Keberadaan rest area memiliki peran penting dalam sebuah perjalanan. Terutama jika menempuh rute yang cukup jauh, hingga 400-an kilometer, seperti pada perjalanan Semarang ke Jakarta. Lantas, dimana saja rest area terdekat sepanjang tol Semarang Jakarta?

Tentu saja, lokasi tempat istirahat di jalur tol perlu Anda ketahui dengan baik, karena bisa menjadi acuan dalam merencanakan rute. Dengan mengetahuinya, tentu bisa menentukan di mana akan beristirahat sejenak, sebelum kemudian melanjutkan kembali perjalanan.

Memang pengemudi kendaraan jarak jauh perlu merencanakan istirahatnya. Misalnya di salah satu rest area terdekat. Meskipun terasa masih kuat, meneruskan perjalanan tanpa beristirahat bisa berbahaya,karena rawan mengalami risiko kecelakaan.

Tiga Tipe Rest Area yang Perlu Anda Ketahui

rest area terdekat - duniawanita

Pada dasarnya, tempat beristirahat di tengah perjalanan ini terbagi menjadi tiga tipe, yaitu A, B, dan C. Masing-masing tentu memiliki perbedaan. Agar lebih jelasnya, mari simak penjelasan ketiga tipe rest area tersebut.

1. Rest Area Tipe A

Pertama, pada tempat istirahat tipe A ini, Anda akan mendapati fasilitas yang sangat lengkap. Nyatanya, fasilitas pada tipe ini memang paling lengkap di antara lainnya. Contohnya adalah adanya toilet, SPBU, klinik kesehatan, ATM, restoran, tempat ibadah (musala).

Di rest area tipe A juga terdapat berbagai kios-kios, bengkel, tempat parkir luas, minimarket, dan ruang terbuka hijau. Jadi, pengunjung yang datang akan bisa memenuhi segala kebutuhannya, baik untuk beristirahat, salat, makan, maupun ke kamar kecil.

Adapun mengenai luasnya, pada umumnya tipe A ini cukup lapang. Ukurannya bisa mencapai luas enam hektar. Lebarnya juga lumayan, yakni 150 meter.

2. Rest Area Tipe B

Berikutnya, ada tipe B. Pasti ada perbedaan dengan sebelumnya, yaitu dalam hal kelengkapan fasilitasnya. Anda tidak bisa menemukan klinik kesehatan di sini. Namun, fasilitas lain seperti toilet,musala, restoran, dan minimarket, tetap tersedia.

Ruang terbuka hijau juga tersedia di rest area dengan luas sedikitnya 3 hektar ini. Jadi, pengunjung bisa sejenak melepaskan penat akibat lama duduk di kendaraan. Selain itu bisa sekadar melakukan stretching ringan, agar otot-otot tidak menjadi kaku selama berada di rest area tol terdekat ini.

3. Rest Area Tipe C

Tipe ketiga ini sebenarnya lebih bersifat sementara, yaitu hanya beroperasi di saat-saat libur panjang, natal, akhir tahun dan lainnya. Oleh karena bersifat sementara, pada hari normal, rest area tersebut tidak beroperasi.

Adapun fasilitasnya cukup memadai, yaitu adanya toilet, warung, dan musala. hanya saja, kondisinya jelas tidak sebagus pada tipe A maupun B. Kendati demikian, pada masa liburan, banyak juga yang mengunjunginya, karena rest area lainnya tengak penuh dengan banyak pengunjung.

Penempatan Rest Area Tol Trans Jawa

rest area terdekat - duniawanita

Pada dasarnya, penempatan titik tempat istirahat ini sama antara jalur Trans jawa dan tol lainnya. Ada aturan penentuan jarak khusus yang menjadi acuannya. Contohnya, untuk tipe A, minimal harus ada satu pada rentang sepanjang 50 kilometer.

Adapun pada jangkauan tersebut, hanya bisa ada dua rest area tipe A. Begitu juga dengan jenis B yang tersedia pada panjang jalan 30 kilometer. Sementara itu, jarak antartitik istirahat tipe ini adalah 10 kilometer.

Selanjutnya, untuk tipe C, jaraknya hanya dua kilometer saja. Kendati demikian, sebagaimana tertulis pada penjelasan sebelumnya, rest area jenis ini tidak beroperasi setiap hari, melainkan pada hari libur saja.

Kode Pada Rest Area di Tol Semarang – Jakarta

rest area terdekat - duniawanita

Jika mencermatinya, pada setiap lokasi istirahat yang ada di sepanjang tol Trans Jawa, terdapat kode huruf di belakangnya, yaitu A dan B. Ternyata, kode ini untuk memudahkan mengetahui pada jalur mana rest area tersebut berada.

Kode A menyatakan jalur meninggalkan Jakarta. Sedangkan kode huruf B menunjukkan rute sebaliknya. Jadi, jika menempuh perjalanan dari Semarang menuju Ibukota, dan melakukan pencarianGoogle, pilihlah yang berkode B. Agar mudah, lakukan searching dengan kata kunci ‘rest area terdekat dari lokasi saya’.

Daftar Rest Area Tol Semarang Jakarta

Apabila Anda menempuh perjalanan dari Semarang ke Jakarta, sebaiknya merencanakan beberapa kali berhenti di titik-titik istirahat yang tersedia. Pasalnya, jarak tempuh ratusan kilometer tersebut bisa menguras tenaga dan daya konsentrasi.

Berikut ini adalah pilihan lokasi istirahat antara Semarang-Jakarta.

1. Rest Area Kilometer 6 B

Selanjutnya, menjelang masuk Jakarta, masih ada lokasi istirahat yang cukup luas. Ini merupakan rest area terdekat arah Jakarta dengan tipe A. Meskipun sudah dekat tujuan, sebaiknya memang tidak memaksakan diri.

Beristirahatlah sejenak di lokasi ini dan sedikit meredakan kepenatan saat berkendara. Titik istirahat yang terletak di Jalan Tol Jakarta-Bekasi Timur, kecamatan Pondok Gede ini menyediakan layanan parkir dan toilet gratis dalam jumlah banyak.

Jangan khawatir soal mengisi perut, karena tersedia banyak pilihan restoran dengan total ratusan menu. Sebut saja ada bakso Lapangan Tembak, Baso Sapi AFung, kuliner Jepang Gokana, KFC, Solaria, kedai iga Tekko. Tidak ketinggalan, ada Restoran Padang Simpang Raya, aneka snack, dan lainnya.

Lokasi ini juga semakin lengkap dengan adanya dua minimarket, yaitu Indomaret dan Alfamart. Sebagai rest area tipe A, tentu saja tersedia SPBU dan fasilitas kesehatan. Dengan beristirahat sejenak di sini, pengunjung bisa meneruskan perjalanan masuk Jakarta dengan kondisi lebih segar.

Lokasi: https://goo.gl/maps/RckA94Jb3KkZ9eQs7

2. Rest Area Kilometer 389 B

Selanjutnya, ada rest area yang terletak di Jalan Tol Semarang-Batang, Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Salah satu SPBU rest area tol Semarang Jakarta ini memang tidak selengkap titik istirahat sebelumnya dibahas. Pasalnya, memang merupakan tipe B.

Kendati demikian, fasilitas di sini cukup memadai untuk sekadar berhenti sejenak mengisi bahan bakar dan beristirahat. Adapun akomodasi lainnya yang tersedia adalah musala, toilet umum, dan beberapa kios dengan berbagai dagangan kuliner dan oleh-oleh.

Lokasi rehat yang berada di arah menuju Jakarta ini berada di bawah pengelolaan PT. Jasamarga Related Business (JMRB). Hal ini sama dengan titik istirahat lainnya, seperti pada kilometer 379 dan dan 391.

3. Rest Area Kilometer 319 B

Salah satu rest area tipe A Semarang Jakarta ini juga berfungsi sebagai transit hub untuk transportasi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Terletak di jalan Tol Pemalang-Batang, Area Sawah, kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, dan berada pada jalur arah menuju Jakarta.

Fasilitas cukup lengkap meliputi stasiun pengisian bahan bakar umum, tempat ibadah, toilet, dan restoran. Anda juga akan menemukan tenant minimarket, contohnya Alfamart.

Bersantai sejenak sambil melepas rasa penat di sini juga sangat menyenangkan. Pasalnya, tersedia juga ruang terbuka hijau.

Lokasi: https://goo.gl/maps/FQz9wdsj9YskPxn4A

4. Rest Area Kilometer 282 B

Ketika sedang melakukan perjalanan dari Semarang menuju Jakarta, Anda juga bisa beristirahat di titik istirahat ini. Lokasinya tepatnya adalah di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Kilometer 282 B, Lebeteng, Tarub, Tegal Regency, Jawa Tengah.

Saat berada di sini, Anda akan mendapati udara yang masih segar. Lokasi rehat ini memang berdekatan dengan area persawahan. Angin sepoi-sepoi juga membuat bisa penat di perjalanan hilang seketika. Tambahan lagi adanya taman di sekeliling area tersebut, jelas membuat suasana makin asri.

Anda juga bisa bersantai sejenak sembari menikmati aneka camilan khas Semarang dan Jawa Tengah yang banyak tersedia di tenant milik UKM pada rest area ini. Tidak ada salahnya membeli oleh-oleh di sini, karena pilihannya cukup beragam.

Lokasi: https://g.page/rest-area-km-282-tegal?share

5. Rest Area Kilometer 260 B

Suka mengambil foto-foto cantik selama perjalanan, Anda akan senang jika singgah di titik istirahat satu ini. Tidak lain karena ada banyak spot foto yang bisa memuaskanmu di sini. Mampir saja ke Cipugur Banjaratma, Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Karena rest area Semarang – Jakarta ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma, lokasinya jelas menyimpan pesona tersendiri. Pengunjung bisa dengan puas jeprat-jepret dengan kamera ponselnya, mengabadikan bangunan bernuansa terracotta ini.

Masih ada lagi spot foto lainnya, yaitu lokomotif tua yang terparkir di bagian luar lokasi rehat tersebut. Jadi, Anda pun bisa membanjiri Instagram dengan foto unik dan menarik di lokasi istirahat bertipe A dengan luas 10,4 hektar ini.

Jika sudah lelah berfoto, tentu saatnya menikmati wisata kuliner dengan aneka pilihan tersedia. Mengingat lokasinya di Brebes, tentu pengunjung bisa puas menikmati telur asinbya yang terkenal. Tidak tanggung-tanggung, ada pilihan telur asin orisinal, bakar, panggang dan pindang. Dijamin puas.

Lokasi: https://goo.gl/maps/UP2xrs5J5TSf1t8s6

6. Rest Area Kilometer 229 B

Masih ada lagi rest area Semarang menuju Jakarta selanjutnya, yaitu di kilometer 229 B, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, tentu akan membuat pengunjung betah beristirahat di sana.

Salah satu keunggulan lokasi rehat tipe B satu ini adalah masjid dengan ukuran besar dan bersih. Banyak pengunjung merasa puas bisa singgah dan melaksanakan salat di sana. Jadi, meskipun sedang berada dalam perjalanan jauh, urusan ibadah pun tidak terkendala.

Akomodasi lainnya yang bisa Anda temukan adalah berbagai restoran makanan. Salah satunya adalah CFC. Gerai ayam goreng ini juga turut melengkapi pilihan menu kala beristirahat di lokasi ini.

Kedai makanan lain yang juga tersedia adalah Ayam Goreng Gringsing dan Rumah Makan Padang Simpang Raya. Anda juga bisa berbelanja kebutuhan bekal di perjalanan, karena terdapat Indomaret dan Alfa Express.

Lokasi: https://g.page/restareakm229btolkancipejagan?share

7. Rest Area Kilometer 208 B

Memasuki Tol Palikanci (Palimanan-Kanci), Anda bisa memilih untuk beristirahat di kilometer 208B. Salah satu rest area jalan tol Semarang Jakarta ini juga memiliki fasilitas lengkap, meskipun tergolong tipe B. Alamat lengkapnya adalah di wilayah Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Terdapat beberapa akomodasi, yaitu SPBU, musala, toilet, dan restoran. Di lokasi ini juga terdapat masakan padang yang cukup enak. Jadi, jika bingung memilih mau makan apa, bisa menjadi rekomendasi menu.

Jika membutuhkan belanja bekal perjalanan seperti snack, tisu, air mineral, dan lain-lain, bisa berbelanja di minimarket Alfamidi. Kios camilan dan kue pun tersedia juga, sehingga menambah varian pilihan.

Lokasi: https://goo.gl/maps/y9d24jpyGoECUiL58

8. Rest Area Kilometer 164 B

Kabarnya, Anda bakalan menemukan soto ayam enak di salah satu rest area Semarang ke Jakarta ini. Selain itu, ada nasi jamblang juga. Kuliner khas Cirebon ini akan menambah nikmat istirahat sejenak dari perjalanan jauh.

Jika tiba waktu salat, Anda bisa langsung menuju masjid di lokasi yang sama. lahan parkirnya cukup luas, karena memang merupakan tempat rehat dengan tipe A. Jadi, tidak sulit menemukan lahan parkir, kecuali di puncak hari libur.

Jika mengalami keluhan kesehatan, Anda juga bisa mengunjungi fasilitas kesehatan yang tersedia. Dengan demikian, bisa mendapatkan penanganan pertama sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Lokasi: https://goo.gl/maps/axYZN378Kf3Tka726

9. Rest Area Kilometer 130 B

Jika Anda sedang dalam perjalanan menuju Jakarta dan merasa perlu beristirahat, tinggal belokkan saja kemudi ke sini. Meskipun bertipe B, artinya sedikit lebih kecil, tetapi fasilitas umum yang banyak diperlukan pengunjung tetap tersedia.

Anda tidak menjumpai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di sini. Namun, akomodasi lain seperti toilet dalam jumlah cukup dan bersih, serta tempat ibadah tersedia. Jika lapar, beberapa pilihan kedai pun menyediakan aneka menu yang enak.

Lokasi: https://goo.gl/maps/hZEUQvj1FXmA8KWU8

10. Rest Area Kilometer 101 B

Tempat rehat tipe A yang satu ini terletak di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Dawuan, Subang, Jawa Barat. Lokasinya cukup luas, sehingga bisa menampung banyak kendaraan kecil maupun besar.

Keunggulan dari salah satu rest area Semarang Jakarta terbaik ini, adalah tersedianya banyak restoran dan cafe yang bisa menjadi pilihan. Masjidnya juga bagus dan terjaga kebersihannya, sehingga membuat nyaman pengunjung ketika akan beribadah.

Tidak seperti biasanya fasilitas umum, toilet di sini cukup terjaga kebersihannya, dengan jumlah memadai dan gratis. Jika perlu mengisi bahan bakar pun tersedia di dalam area rehat ini.

Bagi pengunjung yang belum sempat berbelanja oleh-oleh, kesempatan beristirahat di sini bisa juga sambil membelinya. Tersedia beberapa kios oleh-oleh dengan produk-produk bagus dan menarik.

Lokasi: https://g.page/rest-area-km-101-cipali?share

11. Rest Area Kilometer 86 B

Ketika melintas di Jalan Tol Cikapali kilometer 86, Kabupaten Subang Jawa Barat, Anda pun bisa melepas lelah sejenak di tempat ngaso ini. Uniknya, di sini tersedia toilet air panas. Hanya saja, fasilitas ini khusus untuk sopir kendaraan besar golongan 2 hingga 5.

Adanya akomodasi gratis tersebut tentu akan membuat para sopir merasa kembali segar setelah melakukan perjalanan panjang menuju ibukota. Rest area Semarang Jakarta ini tergolong tipe A, sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Ada SPBU, musala, hingga pelayanan kesehatan.

Lokasi: https://goo.gl/maps/eoiEzbMCid2ceDpX9

12. Rest Area Kilometer 32 B

Kurang lebih sama dengan titik rehat bertipe B lainnya, yaitu tidak terlalu luas. Kendati demikian, fasilitasnya cukup memadai jika hanya sekadar mampir sejenak dan beristirahat, menghilangkan kantuk. Ada toilet gratis, minimarket, musala, dan beberapa kedai tersedia.

Ada satu hal unik, yaitu banyak pengunjung yang merekomendasikan kudapan tahu Sumedang di sini. Kabarnya, camilan tersebut sangat enak dan cocok sebagai pengusir lelah dan pengganjal perut. Jadi, saat mampir di sini, jangan sampai melewatkannya.

Lokasi: https://goo.gl/maps/5NE7ZGKstojqPhu5A

13. Rest Area Kilometer 360 B

Rest area satu ini berlokasi di Jalan Tol Semarang-Batang Kilometer 360 Area kebun/hutan, Gondang, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Sesuai dengan kodenya, ini merupakan tempat istirahat yang terletak di jalur B, Artinya, merupakan rest area arah Jakarta.

Fasilitas yang ada di rest area tipe A ini tidak tanggung-tanggung lengkapnya. Bahkan, sampai mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai tempat istirahat dengan fasilitas terbanyak. Hal ini berdasarkan surat Pengesahan nomor 9723/R.MURI/XI/2019.

Berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari kota Semarang, rest area ini secara fantastis mampu menampung hingga ratusan kendaraan. Jumlahnya kurang lebih 100 kendaraan besar seperti bus dan truk, juga 256 mobil keluarga.

Uniknya, lahan parkir tersebut juga memiliki area khusus wanita dan difabel. Jadi, pasti nyaman bagi siapa pun. Adapun fasilitasnya jangan Anda tanyakan lagi, sebab ada 51 akomodasi yang memenuhi kebutuhan pengunjung.

Beberapa fasilitas standar seperti toilet, SPBU, musala, restoran, dan kios, sudah tentu ada. Tambahan lainnya adalah playground dan pengolahan limbah plastik. Oleh karena lokasinya dekat dengan Goa Sarkem, pada akhirnya titik istirahat ini juga berkembang menjadi lokasi wisata.

Lokasi: https://g.page/restarea360?share

Itulah tadi beberapa rekomendasi rest area Semarang Jakarta yang bisa menjadi pilihan tempat melepaskan penat setelah berkendara dengan jarak jauh. Perhatikan tipenya, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jika memerlukan fasilitas lengkap termasuk SPBU, layanan kesehatan, dan parkir luas, sebaliknya memilih tipe A. Namun, apabila sekadar perlu beristirahat saja, tipe B pun sudah cukup memadai.

Daftar Rest Area dari Arah Jakarta Ke Semarang

rest area terdekat - duniawanita

Setelah mengetahui list tempat istirahat jika melakukan perjalanan dari Jawa Tengah ke ibukota, ada baiknya mengetahui juga arah sebaliknya. Berikut ini adalah rest area favorit Jakarta Semarang.

●Rest areakilometer 19 Tol Jakarta-Cikampek-Lokasi : https://goo.gl/maps/M7vBVvLoTkgt1fZy9

●Rest areakilometer 88 Tol Purbaleunyi-Lokasi: https://goo.gl/maps/FAUtdbH71xY7S45A7

●Tempat istirahat dikilometer 125 Tol Purbaleunyi-Lokasi : https://goo.gl/maps/JpM4HirygT7bKn5V9

●Lokasi rehat kilometer 207 Palimanan-Kanci-Lokasi : https://g.page/rest-area-km-207a-toll-palimanan?shar

●Rest areakilometer 391 Semarang-Batang-Lokasi: https://goo.gl/maps/MXVgDzKt4HTFkNax5

●Titik istirahat kilometer 429 Tol Semarang-Bawen-Lokasi: https://goo.gl/maps/vo85CQvHZT45LgEA8

Beberapa rest area yang berada di jalur dari Jakarta menuju Semarang tersebut memang tergolong memiliki banyak pengunjung. Bukan hanya sekadar untuk bersantai sejenak, melainkan ada kelebihan lainnya.

Beberapa keunggulan tersebut, di antaranya adalah kelengkapan fasilitas, tersedianya kuliner lokal yang enak, dan banyak toko oleh-oleh. Selain itu, pemandangan indah dengan latar belakang gunung juga menjadi daya pikat, seperti pada rest area kilometer 429.

Selain bermanfaat bagi pengguna jalan tol,rest area juga membantu penduduk sekitarnya untukmeningkatkan pendapatan dengan berjualan di kios yang ada.

Tips Ketika Berada di Rest Area

rest area terdekat - duniawanita

Saat melakukan perjalanan dan memutuskan beristirahat direst areaSemarang Jakarta yang bagus, adabanyak hal perlu menjadi perhatian. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Jangan Tinggalkan Barang Berharga Sembarangan

Tempat beristirahat ini merupakan fasilitas umum yang bisa diakses oleh semua orang pengguna jalan tol. Oleh karena itu, ada banyak sekali pengunjungnya. Jadi, jangan lengah sekejap pun dan jaga barang berharga dengan baik.

Hingga saat ini, sudah tidak terhitung kasus dompet pengunjung tertinggal dan akhirnya hilang. Kondisi ini tentu saja sangat disayangkan, terutama karena pasti banyak kartu penting turut raib.

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan adalah membawa tas kecil untuk meletakkan barang berharga tersebut. Jadi, ponsel, perhiasan, maupun dompet, tersimpan aman di dalamnya dan mudah membawa ke mana saja, termasuk ketika menggunakan toilet.

2. Biarkan Mobil Juga Beristirahat

Tidak hanya pengemudi dan penumpang saja, kendaraan juga perlu kesempatan untuk mendinginkan mesinnya. Jadi, selama beristirahat, sebaiknya matikan mesin. Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah lokasi parkir yang teduh.

Apabila beristirahat di malam hari, sebaiknya parkirlah kendaraan di tempat yang terlihat. Jika perlu,tempatkan dalam jangkauan kamera pengawas/ CCTV. Tujuannya adalah untuk menghindarkan dari kejahatan, termasuk pencurian dan perusakan.

3. Gunakan Waktu untuk Mengecek Kondisi Kendaraan

Saat beristirahat, contohnya di rest area Semarang arah Jakarta, pergunakan kesempatan ini untuk mengecek kondisi kendaraan. Pada tempat rehat tipe A, biasanya ada fasilitas bengkel, sehingga akan memudahkan pengemudi melakukan perbaikan.

Beberapa hal yang perlu melewati pemeriksaan adalah tekanan ban, rem, lampu, aki, kipas pendingin,dan lainnya. Jika menemukan kerusakan, jangan memaksakan meneruskan perjalanan, karena bisa mengakibatkan risiko kecelakaan.

4. Perhitungkan untuk Mengisi Bensin

Berada di rest area, terutama tipe A, merupakan kesempatan untuk mengisi bahan bakar, karena tersedia SPBU. Jadi, jangan melewatkan hal ini agar tidak terjadi mogok di jalan akibat kehabisan bensin.

Jangan lupa cek juga kondisi air radiator. Pastikan dalam keadaan penuh, untuk menghindari mesin menjadi overheat.

5. Pilih Tempat Aman untuk Rehat dan Lakukan Bergantian

Saat melakukan perjalanan jauh, ada baiknya mengajak keluarga atau teman, Tujuannya agar ada teman mengobrol yang bisa menjaga kewaspadaan ketika mengemudi.

Seorang teman berkendara juga menggantikan mengemudi jika Anda merasakan kantuk tiba-tiba, sementara belum menemukan rest area terdekat Semarang Jakarta.

Ada lagi keuntungan mengajak teman seperjalanan, yaitu ketika beristirahat di area publik. Anda bisa bergantian istirahat, sementara yang lainnya menjaga barang berharga.

Menyempatkan tidur sejenak di rest area sangat penting, meskipun kadang tidak terasa mengantuk. Terlelap selama 10 hingga 15 menit akan cukup sebagai tenaga melanjutkan perjalanan hingga sampai di tempat rehat selanjutnya.

6. Makan dan Mengisi Energi Secukupnya

Di lingkungan lokasi istirahat ini Anda akan menjumpai banyak pilihan menu makanan. Kendati demikian, pastikan makan secukupnya saja. Jika berlebihan, bisa berakibat pada kesehatan lambung dan mengganggu perjalanan selanjutnya.

Jangan lupa, saat masa beristirahat ini, perbanyak minum air putih. Di samping menghilangkan dahaga, bisa mencegah dehidrasi dan meningkatkan fokus ketika mengemudi. Sebaliknya, terlalu banyak minuman manis dan bersoda bisa menyebabkan lemas dan mengantuk.

7. Jangan Bebankan Sampah kepada Orang Lain

Memang, di setiap rest area bagus arah Semarang Jakarta, pasti ada petugas kebersihan. Namun, bukan berarti pengunjung bisa seenaknya membuang sampah sembarangan.

Kesimpulan

Berkendara dalam waktu lama dengan jarak tempuh hingga ratusan kilometer, jelas akan menurunkan stamina dan fokus pengemudi. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyempatkan beristirahat sejenak di rest area terdekat yang tersedia pada sepanjang jalur tol Trans Jawa.

1. Apa perbedaan dari tiga tipe rest area yakni tipe A, tipe B dan tipe C?

Perbedaan antara rest area tipe A, rest area tipe B dengan rest area tipe C dapat dilihat pada kelengkapan fasilitas serta luas wilayahnya. Umumnya, rest area tipe A memiliki fasilitas lengkap seperti SPBU hingga fasilitas Kesehatan. Sedangkan tipe B dan C memiliki fasilitas yang tidak selengkap tipe A. Selain itu, luas wilayah tipe A juga jauh lebih besar daripada rest area tipe B maupun C.

2. Bagaimana persebaran titik lokasi rest area di jalur tol Trans Jawa?

Pada dasarnya, titik rest area jalur tol Trans Jawa memiliki aturan penentuan jarak khusus, sama seperti rest area di tol lainnya. Contohnya, untuk tipe A, minimal harus ada satu pada rentang sepanjang 50 kilometer. Begitu juga dengan jenis B yang tersedia pada panjang jalan 30 kilometer. Sementara itu, untuk tipe C, jaraknya hanya dua kilometer saja dan tidak beroperasi setiap hari, melainkan pada hari libur saja.

3. Apa saja hal yang harus diperhatikan saat berada di rest area?

Untuk memastikan Anda bisa beristirahat dengan tenang, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ingat saat berada di rest area, antara lain: jangan tinggalkan barang berharga sembarangan, matikan mesin mobil untuk pendinginan, mengecek kondisi kendaraan, makan dan mengisi energi secukupnya, beristirahat dan berjaga secara bergantian, serta perhitungkan untuk mengisi bensin.

- A word from our sposor -

13 Daftar Rest Area Terdekat Jalur Semarang - Jakarta untuk Istirahat Berdasarkan Tipenya 1

13 Daftar Rest Area Terdekat Jalur Semarang – Jakarta untuk Istirahat Berdasarkan Tipenya

\