Jangan Disepelekan, Konsumsi Jengkol Berlebihan Bisa Menyebabkan Gangguan Ginjal – FAJAR 1

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bagi Anda penyuka jengkol, bisa jadi ini kabar baik. Sebab, jengkol dikabarkan bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes. Benarkah? Menanggapi hal tersebut, dr. Reza Fahlevi menegaskan hingga saat ini belum ada bukti kuat soal manfaat jengkol untuk penderita diabetes.

“Hanya saja, di dalam jengkol ada antioksidan dan kandungan zat tertentu yang bisa membantu gula darah. Namun, penelitian baru sebatas pada hewan,” kata dr. Reza.

“Untuk penelitian pada manusia belum ada. Artinya, jengkol untuk diabetes belum bisa direkomendasikan,” lanjutnya. Penelitian yang menguji manfaat jengkol untuk diabetes dengan subjek hewan itu pernah dilakukan di Universitas Putra Malaysia. Penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of the Science of Food and Agriculture itu melakukan uji coba pada tikus normal dan tikus diabetes.

Hewan uji coba diinduksi STZ atau streptozotocin (zat antineoplastik beracun bagi sel beta pankreas). Perlu Anda tahu, sel beta pankreas merupakan sel tubuh yang berfungsi memproduksi hormon insulin. Tubuh akan mengalami diabetes ketika sel beta pankreas mengalami kerusakan.

Selama beberapa pekan, tikus diabetes dan tikus normal diberikan jengkol secara oral.

Hasilnya, kadar glukosa darah tikus diabetes berkurang secara signifikan setelah 12 pekan konsumsi jengkol. Penelitian juga menemukan jengkol meningkatkan nafsu makan, berat badan, serta pulau Langerhans (kumpulan sel berbentuk ovoid yang tersebar di seluruh pankreas) pada tikus diabetes dan tikus normal setelah pekan ke-15.


Kredit: Tautan sumber

Leave a Reply
You May Also Like

Air Rebusan Daun Jambu Biji Ampuh Mengobati Penyakit Ini – FAJAR

Senin, 9 Agustus 2021 15:35 daun jambu biji. foto: shutterstock FAJAR.CO.ID —…

Dokter Sebut Covid-19 Penyakit ‘Penipu Ulung’ – FAJAR

Ilustrasi pasien Covid-19 tengah dirawat petugas medis (AFP) FAJAR.CO.ID — Sampai saat…

Ampas Teh Celup Bisa Hilangkan Kantung Mata hingga Buat Awet Muda – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mengakhiri hari Anda dengan secangkir teh hangat yang menenangkan…

Bayi Rawan Terpapar Covid-19 – FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (8/10) melaporkan, bahwa hampir…