Makna Luar Biasa Tersirat dalam Hari Anak Perempuan Sedunia

Dikutip dari laman unicef.org, peringatan Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati setiap tanggal 11 Oktober. Dunia merayakan hari anak perempuan secara khusus dengan latar belakang...

Disebut Beauty Vlogger Termahal Instagram Story dengan Tarif 60 Juta, Tasya Farasya Buka Suara

Miliki 3, 71 juta subscriber, Tasya Farasya sempat disebut-sebut sebagai beauty vlogger termahal di Indonesia. Benarkah? SERAMBINEWS.COM - Beauty vlogger kenamaan, Tasya Farasya, belakangan ini buka suara...

Rekomendasi Eyeshadow Warna Lilac yang Mempercantik Makeup Kamu

Warna lilac adalah warna ungu pastel yang sangat populer di tahun 2020 ini. Bahkan hingga akhir tahun 2020 ini, warna lilac semakin digemari kaum...

Harmonisasi Teknologi untuk Ciptakan Tatanan Rambut Lewat Hair Dryer dan Earbuds

Menurut Marketing Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Intan Abdams Katoppo, peluncurkan kedua produk ini merupakan terobosan untuk menginspirasi perempuan Indonesia dengan mengkolaborasikan kecantikan dan...

13 Rekomendasi Pewarna Rambut Alami

Rambut merupakan mahkota bagi pemiliknya. Model rambut tertentu bisa meningkatkan penampilan pemiliknya. Untuk membuat penampilan kian menarik, Anda bisa mewarnai rambut dengan pewarna rambut...

13 Manfaat yang Tersimpan dalam Bunga Matahari

Manfaat bunga matahari tidak hanya ada pada bijinya. Bagian tanaman yang lain juga menyimpan segudang manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan, bunga matahari pun punya...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Penyebab rambut rontok terus menerus merupakan beberapa alasan mengapa rambut pada seseorang dapat mengalami kerontokan dengan jumlah yang berlebih. Rambut rontok pada seseorang sebenarnya wajar terjadi. Terutama bila orang tersebut sedang mengalami permasalahan pada tubuhnya. Hanya saja, hal itu kemudian menjadi tidak wajar ketika jumlah kerontokan yang dialami menjadi terlalu banyak.

penyebab rambut rontok
sumber: www.honetsdocs.id

Pada seseorang, bila jumlah kerontokan rambut tidak mencapai 100 helai sehari, tentu hal tersebut seharusnya bukan merupakan hal yang harus dikhawatirkan. Namun bila jumlah kerontokan rambut mencapai jumlah 100 helai atau lebih, maka Anda patut untuk mewaspadai hal tersebut. Dalam mencari solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab apa yang membuat rambut Anda rontok.

Apa Penyebab Rambut Rontok Terus-Menerus?

solusi mengobati rambut rontok
sumber: www.merdeka.com

Ada sangat banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kerontokan rambut seseorang. Untuk beberapa kasus berat, kerontokan ini bahkan bukan disebabkan dari faktor luar tubuh, melainkan dari dalam tubuh orang tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang paling sering ditemukan sebagai permasalahan utama kerontokan rambut.

    • Faktor Hormonal

Salah satu penyebab pertama kerontokan rambut ialah faktor hormonal atau perubahan kadar hormon dalam tubuh. Hal ini terbukti dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Perubahan hormon secara mendadak dalam tubuh seseorang akan membuat rambut menjadi rontok dengan jumlah yang sangat banyak.

    • Wanita Hamil dan Menyusui

Pada seorang wanita, perubahan hormon terbesar terjadi saat masa kehamilan dan juga ketika masa menyusui. Hal ini wajib untuk Anda waspadai karena pada masa ini, kadar hormon dalam tubuh akan berubah dengan sangat cepat. Perubahan tersebut berpotensi membuat rambut menjadi rontok. Pada beberapa kasus berat, perubahan hormon bahkan dapat berakibat pada kebotakan yang dialami.

    • Stress dan Terlalu Lelah

Memiliki permasalahan pekerjaan yang besar dan kelelahan fisik yang teramat sangat juga dapat menjadi penyebab permasalahan kerontokan rambut seseorang. Apabila Anda mengalami masalah kerontokan rambut yang parah, silahkan Anda melihat terlebih dahulu apakah Anda sedang mengalami stress berat atau kelelahan fisik yang berat.

Kepala sering sakit dan rambut rontok merupakan sebuah permasalahan yang layak untuk Anda cari penyebab utamanya. Bukan hanya akan menurunkan kepercayaan diri Anda, namun permasalahan ini juga berpotensi akan membuat Anda merasa sakit parah.

    • Efek Samping Obat

Permasalahan kerontokan rambut yang parah juga dapat disebabkan dari efek samping obat-obat berat yang sedang dikonsumsi. Obat-obatan tersebut bisa berupa antibiotik yang mengandung bahan kimia yang cukup berat, apapun juga berasal dari jenis obat-obatan yang merusak sel sehat atau biasa disebut dengan kemoterapi. Banyaknya konsumsi obat tersebut berpotensi membuat rambut mengalami kerontokan parah dan bahkan hingga menyebabkan kebotakan.

    • Kondisi Penyakit Tertentu

Bila kondisi permasalahan kerontokan rambut tak kunjung membaik, Anda sebaiknya mulai berpikir untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya kemungkinan penyakit lain yang mungkin sedang dialami. Beberapa penyakit seperti halnya autoimun , infeksi pada tubuh ataupun beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus bisa jadi menjadi penyebab utama kerontokan yang Anda alami.

    • Vitamin A Terlalu Tinggi

Kondisi lain yang mungkin menjadi penyebab permasalahan rambut rontok ialah kondisi dimana Vitamin A yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Penyimpanan vitamin A yang terlalu tinggi ini berakibat pada lemahnya folikel rambut Anda yang akan menyebabkan kerontokan parah. Bila hal ini sedang Anda alami, maka sebaiknya Anda mengurangi konsumsi makanan ataupun obat-obatan yang mengandung vitamin A.

    • Tidak Cocok dengan Produk Perawatan

Apabila Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, ada baiknya untuk melihat terlebih dahulu apakah Anda telah menggunakan jenis produk perawatan rambut yang cocok untuk digunakan. Bisa jadi produk yang Anda gunakan ternyata tidak cocok untuk kulit kepala Anda.

Hal ini juga berpotensi menyebabkan kerontokan parah. Agar kondisi tersebut tak berlanjut, sebaiknya Anda mulai untuk melihat kembali produk perawatan yang Anda gunakan. Bila ternyata Anda tidak cocok dengan produk tersebut, sebaiknya Anda segera mengganti produk perawatan yang digunakan.

    • Bahan Kimia pada Rambut

Jaman sekarang biasanya banyak orang yang memilih untuk melakukan pewarnaan pada rambut. Seringkali pewarnaan tersebut harus menggunakan bleaching yang digunakan untuk melunturkan warna asli rambut. Hal ini dapat mengurangi kekuatan rambut sehingga akhirnya menjadi penyebab rambut rontok usia 20. Kondisi ini akan menjadi semakin parah ketika Anda tidak segera menghentikan penggunaan bahan kimia tersebut pada rambut Anda.

    • Infeksi Berat pada Tubuh

Bukan sekedar beberapa jenis penyakit saja yang dapat menyebabkan permasalahan kerontokan rambut, namun infeksi berat atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh pun berpotensi menimbulkan permasalahan kerontokan rambut yang parah. Kondisi tersebut akan menjadi semakin buruk ketika peradangan yang dialami membuat tubuh Anda mengalami demam dengan suhu tubuh yang tinggi, kerontokan rambut yang terjadi akan menjadi semakin parah.

Hal ini harus segera diatasi terutama ketika kondisi kerontokan rambut masih berlanjut. Solusi yang terbaik ialah dengan mengonsumsi anti radang yang dapat menyelesaikan permasalahan kerontokan rambut Anda.

    • Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Anemia dan kekurangan zat besi berpotensi menjadi penyebab lain dari kerontokan rambut parah yang Anda alami. Bila Anda memiliki riwayat penyakit anemia, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda dan meminta berbagai jenis obat untuk menjaga agar zat besi Anda tetap pada kadar yang aman.

Apabila zat besi Anda rendah, bisa jadi Anda akan mengalami kerontokan rambut yang parah. Zat besi tentu menjadi salah satu komponen utama yang membuat rambut terlihat lebih sehat. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan mengurangi kerontokan rambut yang Anda alami, pastikan untuk memeriksakan diri Anda supaya kadar zat besi dalam tubuh Anda tercukupi.

    • Penggunaan Pemanas Rambut

Siapa yang menyangka bahwa ternyata alat pemanas rambut dan pengering rambut dapat menyebabkan permasalahan kerontokan rambut yang parah serta menjadi penyebab rambut rontok berlebihan. Pemanas rambut yang digunakan terlalu sering ternyata akan membuat Anda mengalami permasalahan kerontokan rambut yang parah. Ada baiknya bila Anda menghentikan penggunaan alat pemanas rambut dan pengering rambut terlalu sering sehingga rambut Anda tidak mengalami kerontokan.

Permasalahan kerontokan rambut ini bukan hanya sering terjadi pada wanita saja, namun pria juga banyak yang mengalami permasalahan serupa. Oleh karena itu, baik pria maupun wanita harus benar-benar memahami penyebab apa yang sebenarnya menjadi akar permasalahan dari kerontokan rambut yang mereka alami. Setelah menemukan penyebabnya, maka kemudian Anda wajib untuk segera mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Lalu Bagaimana Solusi Mengatasinya?

solusi mengobati rambut rontok
sumber: www.motherandbaby.co.id

Tidak dapat dipungkiri bahwa menemukan solusi dari permasalahan kerontokan rambut memang tidaklah mudah. Bagi setiap orang, solusi yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut juga berbeda-beda. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda coba supaya permasalahan kerontokan rambut Anda tidak menjadi semakin parah.

    • Rutin Gunakan Vitamin

Cara pertama yang paling mudah untuk mengatasi kerontokan rambut ialah dengan rutin menggunakan vitamin rambut yang banyak dijual. Vitamin rambut dipercaya dapat menutrisi kulit kepala dan rambut Anda serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Bila Anda menggunakannya secara rutin, setidaknya 2 hari 1 kali, rambut Anda yang semula rontok tentu akan menjadi tebal kembali.

Cara ini dapat digunakan oleh Anda yang mengalami kerusakan rambut karena adanya penyakit dalam tubuh Anda dan juga masih relevan bila Anda mengalami kerontokan rambut karena permasalahan lain seperti pengecatan rambut dan penggunaan alat pengering secara berlebihan.

    • Banyak Konsumsi Sayur

Selain dengan menggunakan vitamin rambut secara rutin, Anda juga sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin untuk membantu merangsang rambut baru yang akan tumbuh. Hal ini sangat berperan bila Anda mengalami permasalahan kerontokan rambut yang sangat parah.

Kandungan vitamin dan mineral alami pada buah dan sayur akan membuat rambut Anda menjadi lebih sehat secara alami dan juga membuat rambut baru yang tumbuh lebih terlihat hitam bersinar.

    • Masker Rambut

Cara lain yang dapat Anda coba untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut ialah dengan mencoba menggunakan masker rambut. Masker tersebut diaplikasikan setelah Anda selesai keramas. Selain itu, penggunaan masker rambut juga sebaiknya diiringi dengan pengaplikasian lidah buaya di kulit kepala Anda.

Dengan menggunakan cara ini setidaknya seminggu sekali, Anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Hal itu akan terlihat setelah beberapa kali penggunaan. Cara inipun tergolong mudah  karena tidak akan membuat Anda mengalami efek samping lain dari penggunaan masker rambut tersebut.

      • Scrub Kulit Kepala

Bila Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, bisa jadi permasalahan Anda yang sebenarnya ialah berkaitan dengan kulit kepala Anda yang tidak sehat. Ketika Anda menemukan hal itu terjadi pada Anda, sebaiknya Anda menggunakan cara scrub kulit kepala untuk mengatasi permasalahan ini. Bukan hanya itu saja, namun Anda sebaiknya memilih scrub kulit kepala dengan bahan yang alami sehingga scrub yang digunakan tidak akan merusak rambut Anda.

Untuk masa penggunaannya, Anda disarankan untuk melakukan scrub kulit kepala sebanyak 2x dalam 1 minggu. Dengan dosis yang tepat dan penanganan yang rutin, dijamin permasalahan kerontokan rambut Anda akan teratasi dengan lebih cepat, dan Anda pun akan menjadi lebih percaya diri dengan tampilan rambut yang lebih sehat.

    • Terapi Laser

Terapi laser yang saat ini sedang banyak ditawarkan merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Meskipun kerap kali menjadi jalan terakhir sebagai solusi penyebab rambut rontok berlebihan, namun bila permasalahan kerontokan rambut menjadi semakin parah, Anda dapat memilih cara ini sebagai solusi terbaik.

Terapi laser tergolong sangat efektif untuk dilakukan. Meski begitu, biaya yang mahal kerap kali menjadi sebuah hambatan ketika seseorang akan melakukan terapi laser. Hanya saja, bila Anda benar-benar membutuhkan terapi ini, Anda dapat menghubungi beberapa dokter yang akan menangani permasalahan Anda. Hal yang terpenting ialah pastikan Anda telah mengenali ciri-ciri rambut rontok karena penyakit ataukah karena sebab perawatan yang lain dalam diri Anda.

- A word from our sposor -

11 Penyebab Rambut Rontok Terus-Menerus 1

11 Penyebab Rambut Rontok Terus-Menerus

\