Moisturizer dan Pelembab Wajah, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit-duniawanita

Dalam rangkaian perawatan wajah, ada suatu produk yang memegang peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan kulit, yakni moisturizer atau yang juga dikenal dengan sebutan pelembab wajah.

Moisturizer adalah pelembab yang berbentuk krim atau losion yang berfungsi untuk mengatasi kulit kering. Cara kerjanya adalah dengan menahan atau menyegel air keluar dari permukaan kulit sehinga kulit terasa lebih halus dan tidak kering.

Namun, moisturizer tidak hanya bermanfaat untuk orang yang memiliki kulit kering saja. Produk pelembab ini juga bisa digunakan oleh orang-rang yang memiliki tipe kulit lainnya. Moisturizer terdiri dari berbagai macam tipe dan bentuk, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit kamu.

Pengertian Moisturizer 

Moisturizer dan Pelembab Wajah, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit-duniawanita
Photo by Poko Skincare on Unsplash

Moisturizer adalah pelembab yang umumnya berbahan dasar dimethicone, petroleum, dan mineral oils. Moisturizer adalah produk moisturizing yang konsistensinya lebih kental seperti krim atau gel. Moisturizer juga seringkali mengandung emolien (zat yang menenangkan kulit) dan minyak tumbuhan dari kelapa, jojoba, atau buah zaitun.

Moisturizer adalah produk yang bekerja dengan menyegel atau mencegah air keluar dari permukaan kulit, hingga dapat membuat kulit terasa lebih halus dan tidak terlalu kering.

Moisturizer adalah produk yang bekerja dengan menahan kelembaban. Kandungan di dalam moisturizer mencegah agar kelembaban alami yang tersisa di kulit tidak hilang menguap. Jadi, moisturizer adalah produk yang mempertahankan kelembaban alami pada kulit, bukan untuk menambah kadar airnya agar tetap lembab.

Manfaat Penggunaan Moisturizer

Adapun manfaat dari penggunaan moisturizer adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kulit Awet Muda

Ketika kulit lembab, maka kulit menjadi lebih kenyal dan kencang. Dengan kata lain, kulit lembab mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Keterkaitan antara kelembaban dan keriput ada pada skin barrier (lapisan pelindung kulit) yang berfungsi menjaga tingkat kelembaban kulit.

Semakin bertambah usia, kekuatan skin barrier semakin berkurang, yang membuat kulit jadi lebih mudah rusak dan berujung pada keriput. Untuk itu, memakai moisturizer harus rutin dilakukan setiap hari agar kelembaban kulit tetap terjaga.

2. Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Lingkungan

Ketika berada di cuaca dingin (bahkan sekadar di dalam ruangan ber-AC) kulit jadi kering dan pecah-pecah. Alasannya, ketika suhu tubuh dingin, maka tubuh akan menciptakan panas.

Kondisi ini membuat pembuluh darah menyempit, sehingga kulit tidak mendapat kelembaban yang dibutuhkannya. Alhasil kulit menjadi kering. Itulah mengapa, penting memakai moisturizer yang super melembabkan saat berada di suhu dingin.

3. Tidak Membuat Kulit Semakin Berminyak

Kulit dehidrasi akan memberikan sinyal kepada kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak agar tingkat kelembaban kulit luar tetap terjaga. Jadi jangan heran mengapa kulit berminyak bisa jadi lebih sangat berminyak.

Kondisi seperti ini dapat berakibat pada tersumbatnya pori-pori, sehingga memunculkan jerawat. Moisturizer adalah produk wajib untuk pemilik kulit berminyak. Pilihlah jenis moisturizer berupa lotion daripada krim.

4. Mengurangi Penampakan Bekas Jerawat

Wajah yang baru saja dilembapkan pasti terlihat berkilau, yang membuat bekas jerawat jadi tak begitu nampak. Bahkan ada jenis tint moisturizer yang mampu meratakan warna wajah.

5. Memberi Efek Relaksasi

Tidak berlebihan bila menyebut melembabkan kulit dapat mengurangi stres. Bayangkan, sehabis mandi air hangat, kelembaban kulit wajah dan tubuh pasti terkikis. Saat mengoleskan pelembab, menikmati aroma wanginya, sadar tidak sadar tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Perbedaan Moisturizer dan Pelembab Wajah

Moisturizer dan Pelembab Wajah, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit-duniawanita
Photo by Clarissa Watson on Unsplash

Lantas, apakah moisturizer dan pelembab adalah produk yang sama atau keduanya memiliki perbedaan? Jawabannya adalah ya, meski serupa, nyatanya moisturizer dan pelembab tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pertama, moisturizer berfungsi untuk memberikan hidrasi sekaligus mengunci kelembaban pada kulitmu, sementara pelembab hanya mempertahankan kelembapan kulit yang sudah ada.

Selain itu, moisturizer umumnya menahan kandungan air di dalam lapisan kulit, sedangkan pelembab bekerja dengan membentuk lapisan di permukaan kulit yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus mencegah air di dalam sel wajah menguap.

Lapisan inilah yang mengisi celah kekeringan pada kulit, sehingga kulit jadi terasa lebih halus dan lembut.

Perbedaan lainnya adalah pada manfaat dari masing-masing kandungan di dalamnya. Pelembab biasanya mengandung sejumlah bahan tertentu yang bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan kerutan, merawat jerawat, dsb. Sedangkan, moisturizer hanya fokus pada melembabkan wajah saja.

Inilah yang menyebabkan waktu pemakaian pelembab dan moisturizer berbeda. Pelembab digunakan pada pagi dan malam hari, sebagai tahap akhir dari rangkaian skincare untuk ‘mengunci’ skincare agar meresap ke dalam kulit. Sementara itu, moisturizer bisa digunakan kapan saja. Oleh sebab itulah moisturizer sangat cocok digunakan bagi pemilik kulit kering.

Dari segi kandungan, moisturizer umumnya mengandung bahan-bahan humektan yang dapat mengikat molekul air dalam kulit seperti hyaluronic acid dan glycerin. Pada pelembab, bahan-bahan yang terkandung biasanya juga termasuk bahan-bahan kandungan yang membantu mengatasi masalah kulit wajah, seperti vitamin C untuk meratakan warna kulit, atau retinol untuk mengatasi penuaan dini.

Kandungan-kandungan inilah yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih pelembab dan moisturizer yang tepat untuk jenis kulitmu. Moisturizer yang punya tekstur terlalu kental tidak begitu cocok untuk kulit berminyak, karena bisa menyumbat pori-pori.

 

Baca Juga: Sudah Terbukti Nyata! Clara Skincare yang Bikin Glowing dan Putih Dengan Hasil Terbaik

 

1. Apa manfaat moisturizer dan pelembab wajah untuk kesehatan kulit?

Moisturizer dan pelembab wajah memiliki manfaat sebagai berikut: 1. Menjaga Kulit Awet Muda, 2. Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Lingkungan, 3. Tidak Membuat Kulit Semakin Berminyak, 4. Mengurangi Penampakan Bekas Jerawat, dan terakhir 5. Memberi Efek Relaksasi.

2. Apa perbedaan yang ada antara moisturizer dan pelembab?

Perbedaan moisturizer dan pelembab dapat dilihat dari manfaat masing-masing kandungan di dalamnya. Pelembab biasanya mengandung sejumlah bahan tertentu yang bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti mengurangi hiperpigmentasi, menyamarkan kerutan, merawat jerawat, dsb. Sedangkan, moisturizer hanya fokus pada melembabkan wajah saja.

3. Bagaimana peran moisturizer dalam menjaga kelembaban kulit wajah?

Kandungan di dalam moisturizer mencegah agar kelembapan alami yang tersisa di kulit tidak hilang menguap. Jadi, moisturizer adalah produk yang mempertahankan kelembapan alami pada kulit, bukan untuk menambah kadar airnya agar tetap lembap.

Leave a Reply
You May Also Like

Transformasi Beauty Vlogge Tiru Makeup Akad Nikah Lesti Kejora, Ini Hasilnya

Jakarta – Makeup Lesti Kejora saat akad nikah pada Kamis (19/8/2021) menjadi…

5 Cara Rahasia Makeup Natural ala Lim Ju Kyung, Aktris Drakor True Beauty

RINGTIMES BALI – Kamu, salah satu pecinta drama korea pasti tidak asing…

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Waktu Singkat

Memiliki jerawat pada wajah tentu menjadi hal yang tidak diinginkan oleh setiap…

Waktunya Self Pampering! Halau Stres dengan Rutinitas Body Care yang Bikin Kulit Lembap dan Ternutrisi

Fimela.com, Jakarta Di kala stres, orang cenderung lupa untuk merawat diri yang…