Populer di Indonesia, Kedelai jadi Makanan Kaya Manfaat – FAJAR 1

Populer di Indonesia, Kedelai jadi Makanan Kaya Manfaat

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Konsumsi kedelai, sangat baik untuk tubuh. Itu dipaparkan pakar gizi dalam webinar yang diselenggarakan PT Amerta Indah Otsuka.

Pakar gizi, Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Rimbawan menjelaskan ada banyak kebaikan dan manfaat dari konsumsi kedelai.

“Manfaatnya sangat banyak, bagi kesehatan bila dikonsumsi dengan baik. Kita ketahui bahwa, kacang kedelai ini mengandung karbohidrat, serat, lemak dan asam lemak dan protein,” paparnya.

Selain itu, ditambahkan juga bahwa, kandungan kedelai ini, ada 16.6 gram protein, Karbohidrat 9.9 gram, serat 6 gram, energi 173 kkal dan lemat 9 gram.

Dikatakan juga bahwa, kacang kedelai ini cukup populer di Indonesia. Kedelai banyak dijual di pasaran. Kacang kedelai bisa diolah menjadi makanan maupun minuman seperti tempe, tahu, tepung, hingga susu kedelai. Jenis kacang ini merupakan sumber protein, serat, dan isoflavon.

“Kacang kedelai juga mengandung nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kekuatan tulang, menurunkan berat badan, dan mengobati berbagai jenis penyakit,” ulasnya.

Dr Rimbawan juga mengatakan kedelai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, di antaranya molybdenum berfungsi sebagai kofaktor beberapa jenis enzim penting.

“Kandungan lainnya adalah Vitamin K1 berperan penting dalam pembekuan darah. Sangat banyak manfaat apabila konsumsi kedelai,” tambahnya.

Selain susu kedelai, susu kambing terbaik etawa juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.(fit)


Kredit: Tautan sumber

Leave a Reply
You May Also Like

Rutin Minum Susu Kedelai Cegah Kanker Prostat – FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kanker prostat menjadi bisa dihindari dengan rutin minum susu…

Konsumsi Buah Naga, Berikut 8 Khasiatnya untuk Kesehatan – FAJAR

Buah naga bisa dikonsumsi dengan tambahan jeruk nipis. (the invisible cookbook) FAJAR.CO.ID,…

Puasa Ibu Hamil dan Menyusui Masuk Resiko Tinggi – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) masuk kategori risiko…

Khasiat Kacang Mete Ternyata Dahsyat Banget – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Kacang mete yang berasal dari buah jambu monyet lumrah menjadi…