Pertama di Dunia, Mutasi Covid-19 Muncul pada Bayi dalam Kandungan – FAJAR 1

FAJAR.CO.ID – Seorang ibu hamil di Swedia mengalami kejadian aneh. Mutasi virus Korona diduga terjadi pada bayi di dalam kandungannya. Ibu tersebut memang sudah terinfeksi Covid-19. Dia dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Skane, Malmo, karena mengalami sakit perut dan tiba-tiba parah.

Para dokter memperhatikan bahwa bayi yang belum lahir memiliki detak jantung yang sangat rendah, yang bisa menjadi tanda bahwa bayi tersebut tidak mendapatkan cukup oksigen.

Para dokter melakukan operasi caesar darurat. Ibu tersebut melahirkan bayi dalam beberapa menit. Tes darah dari bayi memastikan bahwa bayi itu memiliki oksigen yang sangat rendah, dan usap tenggorokan menunjukkan bahwa ibu dan bayinya menderita Covid-19.

Dengan menggunakan usap tenggorokan dari ibu dan bayi baru lahir, genom virus diurutkan untuk memastikan kemungkinan bayi telah terinfeksi Covid-19 saat masih dalam kandungan. Tim menemukan bahwa genom virus pada ibu dan bayinya identik.

“Karena bayi diisolasi dari ibunya langsung setelah operasi caesar dan tidak bersentuhan dengan anggota keluarga lain saat tes ini dilakukan, temuan tersebut memastikan bahwa bayi tersebut memang terinfeksi sebelum dilahirkan,” kata peneliti Mehreen Zaigham dari Pascadoktoral, Obstetri & Ginekologi, Rumah Sakit Universitas Skane, Universitas Lund.

Namun, beberapa hari kemudian, sekuensing genetik menunjukkan bahwa populasi virus bayi telah berubah dan mengandung versi virus yang bermutasi bersama dengan strain virus asli dari induknya. “Sepengetahuan kami, ini adalah kasus pertama dari perubahan genetik virus Korona dalam pengaturan unik penularan dari ibu ke janin sebelum lahir,” kata peneliti.


Kredit: Tautan sumber

Leave a Reply
You May Also Like

Kenali 6 Gejala Awal Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang belakangan ini menyerang wanita. Jumlah penderitanya pun…

Konsumsi Buah Naga, Berikut 8 Khasiatnya untuk Kesehatan – FAJAR

Buah naga bisa dikonsumsi dengan tambahan jeruk nipis. (the invisible cookbook) FAJAR.CO.ID,…

Ingin Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa, Begini Tips Guru Besar FKM Unhas – FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.…

Usai Bercinta, Pasutri Jangan Langsung Mandi, Sangat Penting Lakukan Ini – FAJAR

FAJAR.CO.ID — Seksolog dr Boyke Dian Nugraha SpOG MARS mengingatkan pasangan suami…