Biaya Haji 2023 Naik, Ini 6 Tips Menabung ala Milenial untuk Daftar Haji Plus-duniawanita.id

Naik Haji merupakan salah satu keinginan yang sangat didambakan oleh setiap umat Muslim. Namun, biaya yang terbilang mahal, terlebih untuk daftar haji plus, menjadi hambatan untuk sebagian orang. Dan hal tersebut, berperan sebagai faktor penting yang menyebabkan peserta haji mayoritas nya adalah orang tua.

Sedangkan, syarat untuk naik haji itu sendiri yakni sehat secara jasmani dan rohani. Terlebih saat ini harga yang yang harus dibayarkan juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Memasuki awal tahun 2023, Kemenag mengusulkan kenaikan biaya ibadah haji menjadi 69 juta tahun ini. Dan biaya ini cukup naik dengan pesat, pasalnya kenaikan hampir dua kali lipat dibanding dengan tahun 2022. Antrean haji pun memakan waktu yang cukup lama, dengan masa tunggu 20 tahun untuk haji reguler. 

Untuk itu generasi milenial perlu menabung sejak dini untuk memiliki dana yang cukup agar bisa segera berangkat haji. Bagaimana caranya? Berikut tips menabung biaya haji untuk generasi milenial!

1. Membuka Tabungan Khusus 

Biaya Haji 2023 Naik, Ini 6 Tips Menabung ala Milenial untuk Daftar Haji Plus-duniawanita.id
Photo by Haidan on Unsplash

Berniat untuk naik haji atau daftar haji plus, generasi milenial perlu membuka tabungan khusus, agar tidak tercampur dengan keperluan lainnya. Memprioritaskan haji sebagai salah satu hal penting yang harus disegerakan. Tabungan khusus ini menjadi catatan penting pada setiap bulan nya, ketika mendapatkan gaji. 

Untuk membuka tabungan, generasi milenial bisa mempertimbangkan kehadiran beberapa bank syariah konvensional. Dengan sistem syariah yang jauh dari riba, bank-bank tersebut juga kerap kali memberikan promo untuk tabungan haji, yang tentunya bisa menguntungkan untukmu.  

Tabungan untuk haji juga bisa dilakukan dengan menabung di travel pengelola haji. Dengan sistem yang mirip, generasi milenial bisa mengeluarkan biaya setiap bulannya untuk menabung. Kesempatan emas ini bisa digunakan untuk mendapatkan travel haji terbaik.

2. Menekan Gaya Hidup

Generasi milenial perlu konsisten dengan dana yang akan ditabung untuk naik haji. Namun sebagai generasi serba canggih dengan segala hal yang terjadi di internet. Anak milenial dinilai sering kali menampilkan gaya hidup yang serba mewah atau hedonisme. Trend yang berubah setiap tahun nya melahirkan pribadi yang konsumtif, yang bisa berdampak buruk. 

Pengaruh gaya hidup juga menjadi pertimbangan untuk kaum milenial. Sebab setelah membuka tabungan haji, milenial perlu konsistensi untuk mengeluarkan dana yang harus dibayarkan. 

Dengan menekan gaya hidup untuk tidak mengeluarkannya dengan hal yang tak perlu, generasi milenial bisa menabung dan menyisihkan penghasilan untuk ongkos naik haji. Dan mulai mencari travel haji terbaik untuk mempersiapkannya.

3. Paket Haji Plus

Selaras dengan biayanya yang relatif mahal, paket haji plus menawarkan berbagai fasilitas yang memudahkan dan spesial. Haji di usia muda dengan tubuh yang masih bugar dan sehat, menjadi impian bagi setiap umat muslim. Apabila dibandingkan, antrean haji reguler sangatlah lama, hal ini berbanding terbalik dengan program haji plus yang masa tunggunya terbilang cepat. Dengan waktu yang cukup singkat, milenial bisa memperhitungkan durasi menabung. 

Program haji plus juga sudah diakui oleh pemerintah yang memilih travel haji secara khusus. Pada salah satu travel haji terbaik saat ini, Alhijaz Haji Plus, biaya yang dikeluarkan berada pada angka 9.000 USD, atau setara dengan 136 juta rupiah dengan fasilitas sebagai berikut: 

1. Bimbingan Saat Manasik Haji 

Fasilitas ini membantu untuk mengetahui lebih dalam terkait tata cara yang benar dalam menjalankan ibadah haji. Hal ini sangat cocok untuk para milenial yang masih merasa kurang dalam ilmu agama. Dan tak perlu takut, Alhijaz Haji Plus juga menyelenggarakan latihan manasik haji sebelum bertolak. Dan bimbingan berupa materi yang bisa dipelajari, juga pemantapan fisik sebelum melaksanakan ibadah haji. 

2. Staf Haji Plus 

Dalam kategori ini, haji plus menyediakan beberapa staf yang siap mendampingi selama perjalanan haji. Staf tersebut seperti Leader, Ustadz, dan juga Muthawif di setiap bus nya. Ketiga staf ini berperan penting dalam mengatur dan memberikan materi. 

Program paket haji plus ini juga tersusun dengan baik di setiap kegiatannya, terlebih dengan adanya penanggung jawab didalamnya, Ustadz dan Muthawif juga siap akan selalu siap sedia jika ingin ada yang dikonsultasikan terkait ibadah haji. Seperti doa dan tata cara yang akan dilaksanakan. 

3. Map Perjalanan

Alhijaz Haji Plus juga memberikan map terkait perjalan haji, dalam peta tersebut juga terdapat berapa jarak yang akan ditempuh pada satu tempat ke tempat lainnya. Dan gambaran terkait perjalanan haji di beberapa tempat, seperti Mina, Arafah, Muzdalifah, Area Lempar Jumrah, dan Ka’bah. 

4. Fasilitas yang Lengkap dan Memadai

Seperti yang tertulis di atas, paket haji plus memberikan fasilitas yang sangat layak. Jarak hotel yang dekat, menu makan, hingga maktab VIP. Pesawat yang digunakan juga bereputasi baik, dan transportasi yang difasilitasi AC. 

Paket haji plus sangat direkomendasikan untuk generasi milenial. Meski dana yang dikeluarkan tidak sedikit, namun dengan representasi biaya yang akan dikeluarkan, milenial bisa menabung dengan waktu yang lebih ringkas. Untuk itu para milenial bisa mempertimbangkan dan daftar haji plus dengan range biaya yang sesuai dengan kemampuan.  

4. Catatan Rencana Keuangan 

Biaya Haji 2023 Naik, Ini 6 Tips Menabung ala Milenial untuk Daftar Haji Plus-duniawanita.id
Photo by AbsolutVision on Unsplash

Dalam setiap bulannya pasti ada saja biaya yang dikeluarkan secara tak terduga. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan catatan keuangan. Milenial bisa meninjau secara transparansi untuk apa uang itu dikeluarkan. Menggunakan sistem ini generasi milenial yang bersifat boros dan hedon bisa menekan biaya pengeluaran yang tak terlalu penting dan dialihkan untuk tabungan haji. 

Untuk membuatnya catatan rencana keuangan ini terbilang mudah. Sebagai generasi milenial pasti sudah tak asing dengan berbagai aplikasi catatan digital. Dari aplikasi tersebut, milenial bisa mengatur dan membuat catatan tersebut dengan bebas. 

5. Prioritaskan Tabungan Haji 

Pengaruh luar yang bisa menggoda kaum milenial sangatlah banyak, apalagi dengan kehidupan sosial media yang menampilkan beberapa postingan yang membuat anak muda ingin mencoba dan membelinya. Memprioritaskan tabungan haji jadi salah satu yang perlu kaum milenial lakukan. 

Dengan perasaan ikhlas, generasi milenial bisa menabung dengan hati yang ridho dan tak berat. Apalagi, menabung haji sama dengan menunaikan ibadah. Dengan menjadikan tabungan haji sebagai kewajiban, kaum milenial bisa konsisten dan mendapat kloter haji. 

6. Menerapkan Sistem Autodebet

Generasi milenial yang suka kalap dan checkout secara tak sadar, fitur autodebet bisa jadi solusi yang tepat untukmu. Kebiasaan buruk yang menghalangi kegiatan menabung ini bisa diatasi. Sistem ini berlangsung di rekening bank dengan cara memotong saldo secara otomatis untuk mengalihkan ke pembayaran yang sudah ditentukan pada setiap bulannya. 

Sama sulitnya dengan mengganti kebiasaan, fitur ini bisa mencegah rasa lupa kamu sebagai kaum milenial dan akan membiasakan diri kamu dengan pemangkasan saldo untuk hal-hal yang memang penting, seperti tabungan haji. Setelah sistem ini terpasang, kamu bisa mulai mencari travel haji terbaik. 

Kesimpulan 

Tabungan haji menjadi salah satu goals penting untuk setiap kaum muslim. Tidak hanya untuk orang tua, namun juga anak muda. Namun dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya haji, para generasi milenial kerap kali sulit untuk melaksanakan ibadah haji di usia yang muda. Kesulitan itu sendiri seperti faktor finansial, seperti kaum milenial yang saat ini baru meniti karir, dan mendapatkan gaji yang terbilang sedikit dibanding dengan biaya haji yang dikeluarkan. 

Apalagi, kenaikan biaya haji 2023 yang menyebabkan masyarakat panik. Namun sebagai generasi muda penerus bangsa, kaum milenial tak perlu khawatir. Berbagai cara bisa untuk menabung bisa dilakukan. Dengan perasaan ikhlas dan konsisten setiap bulannya. Hal ini bisa menjadikan kaum milenial beribadah haji dengan mendapatkan travel haji terbaik dan daftar haji plus. 

 

Baca Juga: Investing Prospect: 1 of the Biggest Goat Milk Farm

 

1. Apa saja tips menabung untuk daftar haji plus bagi milenial?

Beberapa tips bagi milenial yang ingin menabung untuk daftar haji plus adalah sebagai berikut: 1. Membuka Tabungan Khusus, 2. Menekan Gaya Hidup, 3. Paket Haji Plus, 4. Catatan Rencana Keuangan, 5. Prioritaskan Tabungan Haji , dan 6. Menerapkan Sistem Autodebet.

2. Apa perbedaan paket haji reguler dengan paket haji plus?

Apabila dibandingkan, antrean haji reguler sangatlah lama, hal ini berbanding terbalik dengan program haji plus yang masa tunggunya terbilang cepat.

3. Apa saja fasilitas bila memilih daftar haji plus?

Fasilitas dari daftar haji plus adalah: 1. Bimbingan Saat Manasik Haji, 2. Staf Haji Plus, 3. Map Perjalanan, dan 4. Fasilitas yang Lengkap dan Memadai.

Leave a Reply
You May Also Like

Ini Dia Merek Susu Kambing Paling Laris Tahun Ini – 2023

Mengkonsumsi susu kambing sangat baik untuk kesehatan! Disini Jual Beli Manfaat Pabrik…

Sudah Terbukti Nyata! Clara Skincare yang Bikin Glowing dan Putih Dengan Hasil Terbaik

Sering Insecure dengan kulit wajah yang kusam? Kalian wajib coba produk ini!…

Ini Harga Sewa Helikopter di Bali. Ternyata Tidak Semahal Itu Loh!

Jika mendengar kata sewa helikopter, pasti di benak kita akan membayangkan harga…

Nobar Asik dan Seru Cuma di Cinepolis Sidewalk Jimbaran

Dengan kapasitas terbesar di Bali dan dilengkapi layar bioskop super besar kalian…