Ini Harga Sewa Helikopter di Bali. Ternyata Tidak Semahal Itu Loh!

Jika mendengar kata sewa helikopter, pasti di benak kita akan membayangkan harga yang mahal sampai puluhan juta. Karena sering melihat hanya pengusaha sukses dan...

Cari tempat makan babi guling yang nyaman di daerah Seminyak Bali? Ini dia tempat baru, nyaman, dan anti mainstream ala kita! Ketika orang datang ke Bali, biasanya mereka tidak hanya ingin menikmati alamnya. Karena rasanya tidak afdol kalau kita tidak berwisata kuliner mencari makanan khas Bali yang pedas dan rasa bumbunya kaya akan rempah-rampah. Kalau mau berwisata kuliner, pastinya kita akan mencari tempat yang nyaman dan dekat dengan tempat menginap. Tidak jauh-jauh, kebanyakan orang memilih untuk menginap di daerah Seminyak karena aksesnya dekat dari mana-mana. 

Seminyak

Seminyak adalah sebuah kawasan yang terletak di kabupaten Badung. Kawasan ini adalah salah satu kawasan pariwisata di Bali. Terdapat banyak sekali tempat pariwisata yang dapat dijadikan hiburan di Seminyak, mulai dari klub malam, hotel, SPA, pantai, beach club, restoran mewah, private villa, dan masih banyak lagi yang menarik. Dulu sekitar 20 tahun yang lalu, kebanyakan wisatawan tidak mengetahui daerah Seminyak ini karena dulunya adalah kawasan terpencil. Kebanyakan orang memilih untuk berwisata ke daerah Kuta. Pembangunan yang cepat untuk Seminyak membuat kawasan ini berkembang maju mulai dari infrastruktur yang dulunya hanya sawah dan ladang, kini menjadi jalan raya dan merubah Seminyak menjadi disukai oleh banyak orang. 

Tempat wisata alam di Seminyak adalah pantai. Untuk melihat matahari terbenam, Seminyak menjadi tempat yang cocok. Berbagai kegiatan dapat ditemukan disini. Biasanya orang memilih untuk duduk-duduk, berolahraga, bermain bersama hewan peliharaannya, mendengarkan musik, bermain paralayan, dan masih banyak lagi. Hiburan yang terdapat di pantai sekitaran Seminyak pun beragam. Ada beach club, jasa kepang rambut, jasa pijat, bar, pedagang lumpia, dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak akan membuat kalian bosan untuk berada disini. 

Tidak hanya terdapat alam yang indah dan hotel bintang lima, Seminyak juga memiliki banyak wisata kuliner yang terkenal dan enak. Mulai dari angkringan pinggir jalan sampai restoran mewah. Mulai dari makanan western, makanan Indonesia, dan makanan khas Bali. 

Makanan Khas Bali

Makan Babi Guling, Babi Guling Salah satu makanan khas Bali
Babi Guling, Salah satu makanan khas Bali

Terlepas dari kawasan wisata yang penuh hiburan dan keindahan alam yang terdapat di Seminyak, Bali juga memiliki berbagai kuliner tradisional yang lezat. Makanan tradisional dari Bali ini disukai oleh orang-orang karena rempah-rempah yang sangat berasa di lidah dan rasa yang pedas dari makanannya.

Makanan tradisional Bali, telah dipengaruhi oleh masakan China, India, dan Timur Tengah. Inilah yang membuat cita rasanya kaya akan rempah-rempah. Ciri khas makanan Bali terletak dari campuran bumbunya seperti cabai, bawang putih, bawang merah, minyak kelapa, kunyit, dan lainnya. Tidak hanya makanannya, sambal dari Bali pun khas sekali yaitu sambal matah.

Sambal matah ini banyak disukai oleh banyak orang dan kebanyakan pengusaha di bidang kuliner memilih untuk mencampur sambal matah di makanannya seperti keripik singkong sambal matah, rice bowl sambal matah, dan masih banyak lagi. Makanan khas Bali ada berbagai macam, seperti sate lilit, ayam betutu, nasi campur, sate plecing, lawar, babi guling dan lainnya. Setiap daerah di Bali memiliki makanan khasnya masing-masing. 

Babi Guling 

Babi guling atau yang biasa disebut be guling oleh masyarakat di Bali ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Babi guling pada awalnya adalah persembahan untuk persembahyangan umat Hindu.

Umat Hindu dimana yang menjadi agama mayoritas di Bali, sering melakukan persembahyangan. Biasanya babi guling dipersembahkan pada Hari Raya Galungan Hari raya ini adalah hari dimana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta yang ada dan kemenangan atas kebaikan (Dharma) melawan kejahatan (Adharma). 

Bahan utama untuk membuat babi guling adalah daging anak babi, entah jantan atau betina. Lalu nanti perut babi akan dimasukkan bumbu khas Bali yang biasa disebut base genep.

Base genep terdiri dari 15 jenis bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, kencur, bawang putih sayur yang berupa daun ketela dan lainnya. Setelah perut anak babi dijahit, lalu babi tersebut akan diguling-guling selama berjam-jam sampai kulitnya berubah menjadi kecokelatan. 

Potongan Kulit Babi Guling yang Renyah saat Makan Babi Guling
Potongan Kulit Babi Guling yang Renyah

Kini babi guling sudah dijual dimana-mana, baik di rumah makan hingga restoran mewah. Meskipun banyak yang menjual nasi babi guling, biasanya campurannya pun berbeda-beda. Dalam satu porsi babi guling biasanya terdapat kulit babi guling, lawar, sambal, sayur urap, jeroan, kerupuk babi, dan oret.

Harga untuk makan babi guling satu porsi pun bervariasi tergantung porsinya dan tempat yang menjualnya. Biasanya harganya sekitar Rp. 15.000 sampai dengan Rp.75.000. 

Fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah rumah makan pun berbeda-beda. Walaupun hanya menjual babi guling, terkadang rumah makan memiliki sisi yang akan ditonjolkan juga. Ada yang memiliki keistimewaan karena memberikan pemandangan yang indah, minuman yang bervariasi, porsinya yang jumbo, dan tempat yang nyaman.

Jika biasanya yang kalian temukan adalah rumah makan yang hanya berbentuk warung yang menjual babi guling, kali ini kita akan menawarkan tempat yang lebih istimewa dan tidak banyak dijumpai di warung babi guling pada umumnya. 

Makan Babi Guling Bali di Jero Kawan Kebun Café

Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini berdiri pada bulan Mei 2021. Tempat makan ini adalah cabang dari Babi Guling Jero Kawan yang ada di daerah Munggu. Setiap harinya, Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini mengguling mulai dari 1 sampai dengan 2 ekor babi perharinya.

Makan Babi Guling di Jero Kawan Kebun Cafe Seminyak Bali
Makan Babi Guling di Jero Kawan Kebun Cafe Seminyak Bali

Tempat makan ini memang sudah terkenal sejak lama dan ramai pengunjungnya. “Kalau untuk standard, babi guling ini sih sudah cukup ya. Karena cita rasanya orang kan berbeda-beda, jadi untuk penilainnya kembali lagi ke orang yang masing-masing.” Ketika ditanya kepada salah satu staff yang ada disana. 

Memang untuk soal cita rasa, Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini sangat unggul di kuahnya. Kuahnya memiliki cita rasa tersendiri karena pedas dan bumbu rempah-rempahnya juara di lidah. Dengan mengusung tempat yang modern, tempat makan ini memang cocok untuk semua kalangan masyarakat. 

Konsep Modern 

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, tempat makan pun tetap membutuhkan improvisasi agar tetap disukai oleh para pelanggannya dan tidak ketinggalan jaman sehingga dapat bersaing dengan tempat makan lainnya. Babi Guling Jero Kawan Kebun Café menggunakan konsep tempat makan di taman yang nyaman. Konsep yang tidak dimiliki dengan kebanyakan tempat makan babi guling lainnya ini menjadi nilai lebih untuk Babi Guling Jero Kawan Kebun Café. 

Salah satu spot Makan Babi Guling di Jero Kawan Kebun Cafe Seminyak
Salah satu spot di Jero Kawan Kebun Cafe Seminyak

Biasanya tempat makan babi guling hanya berbentuk warung, tetapi Babi Guling Jero Kawan Kebun Café berani muncul dengan konsep lainnya yaitu dengan konsep makan di kebun dengan sofa yang nyaman sambil menonton live music.

 Tempat yang banyak pepohonan juga membuat tempat ini terasa lebih sejuk ditengah panasnya Seminyak. Seperti yang biasanya kita jumpai, jika memakan babi guling hanya dengan kursi plastik, di Babi Guling Jero Kawan Kebun Café kita dapat memilih tempat mana yang nyaman untuk kita makan. Dari kursi kayu, duduk di sofa di dalam bale, dan makan di tengah taman pun bisa. 

Banyak pilihan yang terdapat disini membuat para pelanggan nyaman untuk nongkrong. Tidak hanya nongkrong, tempat ini dapat dijadikan tempat untuk berkumpul bersama keluarga, acara gathering, membuat tugas, reuni, dan masih banyak lagi. Inilah yang membuat Babi Guling Jero Kawan Kebun Café disebut cocok untuk disemua kalangan. 

Varian Menu

Jangan khawatir bosan makan Babi Guling disini karena untuk menu nasi babi guling yang dijual sangat bervariasi, mulai dari nasi campur biasa, nasi campur pisah, dan nasi campur anak. Lauk pisah yang dijualnya pun ada kulit babi guling, lawar, gorengan merah, sate babi, kikil babi, sate lilit, balung, dan lainnya. Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini pun juga menjual kulit babi sultan seperti yang sedang trend di pasaran.

Kulit babi sultan ini dijual dengan harga Rp. 75.000 sudah termasuk 1 paket makanan dengan kuah balungnya. Biasanya Babi Guling Jero Kawan Kebun Café hanya akan menjual kulit babi guling sultan ini 8 potong saja perharinya karena tetap ingin mengedepankan kualitasnya, tidak sembarangan kulit yang berukuran besar dijual. Untuk pemesanannya pun tidak bisa mendadak, harus dari 2 hari sebelumnya. 

Porsi Makan Babi Guling di Jero Kawan Kebun Cafe
Porsi Babi Guling di Jero Kawan Kebun Cafe

Karena mengusung konsep yang modern, Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini tidak hanya menjual makanan babi guling saja. Tempat ini juga menjual makanan lain untuk orang yang tidak bisa makan babi. Dan karena namanya Kebun Café, pilihan makanannya pun modern dan beragam, mulai dari sushi, milk shake, kopi, pasta, dan rice bowl.

Harganya mulai dari Rp.35.000 sampai dengan Rp. 50.000. Wah… Jadi untuk kalian yang tidak bisa makan Babi Guling, kalian tetap bisa nongkrong disini karena varian menunya yang beragam dan disukai oleh banyak orang. 

@candi.id.official Yuk adu kesombonganmu😎 @wikca1 @yumegcahya #babigulingjerokawan ♬ original sound – Hi

Untuk minuman yang dijualnya pun juga bervariasi, seperti kelapa utuh, es buah, aneka jus, beer bintang, milk shake, lime juice, sampai cappuccino. Sehingga apapun makanannya, kalian tetap bisa memilih minuman yang pas dan yang sedang kalian inginkan. Untuk harganya mulai dari Rp.10.000 sampai dengan Rp. 35.000. 

Selain itu, kalau makan Babi Guling di Jero Kawan Kebun Café juga terdapat bakery. Menjual aneka jenis roti mulai dari roti tawar, kue ulang tahun, sampai kue kering dijual disini. Sehingga untuk kalian yang ingin nyemil atau butuh makanan penutup dapat membeli langsung disini. Atau mungkin untuk kalian yang ingin membawakan oleh-oleh pun, kalian bisa membeli disini langsung. Sehingga tidak perlu jauh-jauh mencari tempat lain. 

Lokasi Strategis

Kalau kalian ingin makan Babi Guling dan bingung, jangan khawatir! Lokasi dari Babi Guling Jero Kawan Kebun Café ini sangat strategis. Karena terletak di Seminyak yang dekat dari mana saja, Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, hanya butuh 15 menit untuk kesini. Parkirannya pun luas, muat untuk bus, mobil dan motor. 

Harga Terjangkau

Setelah melihat varian menu yang ada di Babi Guling Jero Kawan Kebun Café, untuk harga yang ditawarkan pun benar-benar pas. Karena tidak hanya menjual makanan, tempat ini juga menjual suasana yang tenang dan nyaman dan modern.

Makan Babi Guling dengan tempat yang luas dan nyaman
Tempat yang luas dan nyaman

Jadi untuk kalian makan Babi Guling hingga nongkrong berlama-lama pun tempat ini memang murah. Karena menjual berbagai macam makanan, memudahkan kalian untuk memilih apa yang kalian inginkan. Untuk pembayarannya sudah modern, dapat melalui transfer dan e-money. Jika kalian malas untuk bepergian, kalian bisa memesan melalui gojek dan grab.

FAQ :

Apa saja bumbu yang ada di base genep

Base genep terdiri dari 15 jenis bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, kencur, bawang putih sayur yang berupa daun ketela dan lainnya.

Babi apa yang digunakan untuk membuat babi guling?

Babi Guling yang digunakan adalah anak babi dengan berat antara 50 hingga 100 kg

Apakah babi guling satu dengan yang lainnya memiliki cita rasa yang berbeda?

Biasanya setiap daerah memiliki cita rasa bumbu yang berbeda tergantung dari masing - masing daerah

- A word from our sposor -

Tempat Makan Babi Guling Ternyaman di Seminyak, Bali! 1

Tempat Makan Babi Guling Ternyaman di Seminyak, Bali!

\