Melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya adalah impian semua orang, apalagi melanjutkan pendidikan ke perguruan yang lebih tinggi. Sebab, hal ini dianggap bisa meningkatkan kualitas dan potensi diri untuk karir yang lebih cerah.

Namun terkadang, kendala biaya menjadi penghalang dan bahan pertimbangan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi.

Meski begitu, tidak usah terlalu khawatir, karena Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyediakan program pembiayaan pendidikan untuk membantu calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan Magister dan Doktor, yakni melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tujuan dari beasiswa LPDP adalah untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia menjadi berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan, serta diharapkan mampu memberikan efek baik bagi masyarakat luas dan bangsa di masa depan yang akan datang.

Jenis atau Kategori Program Beasiswa LPDP

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan untuk segera membuka pendaftaran program beasiswa LPDP 2023 secara resmi di Indonesia.

Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk mendaftar, tak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan diri dan memahami segala informasi terkait beasiswa LPDP 2023, ya!

Beasiswa LPDP sendiri terdiri dari berbagai macam program yang bisa dilihat sebagai kategori tentang siapa saja yang bisa menerima beasiswa ini. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut:

1. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa LPDP kategori Afirmasi terdiri dari Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera

2. Beasiswa Reguler

Beasiswa LPDP kategori Reguler merupakan beasiswa yang terbuka untuk umum, meliputi Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Co-funding

3. Beasiswa Targeted

Beasiswa LPDP kategori Targeted adalah beasiswa yang diperuntukkan sebagai Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan.

Syarat untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP 2023 Segera Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya-duniawanita

Photo by Green Chameleon on Unsplash

Secara umum, beasiswa LPDP sebagai program bergengsi dari pemerintah tentu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar, terutama jika Anda ingin berhasil lolos dan mendapatkan beasiswanya.

Adapun beberapa syarat LPDP 2023 yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Telah menyelesaikan studi program sarjana atau program magister dari:

  • Perguruan Tinggi di dalam negeri yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), atau
  • Perguruan Tinggi kedinasan dalam negeri, atau
  • Perguruan Tinggi di luar negeri yang telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

3. Memiliki karakter berjiwa kepemimpinan, profesionalisme, nasionalisme, patriotisme, integritas, memiliki kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian, kematangan dalam mengelola emosi, dan kemampuan beradaptasi;

4. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan / keilmuan / inovasi / kreasi / budaya;

5. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar:

  • Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi;
  • Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa dari sumber lain;
  • Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
  • Tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar kode etik Akademik;
  • Siap mengabdi untuk kepentingan bangsa Indonesia;
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP;
  • Memberikan data dan dokumen yang benar, sesuai dokumen asli serta bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku

6. Telah mendapatkan izin dari atasan khususnya bagi pelamar yang sedang bekerja;

7. Melampirkan surat keterangan berbadan sehat dan bebas narkoba untuk pelamar tujuan dalam negeri serta luar negeri. Selain itu, pelamar tujuan ke luar negeri ditambah juga dengan surat keterangan bebas TBC yang dinyatakan oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah;

8. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja, atau rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja;

9. Memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan yang menjadi sasaran LPDP;

10. Memilih program studi dan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP;

11. Menulis esai sebanyak 500 sampai 700 kata dengan tema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”.

Esai ini memiliki ketentuan apabila terdapat pemalsuan data atau dokumen maka pendaftar dinyatakan gugur dan tidak berhak mendaftar lagi di LPDP;

12. Menyerahkan Surat Kelakuan Baik / Suat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dibawa pada waktu seleksi wawancara.

Persiapan Mendaftar Beasiswa LPDP 2023

Beasiswa LPDP 2023 Segera Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya-duniawanita

Photo by Caleb Woods on Unsplash

Memiliki persaingan yang cukup ketat, tentu Anda perlu melakukan rangkaian persiapan matang sebelum benar-benar mendaftar beasiswa LPDP 2023. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Pahami Tujuan Ingin Mendaftar Beasiswa LPDP

Hal pertama yang harus dilakukan ketika berencana untuk mendaftar beasiswa adalah mengetahui apa tujuan mengambil beasiswa ini. Karena dengan adanya tujuan yang jelas, di setiap langkahnya akan lebih jelas dan terarah, sehingga tidak akan salah dalam memilih jurusan atau kampus.

2. Perluas Mencari Informasi Beasiswa dan Kampus Tujuan

Sebagai pendaftar beasiswa LPDP, sudah seharusnya Anda mencari tahu banyak informasi mengenai beasiswa dan kampus yang telah menjadi tujuan dari jauh-jauh hari.

Jangan sampai Anda ketinggalan informasi penting dari beasiswa dan kampus tersebut. Anda bisa mencari tahu berbagai informasi melalui internet, alumni penerima beasiswa, dan alumni kampus tujuan.

3. Mengikuti Kelas Penunjang Pendaftaran Beasiswa

Mengikuti pelajaran tambahan menjadi solusi yang tepat agar Anda bisa mengubah kekurangan menjadi kelebihan, sehingga Anda juga akan bisa meningkatkan kemampuan, lalu menjadi lebih siap untuk mendaftar hingga mengikuti seleksi beasiswa LPDP 2023.

4. Tentukan Minimal 3 Kampus Tujuan

Jika Anda mendaftar beasiswa LPDP 2023 untuk melanjutkan studi ke dalam maupun luar negeri, maka pilihlah minimal tiga kampus. Sebab bagaimanapun, Anda harus membuat rencana cadangan jika ternyata rencana yang pertama gagal.

Jangan sampai Anda hanya memilih satu kampus saja, karena ketika Anda ditolak di kampus tersebut, bisa jadi beasiswa yang Anda terima justru akan hangus.

Baca Juga: 7 Cara Jitu untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

 

1. Apa saja syarat mendaftar beasiswa LPDP 2023?

Untuk mendaftar beasiswa LPDP 2023, ada beberapa syarat utamanya, antara lain: Warga Negara Indonesia, telah menyelesaikan program sarjana atau magister, serta mengikuti seluruh rangkaian seleksi.

2. Siapa saja yang berhak menerima beasiswa LPDP?

Setiap WNI yang sesuai dengan persyaratan dan ketentuan berhak menjadi penerima beasiswa LPDP bila telah lolos seleksi berdasarkan kategori beasiswa yang ada.

3. Kapan beasiswa LPDP 2023 akan dibuka?

Bila mengikuti estimasi dan rangkaian beasiswa LPDP di tahun sebelumnya, maka beasiswa LPDP 2023 akan mulai dibuka pada bulan Februari mendatang.

- A word from our sposor -

Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya! 1

Beasiswa LPDP Segera Dibuka, Catat Syarat dan Ketentuannya!

\