Ternyata Cheating Day Ketika Diet itu Penting, Yuk Cari Tahu Alasannya!

Bagi sebagian orang, konsisten dalam berkomitmen melakukan diet sangatlah sulit dan perlu banyak aturan yang tidak boleh dilanggar atau nantinya diet mereka akan gagal. Padahal, ada hari di mana pelaku diet bisa melakukan cheating day. Cheating day adalah hari yang cocok bagi para pelaku diet untuk makan apa pun yang mereka inginkan. Singkatnya, bisa didefinisikan sebagai hari libur diet. 

Pada dasarnya, cheating day adalah kesempatan untuk menghadiahi diri sendiri karena telah berusaha disiplin dengan rencana makan Anda. Dilansir dari Northwestern Medicine, cheating day memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang membuat tubuh membakar lemak lebih cepat. Ini disebabkan oleh meningkatnya leptin, sebuah hormon yang dikeluarkan dari lemak yang menjaga keseimbangan energi dalam tubuh.

Manfaat Cheating Day untuk Tubuh

Ternyata Cheating Day Ketika Diet itu Penting, Yuk Cari Tahu Alasannya!Photo by Louis Hansel on Unsplash

Seperti yang sudah disebtukan di atas, cheating day penting untuk memberikan hadiah karena disiplin terhadap program diet yang sedang dijalankan, di luar itu berikut adalah manfaat lain cheating day untuk tubuh.

1. Meningkatkan Metabolisme

Sedikit dijelaskan di atas, ketika cheat day, metabolisme tubuh Anda justru meningkat sehingga memungkinkan Anda membakar kalori lebih cepat. Hal ini karena peningkatan asupan kalori dapat meningkatkan kadar hormon leptin yang berfungsi sebagai hormon penjaga keseimbangan energi tubuh, hormon ini membantu membakar kalori.

2. Penuhi Kalori

Kebutuhan kalori harian untuk pria dewasa adalah 2650 kkal dan 2250 kkal untuk wanita dewasa. Sedangkan untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk mengurangi kalori harian sebanyak 500 kkal. Cheating day adalah cara yang baik untuk mengisi kembali kalori yamg terbakar saat berdiet. Menambah asupan kalori penting untuk menjaga tingkat energi tubuh. 

3. Membuat Tubuh Berenergi

Jika Anda merupakan pelaku diet ketat dalam jangka waktu yang lama, jumlah glikogen yang tersimpan di otot Anda bisa berkurang dan dapat berakibat nyeri pada area otot dan memengaruhi performa olahraga Anda. Cheating day dan mengonsumsi makanan yang mengandung karbo dapat membantu mengisi kembali glikogen dan membuat tubuh lebih berenergi.

4. Menjaga Keseimbangan Hormon

Diet rendah kalori juga bisa mengganggu keseimbangan hormon tubuh. Akibatnya, untuk para wanita terkadang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, rambut rontok, pusing, dan kelelahan. 

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan berkalori tinggi seminggu sekali dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh yang mengatur metabolisme dan produksi insulin.

5. Konsisten Menjaga Pola Makan

Cheating day juga bisa berguna untuk memberikan jeda kepada tubuh sejenak. Alasannya adalah Anda perlu memikirkan dan memperkirakan jumlah kalori dari semua makanan yang masuk ke tubuh Anda. 

Jadi masa istirahat ini seperti waktu untuk menyegarkan badan dan mempersiapkan diri ketika harus kembali ke diet ketat. Selain itu, ketika aturan hari ini ditetapkan pada jadwal reguler, Cheating day akan membantu Anda tetap mengikuti pola makan sehat harian Anda. 

Cheating Day yang Benar

Ternyata Cheating Day Ketika Diet itu Penting, Yuk Cari Tahu Alasannya!Photo by Louis Hansel on Unsplash

Lantas, bagaimanakah cara melakukan cheating day dengan benar? Berikut adalah serangkaian hal yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan cheating day.

1. Makan Makanan yang Sehat

Yang pertama dan paling wajib dilakukan untuk cheating day adalah makan makanan yang sehat dan bergizi, terutama makanan yang tinggi protein dan serat. Diet sehat tidak hanya penting sebagai bagian dari diet, tetapi setiap hari. 

Jadi saat cheating day, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat yang tinggi protein dan serat. Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan sekaligus menjaga bentuk tubuh, meski Anda membatasi kebiasaan makan.

2. Jadwalkan Makan di Siang Hari

Jadwalkan makan di siang hari. Alasannya adalah asupan saat cheating day biasanya makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. 

Kedua nutrisi ini penting saat Anda menjalani aktivitas sehari-hari sepanjang hari. Oleh karena itu, kalori dari makan siang di cheating day tidak disimpan sebagai lemak tetapi dibakar sebagai energi.

3. Perhatikan Porsi

Aturan lain yang sama pentingnya di cheating day adalah mengatur porsi makanan. Jadi, selama Anda boleh makan semua makanan, disarankan porsinya dibatasi dengan porsi kecil. Untuk porsi besar, jangan makan terlalu banyak sekaligus. Sebab akan lebih baik makan sedikit tapi sering daripada banyak sekaligus.

4. Konsultasi ke Ahli

Poin terakhir penting dilakukan jika Anda kerap menemui kebimbangan terhadap diet dan cheating day yang Anda jalankan. Ada banyak ahli atau nutrisionis yang siap membantu Anda di internet. Salah satunya adalah Sirka, Sirka adalah layanan kesehatan digital yang menyediakan layanan kesehatan dan produk nutrisi tenaga medis.

Sirka memberikan pelayanan kesehatan berupa: program, konseling dan pendampingan, dan produk nutrisi. Juga dapat memberikan solusi masalah berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan dan pencegahan penyakit kronis. 

Sirka mengambil pendekatan holistik untuk perjalanan kesehatan Anda. Mulai dari diet, olahraga, hingga manajemen stres. Sirka menggunakan teknologi untuk melacak kemajuan harian dalam kesehatan Anda.

Baca Lainnya: Investing Prospect: 1 of the Biggest Goat Milk Farm

Penutup

Cheating day memang diperlukan untuk memberikan efek yang baik terhadap usaha penurunan berat badan Anda. Namun, pastikan untuk selalu menjaga pola makan ketika cheating day demi keberhasilan program diet Anda.

Apa Saja Manfaat Cheating Day?

Ada lima manfaat besar dalam melakukan cheating day, yaitu: 1. Meningkatkan Metabolisme 2. Penuhi Kalori 3. Membuat Tubuh Berenergi 4. Menjaga Keseimbangan Hormon 5. Konsisten Menjaga Pola Makan

Apa yang dimaksud dengan Cheating Day?

Cheating day adalah kesempatan untuk menghadiahi diri sendiri karena telah berusaha disiplin dengan program diet Anda. Selama satu hari dalam seminggu Anda bebas memakan apa pun yang Anda inginkan.

Apa itu Sirka?

Sirka adalah layanan kesehatan digital yang menyediakan layanan kesehatan dan produk nutrisi tenaga medis. Sirka memberikan pelayanan kesehatan berupa: program, konseling dan pendampingan, dan produk nutrisi. Juga dapat memberikan solusi masalah berat badan, kesehatan wanita, masalah pencernaan dan pencegahan penyakit kronis.

Leave a Reply
You May Also Like

Mewariskan Lipstik Legendaris Dior dengan Pendekatan Masa Kini yang Lebih Ramah Lingkungan

Setiap koleksi yang dihadirkan selalu terisnpirasi dari Christian Dior. Kali ini, cita-citanya…

4 Fakta Menarik Komik Webtoon True Beauty yang Dibuat Versi Drakor

Suara.com – Jika Anda termasuk orang yang suka membaca Webtoon, pasti sudah…

Beli Eyelashes Sarita Beauty di Tokopedia Diskon Gede, Buruan…

Sarita Beauty mengadakan promo spesial untuk setiap pembelian eyelashes di Tokopedia. Foto:…

Ingin Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa, Begini Tips Guru Besar FKM Unhas – FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.…