Bagikan Artikel Ini:
88 / 100 SEO Score

Nama Bayi Perempuan Islami –

Berikut Tata Cara Memberi Nama Bayi Perempuan Islami Beserta Artinya

Islam adalah agama yang paling sempurna karena sudah mengatur segala kebutuhan bagi umatnya dengan cara yang sangat baik, bahkan islam bukan agama yang memberatkan ataupun merugikan. Karena, faktanya agama islam bertujuan untuk mengatur manusia supaya bisa dijalan yang benar, dijalan yang diridhoi Allah SWT. Jadi segala ketentuannya sudah ditata dengan baik tanpa membuat bingung.

Bahkan islam mengatur segala aspek kehidupan manusia dari hal yang paling kecil hingga yang paling besar sekalipun. Misalnya saja pemberian nama anak perempuan yang wajib diberikan ketika sang buah hati lahir ke dunia. Nah, untuk anda yang penasaran mengenai nama-nama yang baik untuk anak perempuan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Nama Bayi Perempuan Yang Islami

Apakah anda sering mendengar dengan istilah nama adalah cerminan dari diri ? jika iya itu adalah fakta yang sebenarnya. Jadi, setiap orang tua yang mempunyai buah hati wajib memberikan nama dan memiliki arti yang baik, karena nama juga bagian dari doa. sayangnya masih banyak saja para orang tua yang mengalami kesulitan untuk memberikan nama untuk anak perempuan nya.

Nama Bayi Perempuan Islami

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Anda tidak perlu khawatir karena islam memberikan pilihan nama-nama anak perempuan islami yang di dalamnya tersirat makna yang sangat dalam. Karena pemberian nama terselip sebuah doa dan harapan yang akan dibawa oleh anak sampai mereka tumbuh dewasa dan sampai menua.
Tak terlebih pemilihan nama untuk anak perempuan yang dikenal dengan dengan lemah lembut serta gemulai sangat kontras jika anda bandingkan dengan anak laki-laki. Hal inilah yang menjadikan para orang tua menjadi bingung menentukan pemilihan nama yang sesuai dengan sang buah hati.

 

Berikut Tata Cara Pemberian Nama Anak Yang Baik Menurut Agama Islam

Berikut Tata Cara Pemberian Nama Anak Yang Baik Menurut Agama Islam - Nama Bayi Perempuan Islami

Photo by Tara Raye on Unsplash

  • Memilih Nama Yang Baik Yang Didalamnya Terdapat Arti Maupun Panggilan

Ketika anda ingin memberikan nama kepada sang buah hati tentunya anda ingin memberikannya sebuah nama yang cantik dan di dalamnya terdapat arti yang baik. Karena di dalam islam mengajarkan para orang tua untuk memberikan sebuah nama yang benar dan baik.
Jadi anda para orang tua jangan sembarangan ketika ingin memberikan nama kepada sang buah hati ya, karena dalam islam sudah menggambarkan secara gamblang mengenai tata cara dan aturan yang mudah untuk anda pahami, hal tersebut tentunya dengan tujuan supaya para orang tua tidak salah ketika memberikan anak dengan sebuah nama.

Banyak orang yang masih awam dalam ilmu agama ketika ia mempunyai anak, mereka memberikan nama anak mereka sesuai dengan nama yang saat ini tengah populer padahal mereka tidak tahu apa makna yang terkandung di dalam sebuah nama yang diberikan. Padahal nama bisa mempengaruhi bagaimana kehidupan anak kelak. Jadi sangat dianjurkan untuk anda para orang tua memberikan nama anak yang memiliki makna yang indah dan bagus.

Pemberian nama, anda bisa mengambil dari nama-nama nabi maupun Rasul, anda juga bisa mengambil dari istri nabi dan Rasulullah SAW. Bahkan yang lebih memudahkan anda dalam pemberian nama, anda bisa mengambil dari nama anak-anak nabi dan Rasul yang mempunyai makna bagus. Seperti yang kita ketahui jika nama-nama yang berasal dari beliau tentunya nama yang digunakan sangat indah, dengan begitu para orang tua mempunyai harapan jika kelak sang anak tumbuh dewasa mereka bisa memiliki sifat dan perilaku yang sesuai dengan arti nama yang mereka sematkan untuk nama sang buah hati.

Anda juga bisa mengambil nama-nama anak perempuan islami yang bagus dari sifat-sifat Allah dan Asmaul husna. Ini tentunya dengan tujuan supaya kita selalu ingat dan lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta. Seperti yang kita ketahui jika asmaul husna memiliki makna yang baik, ini juga sudah tercantum dalam firman Allah dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 180.
Dalam ayat tersebut sangat jelas makna yang terkandung jika Allah SWT, ia memiliki nama Asmaul Husna yang berarti nama-nama baik dari Allah, jadi anda para orang tua tidak perlu lagi untuk menggunakan nama baik dari Allah ini, karena kebaikan akan datang pada anak anda kelak jika ia tumbuh dewasa.

Untuk para orang tua yang ingin memberikan nama kepada anaknya, sebaiknya anda jangan menggunakan nama yang dilarang dalam agama islam. Contohnya saja anda memberikan nama anak anda dengan nama “Firaun, Al-Lat, Uzza dan nama-nama lainnya yang mengandung arti buruk. Seperti yang kita ketahui nama-nama tersebut adalah nama dari seseorang yang memiliki akhlak yang buruk, jadi haram untuk umat islam menggunakannya.

Selain itu ada juga makna lain yang diharamkan yaitu sebuah nama yang di dalamnya terdapat nama memuji (tazkiyyah), karena maknanya yang berarti memuji diri sendiri ataupun kedustaan maka sangat dilarang untuk para orang tua memberikan nama ini untuk buah hati anda. bahkan Rasulullah SAW bersabda jika nama yang paling dibenci olah Allah adalah orang yang memiliki nama Malakul Amlak atau yang berarti rajanya raja.

Jadi, sudah jelas jika Islam melarang bagi umatnya memberikan nama yang buruk pada anaknya, hak ini dikarenakan Rasulullah SAW, beliau sudah merubah dari nama yang awalnya mempunyai makna buruk menjadi nama-nama yang bermakna baik. Seperti yang sudah diriwayatkan dalam hadits tersebut.

  • Memberikan Nama Pada Waktu Yang Baik

Sebagai umat islam anda harus tahu jika saat anda memberikan nama anak perempuan dan artinya adalah pada saat anak tersebut lahir ke dunia. Dari Anas Bin Malik, Rasulullah bersabda dalam sebuah malam lahirlah anak yang diberi nama seperti ayahnya yaitu Ibrahim (HR. Muslim)
Dari sumber hadits tersebut dapat kita tarik kesimpulan jika para sahabat Rasulullah telah memberikan nama anak mereka setelah mereka lahir ke dunia. Menurut Rasulullah sebenarnya ada 3 waktu yang baik untuk memberikan anak sebuah nama. Yang pertama pada saat hari lahirnya, yang kedua anda bisa memberikan nama pada hari ketiga dan ketujuh, dan yang terakhir anda bisa memberikan nama pada hari ketujuh setelah kelahiran.

  • Pemberian Nama Menurut Nasab Anak Adalah Hak Ayah

Suami dalam islam adalah seorang imam dan juga pemimpin keluarga, hal inilah yang membuktikan jika ayah mempunyai peran yang sangat penting. Hal tersebut juga tak luput saat pemberian nama anak, sang ayah dianjurkan untuk memberikan nama yang baik dan indah. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan nama anak yang buruk karena itu adalah sebagian doa yang anda berikan kepada sang buah hati.

Dalam agama islam, masalah untuk merdeka ataupun budak mereka harus mengikuti ibunya, tetapi jika bicara soal pemberian nama anak dan nasab mereka diwajibkan untuk mengikuti ayahnya. Begitupun mengenai pemberian nama anak. Karena ayah sangat berhak atas nasab anaknya. Hal inilah yang membuat anak dipanggil dengan nama sang ayah. Contohnya saja fulan bin fulan bukan nama yang diambil dari nama sang ibu yaitu fulan bin fulanah. Ini juga dicantumkan dalam Al Qur’an surat Al-Ahzab.

Oleh karena itu, anda para orang tua diwajibkan untuk memberikan nama untuk sang anak yang mengandung makna yang indah dan baik, hal tersebut bisa dilihat dari panggilannya, karena nama dalam islam juga mempunyai makna sebuah doa. Jadi sebagai seorang mukmin kita harus mematuhi sumber syariat islam dan dasar hukum yang berlaku.

Jangan pernah mencoba untuk mengubah sesuatu yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Jadi, anda tidak perlu mengikuti arus perkembangan zaman untuk menamai anak anda. jika nama dalam islam saja sudah banyak dan bagus kenapa anda harus mengikuti pola hidup kebarat-baratan.

 

Tips Memberikan Nama Anak Perempuan Yang Baik

NAMA BAYI PEREMPUAN ISLAMI BESERTA ARTINYA - Nama Bayi Perempuan Islami

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Jika bicara soal nama tentunya ada banyak sekali nama yang bagus dan indah, di dalam Al Qur’an juga terdapat banyak inspirasi nama yang bisa anda gunakan. Jadi jangan merasa memberikan nama untuk anak menjadi kendala. Anda juga bisa mencari banyak referensi nama-nama yang bagus yang mengandung arti nama anak perempuan.

Tips pertama supaya anda tidak kesulitan menyiapkan nama untuk anda perempuan, anda harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari. pilihlah nama yang mengandung makna yang bagus dan baik. Siapkan beberapa nama paling tidak anda mempunyai tiga nama yang bisa anda pilih. namun, jika anda sebelumnya tidak mengetahui jenis kelamin anak anda ketika masih di dalam kandungan anda bisa menyiapkan nama dengan dua jenis kelamin yang berbeda.

Jadi, setidaknya anda sudah mempunyai persiapan yang matang untuk memberikan nama untuk anak anda. sebagai orang islam tentunya anda ingin menggunakan nama yang islami, sebenarnya banyak sumber yang bisa anda jadikan sebagai acuan untuk mencari nama terbaik.
Jika anda tidak sempat mencari nama dari buku, anda bisa mencari sebuah nama anak perempuan dan arti dari internet. Di dalam sana ada banyak sekali referensi nama yang cantik dan maknanya pun juga sangat indah. Pilihlah sesuai dengan keinginan anda.

Contoh Nama Dalam Islam

  • Nama anak perempuan yang pertama yang sesuai dengan nama islam anda bisa memilih dengan nama Abidah Khairyiah yang mempunyai makna anak perempuan yang memiliki sifat baik, serta rajin menjalankan ibadah
  • Nama yang kedua adalah Afifa Fitria, yang berarti anak perempuan yang suci dan memiliki harga diri
  • Afifah khairunnisa adalah salah satu nama dalam islam yang paling banyak digunakan karena terkandung makna sebaik-baik perempuan adalah seseorang yang hatinya lembut, jadi jika nada ingin maka anda memiliki hati yang lembut anda bisa menggunakan nama indah dan baik ini.
  • Afnan zakia. Yang berarti adalah sosok perempuan yang cerdas bagaikan pohon yang sedang berbuah
  • Aidah farihah, juga nama yang indah yang bisa anda berikan untuk sang buah hati, di dalam nama tersebut mengandung sebuah arti yaitu perempuan yang bahagia dan bergembira saat merayakan hari raya.

 

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai nama nama bayi perempuan dan artinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang saat ini sedang bingung mencari nama yang indah dan baik untuk sang buah hati yang lahir ke dunia. Pilihlah nama yang mengandung nama islami dan terselip makna yang baik.

 

Sponsor Tag :

Jual perlengkapan bayi , Peralatan baby , Toko bayi , Jual baju anak , Toko baby murah , Toko baju anak , Toko baby shop , Baju anak bayi , Jual stroller murah , Perlengkapan bayi murah