Bagikan Artikel Ini:
74 / 100 SEO Score

 

 

Kesehatan sangat perlu untuk diperhatikan. Ada banyak sekali cara untuk selalu menjaga kebugaran tubuh. Saat tubuh sehat maka wanita akan lebih bisa melakukan semua aktivitas dengan maksimal. Perempuan adalah orang yang sering melakukan beberapa pekerjaan. Perempuan bisa bekerja di luar rumah dan juga tanpa mengesampingkan tugas-tugas rumah tangga di rumah. Saat pulang dari bekerja, wanita masih harus mengurus anak, mengerjakan pekerjaan rumah dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat perempuan harus selalu menjaga kebugaran tubuhnya. Perempuan tetap harus melakukan tugas pekerjaan di kantor dan juga menjadi ibu yang baik. Karena banyaknya aktivitas, perempuan biasanya kurang bisa menjaga kondisi tubuhnya. Hasilnya perempuan rentan terkena berbagai penyakit. Saat ini musim juga sangat mudah berubah. Kondisi musim yang tidak dapat diprediksi juga sangat mempengaruhi kebugaran tubuh. Beberapa perempuan yang mempunyai jadwal pekerjaan atau aktivitas yang tinggi karena mereka adalah publik figure, atlet atau mempunyai pekerjaan berprestasi lainnya diharuskan selalu menjaga kebugaran tubuhnya. Sebenarnya untuk menjaga kebugaran tubuh bisa dilakukan dengan 8 cara yang mudah anda lakukan juga di rumah. Apa saja yang harus anda lakukan? Di bawah ini anda bisa mendapatkan tips untuk menjaga kebugaran terutama untuk wanita.

 

1. Hindari Stres

 

woman wearing blue robe lying with cucumber on eye

Photo by Adrian Motroc on Unsplash

 

Hal pertama yang sering kali berdampak pada kondisi tubuh adalah karena kita merasa stress. Ketika kita berpikir terlalu keras dan kita merasa stress tubuh kita akan memberikan reaksi. Kebugaran tubuh biasanya akan terdampak dan sering muncul penyakit-penyakit yang ringan mulai dari sakit kepala, batuk, flu atau lain sebagainya. Jika anda ingin terhindar dari masalah kesehatan, anda perlu mengurangi hal-hal yang membuat anda merasa stress. Anda bisa mulai mencoba selalu berpikir positif atau melihat suatu hal dari sisi positif agar anda tidak merasa stress. Melakukan hal-hal yang membuat diri anda senang juga bisa dilakukan misalnya saja mendengarkan musik kesukaan anda, melihat film dan bertemu dengan teman-teman anda untuk sekedar mengobrol dan berbagi cerita. Anda harus banyak melakukan hal-hal yang membuat diri anda merasa bahagia.

 

2. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

 

Hal kedua yang harus dilakukan oleh anda yang mempunyai banyak sekali aktivitas adalah menjaga pola makan tentu saja akan sangat berpengaruh pada kebugaran tubuh anda. Anda harus bisa mengatur pola makan. Pola makan yang harus diterapkan adalah pola makan seimbang setiap harinya. Beberapa dari perempuan biasanya banyak mempunyai keluhan karena mereka ingin terlihat lebih langsing atau tersiksa ketika tubuh mereka gemuk. Mereka kemudian banyak menerapkan diet yang ketat dengan membatasi beberapa makanan yang sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh. Ketika anda ingin menjaga kebugaran tubuh, anda perlu menyadari bahwa makanan yang anda makan haruslah tetap memenuhi kebutuhan diri anda sehingga anda tidak akan mendapatkan dampak buruk dari pola diet yang anda sedang terapkan tersebut. Anda bisa banyak mengonsumsi sayuran. Sayur sendiri sangat penting dan baik untuk badan. Sayur mempunyai banyak kandungan vitamin yang akan baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda. Selain itu, sayur juga bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas atau system kekebalan dalam tubuh anda sehingga anda tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit dan terhindar dari masalah tubuh lainnya.

 

3. Banyak Mengonsumsi Vitamin D

 

Cara untuk menjaga kebugaran untuk wanita berprestasi yang selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi vitamin D. Vitamin D akan meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh anda. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai makanan seperti misalnya jamur, hati sapi, ikan salmon, ikan tuna, kuning telur dan makanan lainnya. Selain vitamin D anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin lainnya dalam tubuh anda misalnya vitamin B dan juga C. Anda bisa banyak makan buah-buahan yang tentunya banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk tetap menjaga kebugaran tubuh anda. Buah-buahan yang anda konsumsi sebaiknya buah yang segar dan sebaiknya anda mencuci buah anda terlebih dahulu agar buah terhindar dari bakteri atau pestisida. Anda bisa makan buah secara langsung atau mengolahnya menjadi sari buah atau jus, salad buah dan lain sebagainya. Rutin mengonsumsi buah segar juga akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit misalnya flu.

4. Rutin Berolahraga

 

8 Hal Ini Dilakukan Wanita Berprestasi dalam Menjaga Kesehatan 1

Photo by Bruno Nascimento on Unsplash

 

Anda bisa melakukan hal wajib lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh misalnya dengan rutin melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan di dalam rumah anda atau melakukan olahraga di luar rumah atau bisa juga anda pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan senam, latihan angkat beban dan lain sebagainya. Sebaiknya anda rutin melakukan olahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu. Olahraga yang anda lakukan sebenarnya tidak melulu harus olahraga yang berat. Anda bisa melakukan olahraga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh anda. Olahraga sendiri sangat penting untuk dilakukan karena ini akan membuat kondisi tubuh anda menjadi lebih kuat dan bugar dalam menjalani kegiatan anda yang sangat padat. Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh juga dengan rutin melakukan olahraga. Anda juga bisa melakukan kegiatan olahraga yang membuat hati anda senang seperti berenang, bersepeda dan lain sebagainya.

 

5. Mengurangi Kebiasaan Buruk

 

Untuk bisa menjaga kesehatan tubuh anda, anda perlu menghentikan kegiatan-kegiatan atau kebiasaan buruk anda. Apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan?

 

  •  Merokok, Merokok bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan baik yang ringan sampai yang sangat buruk. Anda yang masih suka merokok sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok anda karena merokok lebih banyak memberikan dampak negatif untuk tubuh kita.

 

  • Mengonsumsi Alkohol , Anda bisa juga menghentikan kebiasaan buruk anda dalam mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Minum minuman yang mengandung alkohol banyak memberikan dampak buruk bagi tubuh kita.

 

  • Begadang, Anda juga sebaiknya mengurangi kebiasaan anda untuk tetap terjaga pada malam hari. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tetap terjaga ketika tubuh perlu istirahat tentu saja akan sangat berbahaya untuk tubuh anda. Sebaiknya anda tetap beristirahat dalam waktu yang cukup di malam hari.

 

6. Menjaga Kebersihan

 

gray faucet

Photo by Curology on Unsplash

 

Cara selanjutnya yang harus anda lakukan ketika anda ingin menjaga kebugaran tubuh adalah dengan rutin menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan tentunya anda akan bisa terhindar dari berbagai kuman dan juga bakteri yang mungkin menyerang tubuh anda. Anda sebaiknya tetap rajin mencuci tangan ketika berada di luar rumah atau sampai di rumah. Anda sebaiknya mengurangi membeli dan makan makanan di luar dan lebih banyak memilih memasak di rumah. Selalu cuci sayur dan bahan makanan ketika hendak dimasak untuk mengurangi bakteri yang mungkin menempel dan akan masuk termasak.Anda juga harus rutin mandi. Sebaiknya anda mandi dua kali sehari sehingga badan anda tetap bersih dan terhindar dari berbagai bakteri yang mungkin akan memicu masalah kesehatan pada tubuh anda.

 

7. Menjaga Emosi

 

Wanita sangat rentan untuk terbawa emosi. Ketika sedang menunggu menstruasi biasanya anda juga akan merasa sangat sulit mengontrol emosi. Anda akan sering merasa ingin marah. Untuk tetap bugar dan sehat, anda perlu menjaga kestabilan emosi anda. Beberapa wanita yang sulit menjaga emosi akan banyak mengalami berbagai masalah kesehatan seperti:

  • Tekanan darah yang tinggi

  •  Nyeri pada bagian perut atas

  •  Nyeri pada bagian punggung

  • Susah untuk tidur

 

  • Berat badan biasanya akan bertambah

 

Masalah-masalah tersebut tentu saja akan semakin membuat emosi anda tidak terkendali. Ketika anda ingin mengontrol emosi, yang anda lakukan adalah berdiam dulu sejenak. Anda juga bisa melakukan aktivitas yang membuat emosi anda turun dan membuat anda merasa lebih bahagia seperti mendengarkan musik, makan makanan yang sedang anda inginkan, pergi keluar Bersama teman atau saudara dan lain sebagainya. Beberapa perempuan yang sering merasa emosinya tidak stabil karena mereka kurang untuk bepergian dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Anda bisa menjaga kebugaran tubuh dan pikiran anda dengan rajin pergi ke tempat wisata. Dengan berwisata, anda akan merasa lebih rileks and awet muda.

 

8. Melakukan Tes Kesehatan Secara Rutin

 

 Apa yang dilakukan wanita berprestasi dalam menjaga kesehatan? Anda perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Mengapa anda harus memeriksakan diri anda secara rutin? Anda perlu memeriksakan kesehatan karena ini akan membantu melacak riwayat penyakit atau kebugaran tubuh anda. Pemeriksaan juga akan membuat anda tahu apa yang sebenarnya tubuh anda perlukan atau apakah anda kekurangan vitamin, kalsium atau lain sebagainya. Perempuan perlu melakukan pemeriksaan rutin seperti tes pap smear. Tes ini sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit serius seperti penyakit kanker servik, kanker payudara dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter secara rutin agar anda lebih tahu kondisi tubuh anda dan apa yang harus anda lakukan untuk tetap menjaga tubuh anda selalu bugar. Anda sering kali mengalami masalah terkait dengan organ intim seperti penyakit keputihan. Hal ini bisa anda tanyakan ke dokter juga ketika anda rutin pergi dokter tiap bulan. Jika anda tidak mempunyai keluhan, setidaknya anda bisa pergi ke dokter setahun dua kali. Ada beberapa kegiatan yang harus rutin anda lakukan seperti:

 

  • Melakukan vaksinasi, perempuan sangat rentan mengalami masalah kesehatan seperti kanker serviks, oleh sebab itu perempuan sangat perlu melakukan vaksinasi. Hal ini akan melindungi anda dan memperkecil kemungkinan anda untuk terkena berbagai penyakit baik yang ringan sampai yang berat. Anda bisa berdiskusi dengan dokter tentang vaksinasi dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi tersebut.

 

  • Memeriksakan Kesehatan Gigi, memeriksakan kesehatan gigi juga sangat penting. Sebaiknya anda tetap rutin menggosok gigi anda dua kali sehari dengan pasta gigi yang sesuai dengan keluhan dan kondisi gigi anda. Anda juga tidak hanya perlu menggosok gigi secara rutin namun juga perlu datang ke dokter gigi secara rutin. Datang ke dokter gigi secara rutin dua kali dalam setahun sangat dianjurkan agar anda tetap mempunyai gigi yang sehat. Gigi sendiri sangat erat kaitannya dengan berbagai syaraf pada tubuh. Ketika kita sakit gigi maka kita akan merasakan sakit di seluruh tubuh juga. Oleh sebab itu selalu rutin memeriksakan gigi sangatlah penting dilakukan.

Itulah 8 cara wanita dalam menjaga kesehatan yang bisa anda lakukan juga untuk menjaga kebugaran tubuh anda dan terhindar dari berbagai masalah tubuh anda saat ini dan di masa depan.

 

 

Kenapa kesehatan sangat penting untuk wanita?

Kesehatan sangat perlu untuk diperhatikan. Ada banyak sekali cara untuk selalu menjaga kebugaran tubuh. Saat tubuh sehat maka wanita akan lebih bisa melakukan semua aktivitas dengan maksimal.

Apa tips untuk menjaga kebugaran terutama untuk wanita?

Hindari Stres, Menerapkan Pola Makan yang Sehat, Banyak Mengonsumsi Vitamin D, Rutin Berolahraga, Mengurangi Kebiasaan Buruk, Menjaga Kebersihan, Menjaga Emosi, Melakukan Tes Kesehatan Secara Rutin

Apa saja yang dimaksud melakukan tes kesehatan secara rutin?

Melakukan vaksinasi, Memeriksakan Kesehatan Gigi, .