Kacamata google merupakan salah satu jenis kacamata yang memiliki fungsi sebagai alat pelindung diri (APD) bagi si pemakai. Kacamata google memiliki ukuran yang lebih lebar dan menutupi seluruh bagian mata. Fungsinya tentu saja untuk melindungi mata dari berbagai material zat-zat berbahaya maupun radiasi ultraviolet.

Berbeda dengan kacamata glasses, kacamata google ini memiliki fungsi perlindungan keselamatan yang lebih lengkap dan menyeluruh, bahkan secara bentuk dan modelnya pun berbeda.

Aktivitas Anda di lapangan, di tempat kerja dengan risiko keselamatan yang tinggi mengharuskan Anda menggunakan jenis kacamata google untuk bekerja.

Pentingnya Menggunakan Kacamata Google di Tempat Kerja

Keselamatan Anda adalah hal utama yang sangat penting Anda perhatikan. Mengapa? Risiko kecelakaan akan menyebabkan efek fatal bagi kehidupan Anda. Dampak paling ringan Anda tidak bisa lagi bekerja, hingga akibat terparah adalah cacat hingga kematian.

Oleh karena itu, menggunakan alat pelindung diri seperti kacamata merupakan hal yang sangat penting Anda perhatikan.

Kecelakaan pada mata seperti terkena percikan serbuk besi, terkena zat kimia, terkena kotoran, virus hingga bakteri akan menyebabkan dampak buruk pada mata. Kebutaan atau cacat mungkin saja terjadi dari aktivitas Anda yang mengabaikan penggunaan alat pelindung diri kacamata.

Sebuah kacamata google memiliki desain yang sangat safety untuk memastikan mata Anda aman dari risiko paparan zat berbahaya, percikan, resapan cairan, efek radiasi, dan lainnya.

Mata adalah organ tubuh ciptaan Tuhan yang tak akan tergantikan fungsinya dengan teknologi secanggih apa pun.

Menggunakan kacamata google adalah bagian dari cara Anda melindungi nikmat Tuhan tersebut. Lebih dari 50 persen keindahan hidup ini ada pada pandangan. Saat mata Anda mengalami kebutaan, hilanglah semua nikmat hidup di dunia.

Oleh karena itu, investasikan keselamatan dan pekerjaan Anda untuk jangka panjang dengan menggunakan alat perlindungan diri yakni kacamata google.

Cara Memilih Kacamata Googles untuk Berbagai Aktivitas Pekerjaan

Bagaimana Cara Memilih Kacamata Google yang Tepat? Simak Panduan Berikut! - Dunia Wanita
Photo by Mier Chen on Unsplash

Kacamata pengaman seperti google ini biasanya menawarkan fitur perlindungan ekstra yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya, apakah untuk pekerjaan di bidang industri tertentu, pekerjaan di lapangan, atau kebutuhan lainnya.

Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui fitur dan kebutuhan Anda di lapangan. Jangan salah fitur. Berikut ini beberapa rekomendasi model kacamata google untuk perlindungan kerja:

1. Kacamata Google Pelindung Radiasi

Salah satu fungsi keselamatan yang bisa Anda dapatkan dari kacamata google adalah kemampuannya melindungi mata dari radiasi sinar UV.

Tips penting bagi Anda yang ingin mencari kacamata untuk perlindungan radiasi, carilah jenis yang memberikan perlindungan terbaik untuk mata dari sinar ultraviolet.

Salah satu produk yang menjawab kebutuhan fungsi ini adalah kacamata google Uvex. Jenis kacamata ini bisa Anda gunakan untuk melindungi mata dari sinar UVA dan UVB 400nm.

Model tangkai kacamata yang kokoh dan menutupi seluruh bagian mata memberikan perlindungan terbaik untuk keselamatan mata.

Tak hanya antiradiasi, jenis lensa kacamata ini juga antikabut. Kebanyakan kacamata biasa akan berembun saat cuaca terlalu panas atau dingin. Efeknya tentu sangat mengganggu penglihatan. Jenis kacamata ini bebas kabut sehingga aman menemani pekerjaan Anda sepanjang hari.

2. Kacamata Anti bahan Kimia

Bekerja di lingkungan industri kimia, pabrik, laboratorium mungkin saja akan memberikan risiko kontak mata Anda dengan zat-zat kimia. Selain melindungi tangan dengan sarung tangan, cobalah memakai kacamata safety antibahan kimia.

Kacamata goggle ini memiliki material pelapis yang antizat kimia, fitur antikabut, serta tahan terhadap paparan radiasi UVA dan UVB. Lensa berwarna gelap memberikan tambahan fungsi kacamata ini nyaman Anda gunakan pada kondisi cuaca yang terik di luar ruangan.

Selain itu, model ikat kepalanya yang melingkar juga cukup kokoh Anda gunakan saat bekerja. Anda bergerak, berjalan, berlari cukup aman menggunakan jenis kacamata ini. Jika Anda bekerja di lingkungan yang membutuhkan fitur lengkap seperti kacamata ini, jangan lupa berinvestasi memiliki kacamata seperti ini.

3. Kacamata untuk Menahan Percikan Las

Kacamata google  merupakan jenis kacamata yang harus Anda pakai untuk kebutuhan pekerjaan pengelasan. Melindungi mata dari percikan besi dan partikel logam pengelasan merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Percikan logam dapat menyebabkan kebutaan pada mata.

Jenis kacamata seperti ini biasanya memiliki model yang rapat menutupi mata. Pada tipe ini ada fitur yang tahan percikan logam pengelasan dan memiliki jenis lensa yang gelap untuk mencegah silaunya pemandangan.

Fitur lainnya adalah antikabut supaya penggunanya tidak terpengaruh dengan cuaca panas, yang biasanya menyebabkan keringat saat bekerja.

Jenis kacamata dari Uvex ini memiliki fitur antiradiasi yang cukup bagus untuk perlindungan mata. Model pengikat di kepala yang kokoh sehingga aman Anda gunakan untuk aktivitas gerak ke sana ke mari saat bekerja.

4. Kacamata Google di Lapangan

Buat Anda yang memiliki aktivitas suka berkendara, beraktivitas di luar seperti melakukan penelitian, atau hanya sekadar main game berlama-lama dengan kondisi mata yang tetap aman dan tidak perih, jenis kacamata ini bisa Anda pakai.

Fitur utamanya antiradiasi, antikabut, nyaman pada pemakaian, pengikat yang kokoh, desain yang sporty dan tahan percikan. Anda bisa beraktivitas seharian dengan mata yang terlindungi menggunakan jenis kacamata ini.

Produk kacamata google Uvex memiliki kualitas terbaik untuk perlindungan mata dalam berbagai suasana. Anda bisa menggunakan untuk aktivitas di dalam maupun luar ruangan dengan risiko keselamatan penglihatan.

Anak-anak remaja yang gemar bermain game dalam rentang waktu cukup lama juga penting menggunakan kacamata sejenis. Lindungi mata dari efek radiasi yang lama dan tajam.

5. Kacamata Google Transparan

Model kacamata safety yang satu ini menggunakan lensa yang bersih dan transparan. Mungkin Anda kurang suka dengan warna lensa gelap, jenis kacamata ini bisa Anda jadikan pilihan.

Fiturnya pun cukup lengkap, mulai dari antigores, antiradiasi, antikabut, dengan model tali pengikat yang kokoh di bagian belakang. Anda bisa menggunakannya untuk aktivitas kerja maupun santai di dalam dan luar ruangan.

Bukan hanya untuk pekerjaan, Anda yang ingin sekadar aman mengetik atau bermain smartphone dalam rentang waktu yang lama pun bisa menggunakan jenis kacamata google seperti ini.

Cara Tepat Memilih Kacamata Google untuk Pemakaian

Bagaimana Cara Memilih Kacamata Google yang Tepat? Simak Panduan Berikut-duniawanita
Photo by Uvex

Setelah Anda mengenali setiap jenis kacamata google sesuai dengan fiturnya, maka Anda juga perlu memperhatikan panduan kacamata google dalam hal pemakaian. Apa saja hal yang penting Anda perhatikan?

  • Pilihlah kacamata google sesuai dengan pekerjaan Anda. Sesuaikan fiturnya dengan risiko keselamatan kerja Anda.
  • Usahakan memilih tali pengikat yang kokoh dan pas di kepala. Terlebih jika pekerjaan Anda banyak bergerak ke sana ke mari, agar kacamata tetap kokoh melekat di mata.
  • Pastikan kacamata yang Anda pilih memiliki fitur antikabut. Fitur ini sangat penting mengingat jika Anda berkeringat maka tanpa fitur ini kacamata akan sangat mengganggu. Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal.
  • Menggunakan kacamata safety saja tidak cukup, padukan penggunaan kacamata google Anda dengan alat keselamatan diri lainnya seperti sarung tangan, pakaian safety, helm atau sepatu pelindung.
  • Jenis kacamata google dengan model lensa gelap sebaiknya Anda gunakan untuk pekerjaan dengan tingkat pantulan cahaya yang kuat, seperti pengelasan atau aktivitas berkendara di jalanan.
  • Bagi Anda para gamers juga bisa menggunakan jenis kacamata google untuk keselamatan mata. Pilih yang memiliki fitur antiradiasi dan lensa jernih.
  • Kacamata keselamatan google ini bisa juga Anda gunakan untuk tampilan bergaya di lapangan. Pekerjaan di lapangan yang mengharuskan Anda menggunakan jenis kacamata ini tak jadi soal karena saat ini model dan desainnya cukup
  • Berapa lama usia maksimal lensa kacamata yang Anda pilih bisa Anda tanyakan kepada pihak produsen. Jika lensanya sudah bermasalah, pastikan Anda segera menggantinya. Konsultasikan kepada produsen apakah bisa ganti lensa atau harus membeli kacamata baru.
  • Perhatikan jenis kacamata safety yang akan Anda beli, apakah jenis glasses atau memang Secara sederhana tampilannya berbeda dari segi desain. Pada kacamata google lebih tertutup dengan lensa yang sedikit tebal. Biasanya lengkap dengan pengikat di bagian belakang. Jangan salah memilih antara glasses dan googles.

Perawatan dan pembersihan setiap kacamata harus Anda lakukan sesuai aturan dan panduan dari pihak produsen. Bagaimana cara membersihkannya, cairan yang bisa Anda gunakan, proses penyimpanannya bagaimana serta aturan pakainya seperti apa. Anda juga perlu mengikuti aturan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak produsen.

Kesimpulan

Penggunaan kacamata safety google merupakan upaya untuk melindungi mata dari risiko kecelakaan, kecacatan permanen akibat aktivitas kerja yang memiliki risiko keselamatan.

Berbagai fitur kacamata ini secara khusus hadir untuk menjawab kebutuhan dunia kerja. Fitur anti zat kimia, antiradiasi, antikabut, antigores, antipercikan, dan sebagainya bisa Anda sesuaikan dengan lingkungan kerja Anda.

Tips memilih kacamata google yang terbaik adalah Anda harus tahu apa fiturnya dan apakah sesuai dengan risiko pekerjaan Anda atau tidak.

Setiap kacamata safety tentu saja bagus dengan fiturnya masing-masing, sesuaikan kebutuhan Anda dengan penggunaannya.

Jangan lupa memastikan kondisi kacamata selalu aman saat mulai bekerja, fiturnya masih berfungsi dan nyaman melekat di kepala Anda dengan pengikat yang kokoh.

Perawatan jenis kacamata ini juga harus mengacu pada ketentuan dari pihak produsen. Produsen Uvex misalnya memiliki produk kacamata goggle dengan spesifikasi terbaik dan aturan perawatan yang sudah tercantum untuk memastikan produk tersebut bisa Anda gunakan dalam jangka panjang.

Investasikan keselamatan kerja Anda dengan menggunakan kacamata pelindung. Mata adalah modal Anda untuk bekerja. Saat penglihatan Anda sudah cacat atau terganggu, Anda tak akan mendapatkan kepercayaan lagi untuk bekerja. Menjaga mata adalah cara Anda menjaga diri dan usia kerja yang lebih lama.

Menggunakan kacamata goggle saat bekerja, terutama jika pekerjaan Anda memiliki faktor risiko yang tinggi adalah investasi Anda. Jaga dan lindungi diri Anda selalu dari risiko kecelakaan saat bekerja.

 

Baca Juga: 13 Daftar Rest Area Terdekat Jalur Semarang – Jakarta untuk Istirahat Berdasarkan Tipenya

 

kacamata pelindung | masker n95 | helm proyek | kacamata pengaman | sarung tangan kerja | sepatu karet | safety respirator | sarung tangan safety | kacamata safety | safety glasses | safety helmet | ear muff | penutup telinga | harga sepatu safety | safety gloves | safety shoes | alat perlindungan diri | baju safety | pelindung mata | masker safety | earmuff safety | kacamata las | sepatu safety | earplug | faceshield | sepatu boots | sarung tangan karet | kacamata google | pelindung wajah | masker respirator

 

UVEX SAFETY SINGAPORE PTE LTD

Representative Office Indonesia

Pondok Indah Office Tower 3, 17th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda, Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta 12310, INDONESIA

T: +62 811 868 8887

E: [email protected]

I: uvex-safety.co.id/id

 

1. Apa yang dimaksud kacamata google?

Kacamata google merupakan salah satu jenis kacamata yang memiliki fungsi sebagai alat pelindung diri (APD) bagi si pemakai.

2. Apa saja jenis kacamata google?

Ada 5 jenis kacamata google yang pertama yaitu kacamata google pelindung radiasi, kacamata anti bahan kimia, kacamata google anti percikan las, kacamata google transparan, dan yang terakhir ada kacamata google dilapangan.

3. Apa pentingnya menggunakan kacamata google?

Menggunakan kacamata google adalah bagian dari cara Anda melindungi diri dan mensyukuri nikmat Tuhan. Lebih dari 50 persen keindahan hidup ini ada pada pandangan. Saat mata Anda mengalami kebutaan, hilanglah semua nikmat hidup di dunia. Oleh karena itu, investasikan keselamatan dan pekerjaan Anda untuk jangka panjang dengan menggunakan alat pelindung diri kacamata google.

- A word from our sposor -

Bagaimana Cara Memilih Kacamata Google yang Tepat? Simak Panduan Berikut! 1

Bagaimana Cara Memilih Kacamata Google yang Tepat? Simak Panduan Berikut!

\