NFT Sedang Tren! VidyX Menjadi Bagian Dari Kolaborasi Vidy dan Binance 4
NFT Ghozali Everyday di OpenSea

Vidy dan Binance kolaborasi dalam proyek NFT? di dunia yang serba modern ini tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan kata NFT, teknologi ini sering digunakan oleh para konten kreator dan pelaku usaha digital untuk memperdagangkan produk mereka. Non-Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Menariknya, transaksinya akan tercatat di dalam sebuah data di blockchain. Data tersebut berisi tentang informasi berkaitan dengan pencipta, harga dan histori kepemilikan aset NFT.

Kemarin (Rabu, 13 Januari 2021) seorang pemuda bernama Ghozali menjual ribuan foto wajahnya dalam bentuk NFT melalui platform jual beli NFT OpenSea dan fotonya laku mencapai 277 Ethereum atau berkisar Rp. 13,3 miliar. Uniknya, foto wajah dari Ghozali diambil setiap hari selama 5 tahun semenjak tahun 2017 ketika ia berumur 18 tahun hingga tahun 2021. Awalya ia mengaku menjual foto wajahnya seharga Rp. 45 ribu perfoto di NFT dan diberi nama “Ghozali Everyday” Padahal, Ghozali hanya mempromosikan penjualan NFTnya melalui Facebook dan Twitter pribadinya, tapi hingga saat ini foto wajahnya laku keras dan hanya tersisa 331 NFT. Hal ini membuat Ghozali Everyday masuk ke dalam 30 besar peringkat volume perdagangan 24 jam OpenSea.

Salah satu public figure Indonesia, Chef Arnold Poernomo ikut membeli NFT Ghozali hingga 20 NFT dan menggunakan salah satu fotonya untuk dijadikan foto profile di akun media sosialnya. “Gozali membuat proyeknya selama 3 tahun terakhir. Kerja keras dan dedikasi satu orang. Ruang (NFT) ini telah mengubah banyak kehidupan orang, jika itu dapat mengubah Anda…kita dapat mengubah hidupnya juga. GG Gozali Tuhan Memberkati,” tulis Chef Arnold. Penasaran apa sebenarnya NFT dan bagaimana cara kerjanya? Yuk simak penjelasannya!

NFT

NFT atau Non-Fungible Token merupakan salah satu aset digital yang sedang trending. Aset ini banyak digunakan oleh seniman atau pembuat konten untuk menjual karyanya. Mengutip dari Kompas, data DappRadar menyebutkan penjualan NFT mencapai angka tertinggi, yakni US$10,7 miliar atau sekitar Rp. 152 triliun pada triwulan III 2021. Nilai ini meningkat delapan kali lipat dibandingkan triwulan sebelumnya.

NFT mengubah karya seni digital dan koleksi lainnya menjadi satu-satunya sehingga dapat diverifikasi sebagai asli dan mudah diperdagangkan melalui blockchain. Bagi Anda yang belum tahu, blockchain adalah sebuah cara penyimpanan data secara digital yang saling terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. NFT tidak dapat diduplikasi atau diganti sehingga yang dapat Anda lakukan hanyalah menjual atau membelinya. Kepemilikan aset nantinya dapat diklaim dari token digital yang Anda miliki. Cara kerja NFT sama seperti kita melakukan transaksi pada umumnya, hanya melalui platform atau marketplace yang tersedia.

Apa keuntungan dari NFT? Mengapa banyak orang sukses memilih untuk menggunakannya? NFT memiliki tampilan yang unik dan layak dikoleksi. Karena hanya ada satu objek digital, Anda dapat mengumpulkan sejumlah aset digital sesuai keinginan dan anggaran Anda. Kedua, NFT tidak dapat dihapus, dihancurkan, atau direkayasa sehingga Anda pasti hanya memiliki yang asli. Kelangkaan dapat mempengaruhi peningkatan nilai benda digital. NFT juga dapat dipercaya karena penggunaan token tidak dapat ditukar. Selain itu, NFT juga menggunakan kontrak pintar. Selain OpenSea, ada juga Binance yang sudah bekerja sama dengan NFT untuk menjadi platform dalam jual beli NFT.

Binance

NFT Sedang Tren! VidyX Menjadi Bagian Dari Kolaborasi Vidy dan Binance 5
Changpeng Zhao – Binance

Binance adalah pertukaran aset kripto yang saat ini terbesar secara global dalam hal volume perdagangan harian cryptocurrency. Perusahaan ini didirikan pada 2017 dan terdaftar di Kepulauan Cayman. Nama “Binance” adalah kombinasi dari kata “bitcoin” dan “finance.” Ia mengklaim standar keselamatan dan keamanan yang tinggi, dengan arsitektur multi-tier dan multi-cluster, dan memberikan pemrosesan yang tinggi. Binance juga mengklaim dapat memproses sekitar 1,4 juta pesanan per detik. Ini mendukung perdagangan lebih dari 500 koin, termasuk bitcoin, ethereum, litecoin, dan token BNB aslinya sendiri. Binance didirikan oleh Changpeng Zhao, seorang pengembang yang sebelumnya telah membuat perangkat lunak perdagangan frekuensi tinggi. Platform menerima pengguna di seluruh dunia dan telah menerima ulasan yang baik dari komunitas kripto.

Seperti pertukaran kripto lainnya, Binance menawarkan perdagangan, pencatatan, penggalangan dana, jual beli NFT, dan penarikan mata uang kripto. Pengguna aset kripto yang ingin meluncurkan token mereka dapat menggunakan Binance untuk mengumpulkan dana melalui penawaran koin awal (ICO). Banyak pedagang dan peserta menggunakan Binance untuk bertukar dan berinvestasi di berbagai mata uang kripto. Pendiri Twitter, Jack Dorsey, telah menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga 2,9 juta dolar AS.

Syahrini, seorang penyanyi terkenal di Indonesia, mengumumkan penjualan aset digital berupa non-fungible token (NFT) ke dunia digital atau metaverse. Aset digital ini dijual melalui platform Binance.com. Mengutip situs Binance, Senin (20/12/2021), sebanyak 18.000 NFT terjual Syahrini. NFT ini dikategorikan dalam peringkat dari terendah hingga tertinggi, mulai dari N (Normal), R (Rare), SR (Super Rare), dan SSR (Super Super Rare).

Sementara itu, #CetarMembahana menjadi kategori NFT dengan peringkat teratas dan hanya lima yang diterbitkan. Dalam unggahan Instagram, Syahrini mengaku aset NFT tersebut dilakukan bekerja sama dengan NFT King Pro dan Binance. Tidak hanya NFT, Syahrini juga mengembangkan produk lebih luas melalui Metaverse. Metaverse ini akan berisi tur game yang bisa dimainkan penggemar.

Investasi dari Binance lebih berarti bagi NFKing dari sudut strategis daripada dari sudut finansial. Dengan investasi mereka, ini memvalidasi nilai tambah yang dibawa ke platform NFT mereka, itu juga membuat jauh lebih kredibel ketika berbicara tentang IP. Ini tentu menjadi titik balik utama bagi kami.

Binance Labs Berinvestasi di NFKings Production, NFT Creatives and Production Company
Binance Labs Berinvestasi di NFKings Production, NFT Creatives and Production Company

Binance akan memperkuat teknologi yang mendasari untuk platform NFT baru yang melayani industri mode, seni, dan musik, dalam kemitraan dengan Media Publishares, penerbit Vogue, Esquire, Robb Report, dan Buro di Singapura, dan Vidy, digital bertenaga blockchain perusahaan periklanan. “Sebagai pemimpin dalam industri blockchain, Binance selalu berdedikasi untuk mengeksplorasi aplikasi blockchain yang inovatif dengan para pemimpin industri lainnya,” kata Helen Hai, kepala Binance NFT.

Kolaborasi Binance dan Vidy
Kolaborasi Binance dan Vidy

Media Publishers adalah perusahaan media berbasis di Singapura yang mengkhususkan diri dalam komunikasi digital, penerbitan cetak mewah, dan acara di seluruh Asia Tenggara. Ini beroperasi di Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina, mengoperasikan merek jangkar seperti Buro, Esquire, Robb Report, Luxury Guide, dan Vogue Singapore. Perusahaan ini menggabungkan teknologi blockchain ke dalam produknya untuk memungkinkan ekonomi hadiah yang terdesentralisasi ada dengan mulus di seluruh mitra penerbitannya. Saat ini, teknologi ini digunakan oleh lebih dari 70 penerbit media global, seperti CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Vogue Singapore, Esquire Singapore, dan lebih dari 10 miliar tampilan halaman inventaris bulanan dan eksposur pengguna lebih dari 150 juta bulanan.

VidyCoin dan VidyX

VidyCoin dan VidyX adalah token dari proyek sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi media baru untuk mengubah mode periklanan tradisional. Proyek yang didirikan oleh Patrick Colangelo dan didukung oleh tim engineering kelas dunia yang berbasis di San Francisco ini telah memiliki kantor di lima negara lain termasuk Indonesia. “Banyak perusahaan teknologi besar hidup dengan data Anda, tetapi mereka tidak memberi Anda imbalan apa pun. Tidak ada kompensasi, kompensasi, atau penghargaan sekalipun. Di sinilah kami berperan.” kata Pendiri dan CEO Vidy, Matthew Lim.

Melalui wawancara virtual, Matthew Lim menjelaskan bahwa perusahaan ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menghasilkan aset digital dari aktivitas mereka di internet. Perusahaan kami saat ini memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan dengan 3,5 miliar tampilan halaman bulanan di Indonesia. VidyX juga memasuki pasar NFT.Berdasarkan https://tronscan.org/#/token/1003518 ada sebanyak 20.000 pemegang VidyX sampai sekarang.

Grafik VidyCoin juga menunjukkan pergerakan ke atas, apakah sentimen ini dapat mempengaruhi harga VidyCoin kedepannya? Pasar NFT tumbuh lebih dari 229% sejak 2020 mencapai lebih dari $500 juta. Namun, ini masih dalam tahap awal dan masih panjang dalam hal pembangunan infrastruktur. Dengan metaverse dan munculnya model digital, orang akan dapat hidup di dunia virtual paralel di mana mereka dapat memiliki identitas digital dan membeli barang tidak hanya dalam berkas digital tetapi sebagai aset unik di tanah virtual mereka, mirip dengan fisik mereka.

CEO Vidy - Matthew Lim
CEO Vidy – Matthew Lim

Untuk platform NFT baru ini, perusahaan ini akan memimpin pengembangan teknologi dan blockchain, mengingat pengalaman unik kami dalam menangani bisnis tradisional dan kripto. Kami percaya kami akan menciptakan platform terbaik yang akan mendorong dunia NFT dengan memungkinkan partisipasi tanpa batas dari komunitas mode, seni, dan musik tradisional” kata Matthew Lim. Di ekosistem, pengguna dapat menempatkan iklan video ke dalam kata kunci di halaman.

Setiap kali pengguna menonton video tersebut, ia mendapatkan reward berupa VidyX. Pengguna kemudian dapat mengakses video untuk memasuki pasar terdesentralisasi digital untuk menukar VidyX dengan kupon merek yang kemudian dapat digunakan untuk penukaran di toko fisik. Seluruh proses gamifikasi ini secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan konversi pengguna, menyalurkan pengguna online menjadi pengguna offline, atau pengguna offline menjadi pengguna online. Kuncinya adalah prosesnya mulus tanpa biaya peralihan pengguna.


Pada Maret 2021, mereka mengumumkan Joint Venture dengan penerbit Vogue dan Binance untuk meluncurkan pasar NFT mewah premium, Brytehall.com. Vidy juga berkolaborasi di pasar NFT terdesentralisasi Binance Smart Chain (BSC) yang disebut RARA. Selain itu, kemungkinan interaksi online dan offline melalui NFT terkait artis, merek, dan IP asli membuat masa depan sangat menarik.

“Ekosistem Vidy hanya dapat tumbuh dengan lebih banyak peserta, tetapi peserta berkualitas. Kolaborasi dengan Vogue dan Binance menghadirkan yang terbaik di Fashion dan yang terbaik di kripto, sementara kolaborasi dengan RARA menghadirkan komunitas besar seniman, merek, IP melalui pengalaman NFT yang digamifikasi ,” katanya.

NFT Sedang Tren! VidyX Menjadi Bagian Dari Kolaborasi Vidy dan Binance 6
RARA Logo

Aset Kripto VidyX Teratas untuk Dibeli dan Ditahan Selamanya. VIDYX proyek berkinerja terbaik. Kolaborasi Vidy dan Binance untuk Membangun Platform NFT.
Aset Kripto VidyX Teratas untuk Dibeli dan Ditahan Selamanya. VIDYX proyek berkinerja terbaik. Kolaborasi Vidy dan Binance untuk Membangun Platform NFT.

- A word from our sposor -

NFT Sedang Tren! VidyX Menjadi Bagian Dari Kolaborasi Vidy dan Binance 7

NFT Sedang Tren! VidyX Menjadi Bagian Dari Kolaborasi Vidy dan Binance

\