LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pada sebagian pasangan, kehamilan bisa datang dengan mudah. Sementara itu, ada sebagian pasangan lainnya yang membutuh usaha lebih banyak untuk bisa hamil. Program hamil dapat dilakukan sebagai upaya agar pasangan mendapatkan keturunan.

Tak perlu menunggu bertahun-tahun untuk mulai melakukan program hamil. Bahkan, pasangan muda yang baru menikah beberapa bulan juga bisa melakukan program hamil jika memang menginginkan segera punya anak.

Program hamil adalah sederet upaya yang dilakukan pasangan untuk mempercepat terjadinya proses kehamilan. Program hamil bisa dilakukan secara alami maupun secara buatan dengan mengandalkan teknologi. Untuk memperbanyak informasi Anda mengenai program hamil untuk pasangan muda, artikel ini akan membahas panduan menjalankan program hamil yang tepat

Tata Cara Program Hamil yang Tepat

Tata Cara Program Hamil yang Tepat - Duniawanita

Berikut ini menjelaskan tentang tata cara program hamil yang tepat :

1. Hentikan KB dan Kontrasepsi Lainnya

Berhentilah menggunakan kontrasepsi, seperti kondom, suntik KB, pil KB, spiral atau implan, beberapa bulan sebelum suami Anda dan suami Anda memulai program hamil.

Pada wanita yang telah mengkonsumsi kontrasepsi oral untuk waktu yang lama, tubuh dapat memakan waktu beberapa kali siklus menstruasi untuk memulai ovulasi secara teratur dan siap hamil.

2. Deteksi Kesuburan

Ketahui periode subur atau periode ovulasi dan berhubungan intim akhir-akhir ini dapat meningkatkan kemungkinan hamil. Ovulasi berlangsung sekitar 14 hari sebelum menstruasi. Sebagai alat pengenalan periode subur, Anda dapat menggunakan alat peramalan ovulasi atau metode suhu basal.

3. Tingkatkan Frekuensi Hubungan Intim

Sperma dapat bertahan hidup di rahim dan telur hijau selama 2-3 hari, sedangkan telur hanya dapat bertahan selama 12 hingga 24 jam. Memiliki hubungan seksual 2-3 hari sebelum ovulasi Anda, Anda akan memperluas kesempatan untuk hamil.

Berikut adalah cara yang dapat dilalui:

  • Melakukan hubungan intim beberapa kali seminggu, segera setelah Anda berhenti mengalami menstruasi.
  • Melakukan hubungan intim setiap 2 hari, mulai sekitar hari ke 10 setelah akhir menstruasi.

Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan Bersama Dengan Pasangan

Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan Bersama Dengan Pasangan - Duniawanita

Berikut ini beberapa tips atau cara agar cepat hamil yang bisa Anda lakukan jika sedang melakukan program hamil :

1. Hentikan Penggunaan Alat Kontrasepsi

Jika sebelumnya Anda menggunakan kontrasepsi, Anda harus segera menghapus kontrasepsi sebagai cara untuk hamil dengan cepat.

Namun, beberapa kontrasepsi membutuhkan waktu beberapa saat sehingga terjadi kehamilan.

Misalnya, hentikan injeksi depo-provera yang mengandung progesteron hormonal sekitar 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

2. Periksa Status Kesehatan ke Dokter

Sebelum memulai program hamil, lakukan kontrol kesehatan ke dokter adalah salah satu langkah penting untuk dilakukan. Memeriksa kesehatan dan melakukan tes kesuburan sangat berguna untuk memastikan Anda dan pasangan Anda juga sehat dan dapat segera memulai program hamil.

Jika Anda dan pasangan memiliki masalah yang mencegah program hamil, ini dapat ditangani lebih awal. Ingatlah bahwa masalah yang diketahui lebih cepat, maka dokter dapat lebih cepat juga mengobati kondisi Anda. Jangan lupa tanyakan kepada dokter tentang obat penyubur kandungan yang aman untuk dikonsumsi selama program hamil.

3. Mengetahui Kapan Terjadi Masa Subur

Salah satu tips atau cara cepat hamil lainnya adalah mengetahui kapan periode subur Anda. Periode subur adalah periode ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan telur. Periode subur biasanya terjadi beberapa hari setelah menstruasi, tergantung pada siklus menstruasi Anda. Tanpa mengetahui periode subur, Anda akan lebih sulit untuk hamil, bahkan jika Anda sering melakukan hubungan intim.

Oleh karena itu, ketika program hamil Anda harus tahu kapan telur dilepaskan dalam tubuh wanita. Hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa pelepasan telur biasanya terjadi sebulan sekali dan periode subur hanya terjadi selama beberapa hari. Oleh karena itu, akan lebih baik jika tidak melewatkan kesempatan ini sebagai cara cepat untuk hamil setelah menstruasi.

Jika Anda benar-benar ingin hamil dengan cepat atau dalam program kehamilan, berhubungan intim dengan pasangan selama periode subur adalah cara terbaik. Agar lebih spesifik, gunakan kalkulator masa subur ini untuk menghitung periode subur. Perlu diingat selain periode subur, perempuan juga memiliki batas usia untuk kehamilan yang dapat mempengaruhi kesuburan. Artinya, semakin tua usia Anda, semakin kecil juga kesempatan untuk hamil.

4. Berhubungan Intim Secara Teratur

Melakukan hubungan intim yang dilakukan secara teratur pada waktu-waktu tertentu adalah cara atau tips tentang kehamilan dengan cepat secara alami. Meskipun sebagian besar pasangan melakukannya sebelum tidur, beberapa ahli mengatakan bahwa produksi sperma terbaik ada di pagi hari.

Karena itu, tidak menyakiti Anda untuk berhubungan seks di pagi hari ketika promil. Selain waktu, Anda mungkin pernah mendengar beberapa posisi berhubungan intim untuk hamil dengan cepat. Ketika promil berjalan, Anda bisa mencoba posisi intim tertentu sebagai variasi.

Hal terpenting seperti saran kehamilan cepat adalah menemukan posisi yang paling praktis saat berhubungan intim dengan pasangan Anda. Pada dasarnya, semua posisi intim bisa menjadi cara yang baik untuk hamil dengan cepat, asalkan mereka melakukannya pada waktu yang tepat.

5. Jaga Kualitas dan Kuantitas Sperma Pria

Sperma dapat membuahi telur wanita dalam kualitas, kuat dan memiliki banyak.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma untuk hamil dengan cepat, yaitu:

  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Pertahankan berat badan normal
  • Cukupi kebutuhan nutrisi
  • Jangan berendam air panas

6. Kelola Stres

Jika Anda berada dalam program hamil, Anda seharusnya tidak terlalu stres. Kondisi ini dapat mengganggu ovulasi (pelepasan telur), dan mengganggu program hamil.

Sebagai cara cepat untuk hamil, jalani program kehamilan dengan kasual dan nikmati berhubungan intim dengan pasangan. Sebaiknya, jangan terlalu banyak berpikir jika Anda berhasil hamil atau tidak karena dapat menyebabkan stres.

7. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Ketika Anda dan pasangan menjalani program hamil, hal yang dapat Anda lakukan adalah menjalani gaya hidup sehat. Konsumsi makanan penyubur kandungan serta olahraga teratur dapat menjadi sarana atau saran untuk menjadi kehamilan dengan cepat. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga dibuat sehingga nanti Anda mendapatkan kehamilan yang sehat.

Di samping cara-cara di atas, pasangan juga perlu memperhatikan frekuensi dan waktu yang tepat untuk berhubungan intim. Untuk meningkatkan peluang hamil, lakukan hubungan intim secara teratur, yakni 2-3 kali seminggu. Juga, lakukan hubungan intim di masa subur, yakni 2 hari sebelum hingga 3 hari setelah ovulasi. Ovulasi biasanya terjadi di tengah-tengah siklus atau kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya.

Agar program hamil sukses, diperlukan niat, komitmen, dan kesabaran yang besar. Tidak ada hasil yang instan. Kerap kali, Anda pun harus berhadapan dengan kegagalan. Akan tetapi ingat, bahwa Anda tidak sendiri, banyak pasangan lain yang juga mengalaminya. Yang pasti, lakukan program hamil bersama dokter yang berkompeten dan membuat Anda merasa nyaman.

Baca Juga : Hamil di Masa Pandemi Covid-19, Ini Imbauan Wagub Sulsel Bagi Jajaran Dinkes – FAJAR

Apa itu program hamil?

Program hamil adalah sederet upaya yang dilakukan pasangan untuk mempercepat terjadinya proses kehamilan. Program hamil bisa dilakukan secara alami maupun secara buatan dengan mengandalkan teknologi.

Sebutkan tata cara program hamil yang tepat

1. Hentikan KB dan Kontrasepsi Lainnya
2. Deteksi Kesuburan
3. Tingkatkan Frekuensi Hubungan Intim

Sebutkan cara untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma pria

1. Kurangi konsumsi alkohol
2. Berhenti merokok
3. Pertahankan berat badan normal
4. Cukupi kebutuhan nutrisi
5. Jangan berendam air panas

- A word from our sposor -

Cara Program Hamil yang Tepat untuk Mendapatkan Anak 1

Cara Program Hamil yang Tepat untuk Mendapatkan Anak

\