada di kulit, rambut, atau bulu). Tetapi, yang paling berpengaruh adalah genetik. Misalnya seseorang punya keturunan yang mengalami hal tersebut. Olehnya itu, sering dikatakan bahwa masalah uban dibawa sejak lahir. “Saat pertumbuhan rambutnya bagus, ubannya pun muncul satu per satu,” jelasnya, Selasa, 15 September.

Beragam teori muncul di masyarakat tentang penyebab uban di usia muda, mulai dari salah menggunakan minyak rambut dan sering memakai topi. Tetapi kata Alwi, itu kecil kemungkinannya.

Untuk masalah umum, Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr dr Siswanto Wahab SpKK FINSDV FAADV mengutarakan, merokok juga memberi dampak memutihnya rambut. Bahkan bisa memunculkan uban sebelum umur 30 tahun.


Kredit: Tautan sumber

Leave a Reply
You May Also Like

Konsumsi 5 Jenis Kulit Buah Ini Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Buah memang hadiah yang luar biasa dari alam, sarat…

Atasi Kram Perut dengan Tiga Bahan Alami Ini – FAJAR

FAJAR.CO.ID — KRAM pada perut sangat umum terjadi, dan semua orang pasti…

Organ Kewanitaan Mulai Terasa Longgar? Rapatkan Kembali dengan Cara Ini! – FAJAR

FAJAR.CO.ID – Cara merapatkan miss V atau vagina sebenarnya dapat dilakukan secara…

Hati-hati dengan 6 Makanan Ini, Bisa Turunkan Gairah Seksual – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jika sebelumnya dibahas tentang manfaat konsumsi semangka, sebagai pembakar…