Cara Menghitung Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Bagikan Artikel Ini:

Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi idaman setiap orang terlebih lagi para wanita. Untuk itu, tidak heran memang banyak para wanita yang berlomba-lomba untuk melakukan berbagai cara sehingga bisa mendapatkan berat badan yang ideal salah satunya yaitu dengan diet. Nah, mengenai berat badan yang ideal, apakah Anda sudah menghitungnya dengan benar berdasarkan hitungan? Namun terkadang ada juga orang yang memang menginginkan memiliki berat badan yang di bawah normal, tentu hal seperti ini tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebab memiliki berat badan yang terbilang sangat kurus ataupun sangat gemuk, memang keduanya tidak disarankan. Jadi, bagaimana cara mengetahui berat badan yang ideal dan bagaimana pula menghitung berat badan ideal dengan benar? Berikut dapat Anda lihat langsung seperti dibawah ini.

 

Kenapa Wanita Harus Memiliki Berat Badan Yang Ideal?

 

 

Mungkin banyak orang diluar sana yang bertanya-tanya, kenapa para wanita harus memiliki berat badan ideal? Nah, mengenai jawaban yang satu ini bisa langsung Anda lihat disini. Jadi, jika seseorang memiliki berat badan yang ideal tentu sangat penting sekali bagi tubuh Anda, sebab ini sebagai salah satu upaya agar bisa mempertahankan kesehatan dengan secara keseluruhan. Tak hanya itu saja, hal seperti ini juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencegah serta mengendalikan berbagai penyakit yang datang. Oleh sebab itu, memiliki berat badan yang berlebihan atau disebut juga dengan obesitas bisa meningkatkan resiko kesehatan tubuh terkena berbagai penyakit yang serius seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, diabetes mellitus tipe 2 dan kanker tertentu. Untuk itu, jika Anda memiliki berat badan ideal maka kesehatan tubuh Anda bisa terjaga dengan baik.

 

Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal

 

 

Apakah berat badan Anda sudah masuk ke dalam kategori yang ideal? Nah, perlu untuk Anda ketahui bahwa setiap orang tentu akan memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Jadi, nantinya Anda jangan membandingkan pula berat badan Anda dengan berat badan orang lain baik itu teman, saudara, keluarga hingga yang lainnya. Untuk bisa mengetahui dengan jelas berapa idealnya berat badan maka Anda bisa menyesuaikannya langsung dengan tinggi badan Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda mulai untuk menghitung berat badan ideal Anda maka sebaiknya Anda bisa mengukur terlebih dahulu tinggi badan Anda.

Nah, untuk menghitung berat badan yang ideal dengan tepat maka nantinya Anda bisa menggunakan salah satu rumus yaitu rumus Broca yang ditemukan langsung oleh Pierre Paul Broca. Untuk menggunakan rumus ini sangat mudah sekali, jadi siapa saja bisa mencobanya. Bagi Anda yang memang ingin mengetahui berapa berat badan Anda dan apakah sudah termasuk ideal atau belum maka Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus seperti berikut ini:

Berat badan (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Jadi, jika seorang wanita memiliki tinggi badan sekitar 160 cm maka Anda nantinya cukup memiliki berat badan 60 kg jika ingin dikatakan normal. Namun, hal ini akan berbeda lagi jika Anda memang ingin memiliki berat badan yang ideal. Berat badan ideal seseorang pada dasarnya tidak sama dan ini juga dibedakan antara pria dan wanita. Mengapa demikian? karena hal ini disebabkan komposisi tubuh pada pria dan wanita memang berbeda. Dimana pria memang memiliki banyak massa otot jika dibandingkan dengan wanita. Namun, sedangkan wanita akan lebih banyak memiliki komposisi lemak didalam tubuhnya. Lalu bagaimana cara tepat untuk menghitungnya? Seperti yang Anda lihat sebelumnya, dimana Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus berat badan ideal yaitu rumus Broca.

Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [tinggi badan (cm) – 100 x 10%]

Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [tinggi badan (cm) – 100 x 15%]

Sebagai contoh yang bisa Anda lihat untuk cara menghitung dengan menggunakan rumus Broca ini yaitu misalnya Anda seorang wanita yang memiliki tinggi badan 160 cm, maka untuk berat badan ideal Anda adalah sebesar 60 cm – 9 = 51 cm. Bagaimana sangat mudah sekali bukan cara menghitungnya? Jadi, jika Anda memang ingin mengetahui berapa berat ideal Anda maka Anda bisa menggunakan rumus Broca tersebut dengan mudah.

 

Kunci Sukses Mendapatkan Berat Badan Ideal Bagi Wanita

 

 

Jika dilihat dari penjelasan seperti diatas memang walaupun Anda telah memiliki berat badan yang normal, tapi itu belum tentu termasuk ke dalam berat badan ideal untuk Anda. Namun, pada biasanya memang para wanita ingin sekali memiliki berat badan yang ideal dan ini juga bisa menjadi salah satu penampilan yang terbaik serta percaya diri. Oleh sebab itu, memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh yang langsung memang merupakan impian setiap wanita. Hal seperti ini memang wajar, namun tetap saja Anda jangan sampai melakukan diet yang berbahaya demi mendapatkan berat badan yang ideal. Sebab, jika Anda melakukan diet dengan salah langkah maka ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh Anda.

Jika memang ingin mendapatkan tubuh yang ideal maka Anda bisa melakukan diet dengan cara berolahraga, mengurangi makanan yang berlemak, ataupun Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter terkait permasalahan diet. Hal seperti ini tentunya jauh lebih baik dilakukan tanpa harus takut dengan kesehatan tubuh Anda.

Nah, ada hal yang perlu Anda ingat dan ketahui, dimana untuk mendapatkan tubuh langsing dan berat badan ideal, Anda bukan berarti harus melakukan diet dengan ketat. Namun, bagaimana juga caranya sehingga bisa mendapatkan berat tubuh yang ideal? Nah, kunci suksesnya yaitu dengan menyeimbangkan antara energi yang nantinya masuk ke dalam tubuh Anda dan dengan energi yang keluar. Jadi, apabila Anda harus menurunkan berat badan sehingga bisa mendapatkan berat badan ideal maka energi yang nantinya harus keluar memang harus bisa jauh lebih besar dibandingkan dengan energi yang masuk ataupun sebaliknya.

Apabila nantinya Anda merasa sulit untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka memiliki berat badan yang normal memang sudah cukup baik karena ini bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, jika dibandingkan dengan memiliki tubuh yang terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Nah, untuk mengetahui berat badan yang Anda miliki apakah masuk ke dalam kategori normal ataupun tidak, maka untuk mengukurnya bisa menggunakan rumus IMT atau Indeks Massa Tubuh. Tentunya rumus yang satu ini berbeda dengan rumus mengukur berat badan ideal. Jadi, untuk rumus IMT ini yaitu seperti:

IMT =                  Berat badan (kg)

 

Tinggi badan (m) x tinggi badan (m)

Jadi, setelah Anda sudah mendapatkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus IMT tersebut maka nantinya Anda bisa melihat bagaimana dengan status berat badan Anda apakah termasuk kedalam kategori yang normal ataupun tidak yang berdasarkan kategori seperti berikut ini.

  • Dikatakan normal apabila IMT nya sebesar 18,5 – 25.
  • Dikatakan kurus apabila IMT nya kurang dari 18,5.
  • Dikatakan overweight atau kelebihan berat badan, jika IMT nya 25,1 – 27.
  • Dikatakan obesitas, apabila nantinya IMT nya lebih dari 27.

 

Langkah Tepat Untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal Wanita

 

 

Pada sebelumnya diatas memang telah Anda lihat berbagai informasi terkait dengan cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan berbagai rumus. Nah, untuk melengkapi informasi maka Anda juga bisa melihat bagaimana langkah tepat untuk mendapatkan berat badan ideal bagi para wanita. Disini Anda bisa mengikutinya dengan mudah khususnya bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang langsing dan sesuai dengan berat badan ideal Anda.

  1. Perhatikan Porsi Makanan Anda

Mengkonsumsi makanan yang sehat memang merupakan langkah awal yang bijak dan tepat. Namun, Anda juga harus memperhatikan pula porsi makanan yang nantinya akan Anda makan sehingga porsi tersebut tidak membuat tubuh Anda menjadi gemuk ataupun obesitas. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu untuk membatasi porsi makan Anda sehingga Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

  1. Pilihlah Makanan Dengan Tepat dan Bijak

Bagi Anda yang memang memiliki kebiasaan buruk dengan pola makan yang tidak sehat maka sudah bisa Anda tinggalkan jika memang ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Untuk itu, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, biji-bijian hingga sayur-sayuran. Nah, untuk melengkapi gizi dan asupan protein maka Anda dianjurkan pula untuk mengkonsumsi ikan, tempe, tahu dan juga susu rendah lemak.

  1. Rutin Berolahraga dan Perbanyak Minum Air Putih

Berolahraga pada dasarnya tidak hanya bisa mendapatkan berat badan yang ideal saja, melainkan membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat dan bugar. Untuk itu, hal seperti ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk Anda lakukan jika memang ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan yang ideal yaitu mulai dari berjalan kaki, bersepeda, berenang ataupun ngegym. Lakukan olahraga dengan secara rutin sekitar 15 hingga 30 menit untuk setiap harinya ataupun Anda bisa melakukan olahraga seperti ini minimal 3 kali per minggu.

Tak hanya itu saja, ada hal yang harus Anda lakukan lagi jika ingin mendapatkan hasil dengan maksimal yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Jadi, jika Anda memiliki kebiasan buruk dengan banyak mengkonsumsi minuman manis, bersoda dan sebagainya maka sudah bisa dikurangi. Nah, sebagai langkah yang tepat yaitu Anda bisa mengkonsumsi air putih sesuai yang dianjurkan yakni 8 gelas sehari maka ini bisa membuat tubuh Anda jauh lebih sehat dan Anda juga bisa mendapatkan berat badan yang ideal.

Bagaimana jika berbicara mengenai langkah ataupun cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal memang sangat mudah sekali. Namun, yang menjadi kendala yaitu niat dan ketekunan seseorang untuk melakukannya. Jika Anda benar-benar bisa melakukannya dengan rajin dan sesuai maka sudah bisa dipastikan Anda akan memiliki berat badan yang ideal. Nah, untuk cara menghitung badan ideal sudah dijelaskan pula seperti diatas maka Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan beberapa rumus seperti diatas. Semoga informasi yang ada disini bisa bermanfaat untuk Anda khususnya bagi para wanita yang memang ingin mendapatkan berat badan yang ideal.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*