Lagu kolaborasi Blackpink dan Selena Gomez bertajuk “Ice Cream” menjadi trending topik sejak pertama kali dirilis. Tentunya, lagu ini menjadi salah satu pencapaian terbaik girl group asal Korea Selatan ini di industri hiburan. Tapi apakah ini menjadi project pertama mereka dengan penyanyi global? Tenang, Anda akan mengetahui lebih lanjut tentang profil blackpink, karya-karya terbaik sejak debut hingga pencapaian selama karir mereka di industri ini.
Profil Blackpink
Blackpink (블랙핑크) merupakan girl group asal Korea Selatan yang terdiri dari 4 member asuhan YG Entertainment. Member grup ini adalah Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa. Keempatnya debut sebagai Blackpink di pertengahan tahun 2016 lalu.
Di YG Entertainment sendiri, Blackpink merupakan junior dari grup populer seperti 2NE1 dan Big Bang. Karena itulah, saat dirumorkan akan debut, Blackpink terus-menerus menjadi sorotan utama.
Nah, tentunya Anda penasaran kan profil member Blackpink ? Tenang saja, karena kita akan mengenal keempat gadis cantik ini secara mendetail melalui ulasan berikut:
1. Jisoo Blackpink
Member pertama yang akan dibahas tentunya adalah leader Blackpink yaitu Jisoo. Gadis cantik ini memiliki nama lengkap Kim Ji-soo (김지수). Ia lahir di Gunpo, Gyeonggi, Korea Selatan pada tanggal 3 Januari 1995.
Si Fake Maknae dengan Kepribadian 4D
Dalam keluarganya, Jisoo merupakan anak bungsu dengan seorang kakak laki-laki dan perempuan. Meski merupakan member paling tua di grup, Jisoo mendapatkan julukan sebagai fake maknae. Visual Jisoo memang tidak kalah imut dengan visual seorang maknae.
Gadis cantik yang menjadi lead vocalist di Blackpink ini resmi bergabung dengan YG Entertainment sejak Juli 2011. Namun, ia mulai diperkenalkan sebagai anak asuh YG secara resmi pada tanggal 15 Januari 2015.
Gadis yang memiliki golongan darah A ini tercatat menguasai beberapa macam bahasa seperti Jepang dan China. Untuk bahasa Inggris sendiri, Jennie menyatakan bahwa sebenarnya Jisoo mampu memahaminya dengan baik tapi ia terlalu malu untuk melakukannya.
Salah satu yang menarik dari profil Jisoo Blackpink adalah personality-nya. Si cantik dengan tinggi 162 cm ini dianggap sebagai mood maker di grup. Ini tak lepas dari personality Jisoo yang dikenal dengan istilah 4D (4 dimensi). Jadi, Jisoo memang dikenal dengan kepribadiannya yang tak terduga, percaya diri, kreatif dan bisa membawa tawa untuk orang lain yang ada di sekitarnya.
Kegiatan Individu Jisoo di Luar Blackpink
Jisoo merupakan member ketiga Blackpink yang dikenalkan ke publik pada tanggal 24 Juni 2016 lalu. Mengingat ia sudah bergabung di YG Entertainment sejak tahun 2011 tentunya selain menjadi trainee, Jisoo juga tampil di berbagai event. Selama masa pre-debut, ia sempat tampil di lagu “Spoiler + Happy Ending” (2014) miliki Epik High dari album Shoebox.
Jisoo juga tampil di video musik “I’m Different” (2014) yang dinyanyikan oleh Hi Suhyun dan Bobby. Di tahun 2015, gadis yang menyukai warna ungu ini juga menjadi cameo di drama “The Producers” milik KBS2. Ia tampil sebagai cameo di drama ini bersama dengan Sandara Park 2NE1 dan Kang Seung-yoon Winner.
Sebagai salah satu lulusan di School of Performing Arts Seoul (SMA), Jisoo juga berhasil membintangi beberapa iklan selama masa pre-debutnya. Di tahun 2015 lalu, ia tampil di iklan Samsonite (dengan Lee Min Ho), Smart Uniform, LG Electronics dan juga Nikon.
Sejak 5 Februari 2017 hingga 4 Februari 2018, Jisoo bergabung sebagai MC di acara musik Inkigayo. Ia menjadi MC bersama dengan Jin-young GOT7 dan Doyoung NCT.
Untuk tahun 2018, Jisoo dan rekan segrupnya, Rose ditunjuk sebagai model endorsement dari brand kosmetik Korea Selatan, Kiss Me. Di tahun 2019, ia juga tampil sebagai cameo di drama populer Arthdal Chronicles milik tvN.
Tak berhenti sampai di situ, Jisoo juga ditunjuk sebagai brand ambassador lokal untuk brand kosmetik Dior (Dior Beauty) pada Desember 2019. Kerja sama dengan Dior terus berlanjut hingga pada Juni 2020 kemarin, Jisoo diungkap akan menjadi muse-nya Dior.
Kemudian, Agustus tahun 2020 ini Jisoo juga sudah dikonfirmasi untuk membintangi drama Snowdrop dari JTBC. Drama ini bisa dibilang sebagai proyek pertamanya sebagai pemeran utama.
Pencapaian Jisoo sebagai Public Figure
Sejak debut bersama Blackpink, Jisoo memang semakin populer. Tercatat pada polling musik tahunan di Gallup Korea, ia berhasil meraih posisi ke-10 sebagai idol paling populer di Korea Selatan.
Jisoo Blackpink juga menjadi salah satu idol Korea dengan jumlah pengikut terbanyak di Instagram. Saat ini jumlah pengikutnya sudah mencapai 27, 8 juta lebih. Kepopuleran Jisoo juga mencapai camp militer. Pada tahun 2019 silam, ia menduduki peringkat ke-6 sebagai idol K-pop wanita paling populer di kalangan tentara Korsel.
Jisoo juga berhasil masuk dalam bagian BoF 500 di tahun 2019. Tak hanya itu, Jisoo menjadi salah satu influencers terbesar yang mempromosikan merek Adidas untuk tahun 2020.
Pada bulan Juni 2020 lalu, perwakilan YG Entertainment menyatakan bahwa mereka sedang menyiapkan debut solo untuk Jisoo. Tentunya ini menjadi kabar baik, karena dari keempat member Blackpink, baru Jennie saja yang debut solo secara resmi.
2. Jennie Blackpink
Jennie merupakan member Blackpink pertama yang diungkap ke publik. Tercatat, gadis cantik dengan nama Jennie Kim (김제니) ini bergabung menjadi trainee di YG Entertainment sejak tahun 2010. Sebelum debut bersama Blackpink, Jennie diperkenalkan secara resmi ke publik sebagai artis asuhan YG pada April 2012.
Salah satu profil Jennie Blackpink yang menarik adalah image-nya yang chic dan kuat saat tampil di panggung. Ia terlihat sulit untuk didekati. Namun, sebenarnya Jennie memiliki karakter lucu dan charm tersendiri.
Lalu bagaimana Jennie mendeskripsikan dirinya sendiri? Ia mengakui bahwa dirinya itu tipikal pendiam dan pemalu saat ada di sekitar orang asing.
Masa Predebut Jennie
Gadis kelahiran Seoul, 16 Januari 1996 ini merupakan anak tunggal. Ia pernah bermimpi untuk menjadi penari balet. Saat audisi di YG, Jennie menyanyikan lagu “Take a Bow” milik Rihanna.
Meskipun ia masuk audisi sebagai vokalis, namun agensi berpikir bahwa Jennie cocok untuk posisi rapper. Salah satu alasan kuat yang mendasari ini adalah kemampuan bahasa Inggris Jennie. Saat itu, ia menjadi satu-satunya trainee yang mampu berbahasa Inggris dengan baik.
Setelah diperkenalkan ke publik melalui foto di laman resmi YG Entertainment, Jennie berhasil menarik perhatian netizen. Ia menjadi topik paling dicari dengan nama “Gadis Misteri”. Masih di tahun yang sama, akhirnya YG merilis video Jennie di akun Youtube mereka. dalam video ini, Jennie membawakan lagu “Strange Clouds” milik B.o.B.
Selama masa pre-debutnya, gadis yang sempat tinggal di Selandia Baru ini pernah membintangi MV dan ikut serta dalam beberapa lagu yang dibawakan oleh rekan se-agensinya. Penampilan publik pertama Jennie adalah di MV G-Dragon yang berjudul “That XX” (2012). Jennie juga terlibat dalam lagu “Black” G-Dragon, “Special” milik Lee Hi dan “GG Be” milik Seungri.
Reality Show dan Debut Solo
Kepopuleran yang diterima oleh member Blackpink lain juga dialami oleh Jennie. Bersama dengan Jisoo, ia tampil sebagai guest di acara Running Man pada pertengahan 2018. Dari acara ini, ada video Jennie yang menangis setelah memasuki rumah hantu bersama Lee Kwang-soo. Video ini menjadi viral di berbagai platform.
Kesuksesan Jennie dalam menarik perhatian publik, menjadikannya menerima berbagai proposal untuk tampil sebagai bintang tamu. Akhirnya, variety show pertama yang sukses mengkonfirmasi Jennie sebagai salah satu anggotanya adalah Village Survival, The Eight milik SBS. Acara ini menjadi tempat pertama bagi Jennie untuk tampil sebagai cast tetap.
Jennie akhirnya berhasil melakukan debut solo di tahun 2018. Album solonya ini berjudul “Solo” dan diungkapkan pertama kali saat tur Blackpink “In Your Area” di Seoul. Debut solo Jennie terbilang sukses dengan berbagai pencapaian positif. Puncaknya, Jennie berhasil meraih penghargaan “Song of The Year” dari Gaon Chart Music Awards dan Digital Bonsang dari Golden Disc Awards ke-34.
Pada April 2019, Jennie juga menorehkan rekor lain sebagai artis solo Korea Selatan pertama yang tampil di Coachella. Bahkan penampilan Jennie di acara ini masuk dalam daftar “10 Hal Terbaik yang Dilihat di Coachella 2019”.
Sense of Fashion Jennie
Jennie Blackpink juga dikenal dengan julukan Human Gucci atau Human Chanel. Gadis cantik ini memang memiliki sense fashion yang keren. Seiring dengan image positifnya di dunia fashion, Jennie akhirnya sering diundang ke perhelatan fashion show. Sebut saja Comics Collection Launch Party (Prada), pameran Mademoiselle Prive (Chanel), Summer 17 Collection Launch Party (Saint Laurent) dan lain sebagainya.
Jennie juga berhasil menarik hati Chanel dan menjadikannya sebagai brand ambassador dari House of Chanel. Ia juga berhasil menjadi selebriti Korea pertama yang ditunjuk sebagai model untuk brand Boucheron Paris. Anda harus tahu, brand ini merupakan perusahaan perhiasan mewah berusia 160 tahun.
Seiring dengan popularitasnya Jennie juga sering mendapat tawaran untuk menjadi cover majalah seperti Dazed, Cosmopolitan, W, High Cut, Elle, Harper’s Bazaar, Marie Claire hingga Billboard.
Semua outfit dan item yang dipakai oleh Jennie selalu menjadi tren. Ia memiliki kekuatan penjualan dan promosi yang tinggi terhadap semua produk yang dikenakannya. Pengaruh Jennie terhadap publik juga diakui oleh banyak pihak.
Ia memuncaki Individual Girl Group Members Brand Power Ranking oleh Institut Riset Bisnis Korea. Rangking ini menunjukkan seberapa besar pengaruh selebriti terhadap konsumen. Eksistensi Jennie sebagai selebriti dengan pengaruh positif bagi publik juga diakui oleh Forbes dan Google melalui rilisan yang mereka buat.
3. Rose Blackpink
Rose menjadi member Blackpink terakhir yang diperkenalkan ke publik oleh YG Entertainment. Ia bergabung sebagai trainee di YG setelah lolos audisi yang diadakan di Australia pada tahun 2012. Dari total 700 peserta, Rose menduduki peringkat pertama. Karena itulah, ia disodori kontrak dan harus pindah ke Seoul untuk memulai training.
Masa Predebut Rose
Gadis cantik kelahiran Auckland, 11 Februari 1997 ini memiliki nama lengkap Roseanne Park atau Park Chae-young (박채영). Rose memiliki kakak perempuan. Sejak usia 7 tahun, ia ikut pindah ke Melbourne bersama keluarganya.
Berbeda dengan member Blackpink lain, eksistensi Rose selama menjadi trainee tidak diungkap ke publik, identitasnya terus dirahasiakan selama 4 tahun berstatus trainee. Padahal, selama menjalani training Rose juga ikut serta dalam beberapa project milik rekan se-agensinya.
Contohnya, di tahun 2012 Rose menjadi rekan duet G-Dragon di lagu “Without You” dalam album One of a Kind. Namun, di album ini nama Rose disebut sebagai “? Dari Girl Group Baru YG”.
Kegiatan Individu Rose
Salah satu profil Rose Blackpink yang menarik adalah vokal timbre-nya yang jelas. Rose dikenal memiliki suara yang unik dan disukai oleh anak muda. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penyanyi solo Korea, Gummy yang merupakan idola dari Rose sendiri.
Rose telah tampil di berbagai acara seperti King of Masked Singer dan Fantastic Duo 2. Penampilannya di kedua acara ini sama-sama mendapat sambutan hangat dari penonton.
Di tahun 2018, Rose dan Jisoo terpilih sebagai model endorsement untuk merek kosmetik Korea Selatan, Kiss Me. Kemudian, Rose juga mendapat kesempatan menjadi model promosi untuk MMORPG Perfect World Mobile milik Perfect World Entertainment pada Oktober 2019.
Tahun 2020 ini, Rose juga terpilih menjadi ambassador global untuk merek Yves Saint Laurent oleh Anthony Vaccarello. April 2020 kemarin, Rose juga dinobatkan sebagai idola K-pop ketiga dengan pengikut terbanyak di Instagram. Saat ini pengikutnya telah mencapai angka 28,8 juta lebih.
Sama halnya dengan member Blackpink lain, Rose juga dikenal memiliki fashion sense yang baik. Karena popularitasnya, sejak tahun 2018 Rose selalu masuk dalam daftar reputasi brand untuk selebriti wanita di Korea yang dirilis oleh Institute Riset Bisnis Korea.
Pada bulan Juni 2020 lalu, perwakilan YG Entertainment memberikan pernyataan bahwa Rose Blackpink akan melakukan debut solo. Album solonya sendiri sudah dipersiapkan selama setahun terakhir. Kabarnya, Rose akan debut solo setelah Blackpink melakukan comeback di bulan Oktober ini.
4. Lisa Blackpink
Gadis cantik berkewarganegaraan Thailand ini menjadi member Blackpink kedua yang diperkenalkan pada publik. Lisa merupakan trainee asing pertama yang bergabung ke YG Entertainment di tahun 2011. Ia berhasil lolos audisi dari total 4,000 peserta yang diadakan di Thailand.
Masa Predebut Lisa
Idol K-pop pujaan warga Thailand ini memiliki nama lengkap Lalisa Manoban atau Pranpriya Manoban. Lisa lahir pada tanggal 27 Maret 1997 di Buriram, Thailand. Fakta ini menjadikannya sebagai maknae di Blackpink. Meski ditunjuk sebagai rapper dan main dancer di group, tapi Lisa juga dikenal memiliki suara sebagai vokalis yang bagus.
Sebelum debut bersama Blackpink, Lisa mendapatkan proyek pertamanya sebagai model untuk brand Nona9on di tahun 2015.
Kegiatan Individu di Luar Blackpink
Lisa mulai debut di layar televisi Korea melalui program Real Man 300 milik MBC. Sebelumnya, ia juga membawakan program Lisa TV di jaringan OnStyle yang berjumlah 3 episode.
Kemudian, di bulan November 2018 ia membuka channel Youtube dengan nama Lilifilm Official. Dalam channel ini, Lisa fokus dengan konten lifestyle dan travelling. Hingga saat ini jumlah subscriber di channel Youtubenya telah mencapai angka 3,89 juta pengguna. Padahal jumlah video yang diunggahnya baru 9 lho.
Sejak Oktober 2019, Lisa secara resmi bergabung dengan survival program bertajuk Idol Producer milik iQiyi. Dalam program ini, Lisa berperan sebagai dance mentor.
Selama karirnya sebagai selebriti, Lisa telah memenangkan dua penghargaan di lar pencapaian Blackpink yaitu kategori “Person of The Year” dari The Standard. Ia mendapatkan penghargaan ini selama dua tahun secara berturut (2018-2019).
Fashion dan Endorsement
Salah satu profil Lisa Blackpink yang menarik adalah kemampuan multilingual-nya. Lisa menguasai beberapa jenis bahasa seperti Inggris, Korea, Thailand dan basic Jepang serta China.
Lisa ditunjuk sebagai model untuk brand kosmetik Korea Moonshot di tahun 2016 dan dilanjutkan dengan menjadi brand ambassador mereka di China ( Maret 2018) serta Thailand (2019).
Lisa juga menandatangani kontrak pertamanya dengan AIS Thailand pada Maret 2019. Kabarnya, ia menjadi brand presenter AIS Thailand dengan bayaran tertinggi.
Kemudian, pada Mei 2019 ia juga didapuk sebagai brand presenter untuk Samsung Galaxy S10 di Thailand. Tak cukup sampai disitu, game online Ragnarok M: Eternal Love juga menggunakan Lisa sebagai model endorsementnya.
Memulai tahun 2020, Lisa menjadi model untuk pakaian sport Adidas bersama dengan Mino Winner. Seiring dengan popularitasnya di China, Lisa mendapat kepercayaan untuk menjadi presenter perusahaan pewangi dan pelembut pakaian, D&G Downy di China.
Lisa juga ditunjuk untuk menjadi presenter untuk Mengniu Dairy dan Tencent Games. Beberapa perusahaan global yang menunjuk Lisa sebagai BA mereka adalah Penshoppe daan Bvlgari. Lisa juga ditunjuk sebagai muse salah satu director merek premium Perancis, Celine.
Dengan total pengikut di Instagram mencapai 38,7 juta lebih, Lisa Blackpink memiliki daya engagement yang sangat bagus. Saat menjadi cover majalah Harper’s Bazaar di bulan Mei 2019 saja, ia memecahkan rekor penjualan sebanyak 120.000 eksemplar. Padahal untuk selebriti terkenal, biasanya hanya mencapai angka 60.000 eksemplar saja.
Perjalanan Karir Blackpink
Beberapa nama awal yang diajukan untuk grup ini adalah Pink Punk, Baby Monster dan Magnum. Namun, akhirnya Blackpink terpilih. Arti nama Blackpink sendiri adalah cantik bukan segalanya. Jadi grup ini tidak hanya berisi wanita-wanita cantik saja, tapi juga penuh talenta.
Video dance practice pertama mereka dirilis tanggal 6 Juli 2016 untuk menarik perhatian publik. Kemudian, mereka baru debut di tanggal 8 Agustus 2016.
Berikut adalah album dan pencapaian mereka dari debut hingga saat ini:
1. Square One (2016)
Debut dengan single album bertajuk Square One yang berisi dua lagu yaitu Boombayah dan Whistle. Keduanya mampu masuk chart Billboard di posisi pertama dan kedua. Blackpink berhasil meraih kemenangan pertama di music show Korea hanya dalam waktu 13 hari setelah debut. Ini adalah rekor tercepat di sana.
2. Square Two (2016)
Selanjutnya, mereka merilis single album kedua bertajuk Square Two yang terdiri dari Playing with Fire dan Stay. Lagu Playing with Fire kembali masuk ke chart Billboard. Setelah mencapai usia 5 bulan, Blackpink sudah meraih penghargaan untuk rookie di berbagai platform award.
Bahkan, Billboard juga menjuluki Blackpink sebagai salah satu grup rookie K-pop terbaik di tahun 2016. Di awal tahun 2017, fans Blackpink mendapat nama resmi yaitu Blink.
3. As if it’s Your Last (2017)
Di pertengahan 2017, Blackpink kembali menelurkan karyanya melalui digital single berjudul As if it’s Your Last. Lagu ini kembali debut di chart Billboard sebagai peringkat pertama.
Melalui MV dari lagu ini, Blackpink juga menjadi grup K-pop pertama dengan jumlah views terbanyak dalam 24 jam setelah perilisan.
4. Blackpink (2017)
Di tanggal 20 Juli 2017, Blackpink menghelat showcase pertama di Jepang, tepatnya di Nippon Budokan Tokyo. Total ada 14.000 dari 200.000 orang yang beruntung mendapat tiket. Selanjutnya, mereka merilis EP pertama mereka di Jepang yang bertajuk Blackpink pada akhir Agustus 2017.
5. Square Up (2018)
Pada pertengahan 2018, Blackpink kembali dengan EP bertajuk Square Up dengan title track Ddu-Du Ddu-Du. Lagu ini membawa kesuksesan besar bagi Blackpink di berbagai elemen. MV lagu ini sudah ditonton lebih dari 36,2 juta kali dalam 24 jam.
6. Kill This Love (2019)
Pada April 2019, Blackpink menelurkan EP bertajuk Kill This Love. Lagu ini kembali meneruskan kesuksesan Ddu-Du Ddu-Du. Hingga akhirnya, mereka mendapat kesempatan untuk tampil di Coachella Festival 2019. Blackpink adalah grup K-pop wanita pertama yang tampil di Coachella. Di tahun yang sama, mereka merilis Kill This Love versi Jepang untuk fans di sana.
7. How You Like That (2020)
YG Entertainment merilis single How You Like That di akhir Juni 2020. Ini menjadi step pertama mereka sebelum nantinya merilis full album di bulan Oktober 2020.
Setelah perilisan How You Like That, fans dimanjakan kembali dengan kabar single baru Blackpink yang berkolaborasi dengan Selena Gomez. Single ini berjudul Ice Cream dan langsung melejit di berbagai tangga lagu dunia sejak dirilis.
Sebelum, kolaborasi dengan Selena Gomez, sebenarnya salah satu girl group terbaik Korea Selatan ini sudah pernah berkolaborasi dengan penyanyi luar. Sebut saja, duet mereka dengan Dua Lipa di lagu Kiss and Make Up (2018) dan Sour Candy (2020) milik Lady Gaga.
Selama karirnya, Blackpink berhasil meraih berbagai penghargaan mulai dari:
- People’s Choice Awards (3 penghargaan)
- Teen Choice Awards
- MTV Video Music Awards
- Gaon Chart Music Awards (5 penghargaan)
- Golden Disk Awards (4 penghargaan)
- Melon Music Awards (3 penghargaan)
- Mnet Music Awards (4 penghargaan)
- Seoul Music Awards (2 penghargaan)
- Guinness World Records (5 rekor)
Sama halnya dengan karir individu yang moncer, Blackpink juga sukses mendapat proyek endorsement dan kolaborasi dengan berbagai brand lokal dan global. Terbukti, saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan Blackpink logo dan gambar Blackpink di manapun.
Daftar proyek kolaborasi, endorsement dan BA Blackpink bisa dilihat di bawah ini:
- Brand ambassadors untuk Incheon Main Customs (May, 2017)
- Brand ambassadors untuk Shopee (Nov, 2018)
- Rangking pertama di analisis reputasi brand milik Institut Riset Bisnis Korea (2018)
- Mendapat kesempatan endorsement dan kolaborasi dengan Puma, Adidas, Reebok, Louis Vuitton, St. Scott London, Dior Cosmetics, Moonshot, Shibuya 109, Sprite Korea, Tokyo Girls Collection X CECIL McBEE dan lain-lain.
Ternyata banyak sekali ya pencapaian Blackpink dari sisi grup dan individual membernya. Semoga ulasan tentang profil blackpink di atas bisa membuat Anda tahu lebih banyak tentang grup ini ya.
Logo Blackpink
Download Logo / Simbol Blackpink disini