Jika mendengar Babi Guling Karya Rebo rasanya tidak asing lagi. Letaknya pun ada di Kedonganan. Kedonganan adalah kelurahan di Kuta, Kabupaten Badung. Kedoanganan ini terkenal dengan pantai dan dalam sektor perikanannya. Jika dibahas lebih dalam, Kedonganan sebenarnya sudah ada dari tahun 1324 dengan nama Kedongayan. Pada tahun 1997, barulah ada perkembangan di daerah Kedonganan ini yang signifikan dari segi masyarakat dan pelayanannya. Objek wisata yang dimiliki oleh Kedonganan adalah pantainya. Bersebelahan dengan pantai Jimbaran yang memiliki keindahan yang luar biasa, Pantai Kedonganan juga memiliki pasir putih di pantainya.

Babi Guling

Terlepas dari kawasan wisata yang penuh hiburan dan keindahan alam yang terdapat di Seminyak, Bali juga memiliki berbagai kuliner tradisional yang lezat. Makanan tradisional dari Bali ini disukai oleh orang-orang karena rempah-rempah yang sangat berasa di lidah dan rasa yang pedas dari makanannya. Makanan tradisional Bali, telah dipengaruhi oleh masakan China, India, dan Timur Tengah. Inilah yang membuat cita rasanya kaya akan rempah-rempah.

Babi guling atau yang biasa disebut be guling oleh masyarakat di Bali ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Babi guling pada awalnya adalah persembahan untuk persembahyangan umat Hindu. Bahan utama untuk membuat babi guling adalah daging anak babi, entah jantan atau betina. Lalu nanti perut babi akan dimasukkan bumbu khas Bali yang biasa disebut base genep.

Base genep terdiri dari 15 jenis bumbu dan rempah-rempah seperti kunyit, kencur, bawang putih sayur yang berupa daun ketela dan lainnya. Setelah perut anak babi dijahit, lalu babi tersebut akan diguling-guling selama berjam-jam sampai kulitnya berubah menjadi kecokelatan. Ciri khas makanan Bali terletak dari campuran bumbunya seperti cabai, bawang putih, bawang merah, minyak kelapa, kunyit, dan lainnya. Tidak hanya makanannya, sambal dari Bali pun khas sekali yaitu sambal matah. 

Babi Guling Karya Rebo 

Babi Guling Karya Rebo
Babi Guling Karya Rebo

Babi Guling Karya Rebo adalah rumah makan yang sudah sangat terkenal dari generasi ke generasi. Tidak hanya terkenal di daerah Bali, rumah makan yang menjual babi guling ini juga terkenal di mata wisatawan lokal seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Bahkan untuk wisatawan mancanegara pun ketagihan dengan babi guling ini contohnya mereka yang berasal dari Australia, Korea, dan China. Babi Guling Karya Rebo terletak di daerah Kedonganan, sekitar 5 KM dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Jadi ketika sampai di Bali, para wisatawan akan kelaparan dan ingin mencari makanan khas Bali yang terkenal dan terdekat dari bandara. Maka Karya Rebo lah yang akan dipilih. Untuk akses jalan menuju sini pun sudah aspal dan jalan besar, sehingga nyaman juga di perjalanan. Dan untuk akses parkir, tentunya sudah ada yang menjaga. Ini lah bentuk kerjasama dari lingkungan sekitar dengan UMKM yang ada di Kedonganan. 

Objek wisata yang dimiliki oleh Kedonganan adalah pantainya. Bersebelahan dengan pantai Jimbaran yang memiliki keindahan yang luar biasa, Pantai Kedonganan juga memiliki pasir putih di pantainya. Selain itu, Pantai Kedonganan juga unggul dengan pemandangan yang disuguhkan ketika matahari terbenam. Eits… tidak hanya keindahan alamnya, Pantai Kedonganan juga memiliki hasil, yaitu hewan lautnya. Oleh karena itu, jika kalian bermain ke pantai ini, kalian akan banyak menemukan cafe atau rumah makan yang menjual seafood atau melayani bakar ikan. 

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata di wilayah selatan pulau Bali yang sering dijadikan tempat untuk sunset dinner. Oleh karena itu ada yang namanya pasar Kedonganan. Pasar ini menjual berbagai macam seafood, mulai dari berbagai macam ikan, cumi, udang, kerang, dan masih banyak lagi pilihannya. Harganya pun juga terjangkau. Seperti kebanyakan pasar pada umumnya, kalian juga dapat menawar di sini. Beberapa meter dari pasar, sudah ada rumah makan yang berjejer dan siap untuk menyajikan hasil belanja seafood kalian. Mereka siap untuk membersihkan, membumbui sampai membakarnya. Jadi kalian hanya perlu memesan nasi dan minuman, lalu siap menyantap makanan yang sudah kalian pilih tadi. 

Buka dari jam 08.00 sampai 21.00, menu yang dijual oleh Babi Guling Karya Rebo hanya nasi campur. Isian dari nasi campurnya ada kulit babi, sayur, daging, babi goreng, sambal, lawar dan kuah. Untuk minuman yang dijual juga bervariasi mulai dari es jeruk, es teh, minuman bersoda, bahkan ada cendol juga susu kambing terbaik. “Karya Rebo tidak menjual kriuk sultan yang lagi jaman sekarang sih karena untuk perharinya aja kita sering kekurangan kulit. Itu juga bukan daya tarik dari Karya Rebo, karena kami memiliki gaya tarik tersendiri.” Jawab sang pemilik.

Resep Warisan

Pada awalnya nama dari rumah makan ini adalah “Babi Guling Rebo” lalu seiring berjalannya waktu, diteruskan oleh anaknya, membuka di daerah Kedonganan yang pada saat itu masih hutan di sekelilingnya. Muncullah nama Babi Guling Karya Rebo. Memang pada awalnya, kebanyakan orang tidak tau tentang daerah Kedonganan, dengan adanya Babi Guling Karya Rebo ini lah membantu Kedonganan lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing. 

Isian Babi Guling di Karya Rebo
Isian Babi Guling di Karya Rebo

Rumah makan ini tidak memiliki konsep khusus untuk tempatnya, mereka menjual cita rasa yang khas dan turun temurun. Karya Rebo ini berdiri dari tahun 1993 yang awalnya buka di Kota Denpasar. Rumah makan ini adalah bisnis keluarga yang awalnya dicetuskan oleh Pak Karya dan Ibu Rebo, nenek dan kakek dari pemilik Babi Guling Karya Rebo. Itulah mengapa namanya menjadi Karya Rebo. 

Karena awalnya dimulai dari bisnis keluarga dan diteruskan menjadi Babi Guling Karya Rebo di Kedonganan, rumah makan ini terus berusaha untuk meningkatkan formulanya dalam berbisnis agar cita rasanya terus meningkat dan rumah makannya tidak ketinggalan jaman. Perharinya, rumah makan ini berhasil menjual 8 ekor babi guling dengan berat 70kg. Dengan tempat yang melegenda ini, Karya Rebo akan terus berusaha untuk memperbaiki hal yang kurang dari rumah makannya, seperti tempat parkir dan bangunan yang lebih luas lagi. 

Kebersihan

Untuk kebersihan di Babi Guling Karya Rebo ini sudah terjamin. Karena berdiri sejak lama dan memiliki banyak waktu untuk meningkatkan kualitas dan kebersihannya, Karya Rebo memiliki standar kebersihan rumah makan yang tinggi. Mulai dari meja makan yang bersih, lantai yang bersih, kaca display makanan, dapur dan bahkan kamar mandi yang sudah terjamin kebersihannya. 

Di masa pandemi COVID-19 ini, Babi Guling Karya Rebo selalu mematuhi protokol kesehatan yang tinggi. Mulai dari hand sanitizer dan jaga jarak pun sudah diterapkan di rumah makan ini. Babi Guling Karya Rebo memiliki 2 lantai untuk rumah makannya. Walaupun kebanyakan orang lebih memilih untuk duduk menikmati makanannya di lantai 1, lantai 2 dari rumah makan ini pun sudah terjamin kebersihannya. 

Varian Menu

Babi Guling Karya Rebo fokus menjual babi guling. Jadi semua yang dijual seputar babi saja. Salah satu menu yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah babi gorengnya. Babi goreng ini sangat renyah dengan balutan tepung dan bumbu yang merah. Selain itu, rumah makan ini juga menjual frozen food untuk memudahkan pelanggan dari luar Bali untuk makan Babi Guling Karya Rebo ini. Ide ini pun muncul dari semenjak pandemi COVID-19 yang membuat rumah makan babi guling ini mendapat penghargaan dari Paxel karena berhasil mengirimkan 1000 bungkus babi guling ke luar Bali dalam sehari. Melalui sini lah Karya Rebo berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. 

Oleh-oleh khas dari Karya Rebo
Oleh-oleh khas dari Karya Rebo

Selain itu, Babi Guling Karya Rebo juga menjual kerupuk kulit babi guling. Untuk porsi makan yang tersedia disini hanya ada yang porsi biasa dan jumbo. Tapi memang sudah diakui, untuk urusan rasa Babi Guling Karya Rebo memang tidak mengecewakan. Tidak seperti rumah makan babi guling lainnya, Babi Guling Karya Rebo tidak menjual kulit sultan yang sedang jaman di beberapa tahun terakhir. 

Pelanggan

Kesetiaan dari pembeli Babi Guling Karya Rebo dapat kita lihat secara nyata. Kebanyakan orang ketika datang ke Bali, pasti akan mampir ke rumah makan ini. Tidak hanya itu, mereka pun rela untuk membungkus makanan ini dan membawanya ke daerah asal mereka masing-masing. Bahkan ada orang yang membuka jasa titip untuk makanan babi guling ini untuk memudahkan orang lain yang tidak tinggal di Bali tetapi ingin menikmati makanan ini. 

Ketika masa pandemi COVID-19 pun, ketika awalnya Babi Guling Karya Rebo memiliki ide untuk membuat frozen food yang siap dikirim ke seluruh Indonesia. Rumah makan ini langsung menghubungi para pelanggan setianya dan memberitahukan bahwa ada produk baru yang mereka buat. Dengan penuh semangat, para pelanggannya langsung membeli dan memberikan masukan apa saja yang perlu ditingkatkan dari produk frozen food tersebut. 

Tidak dengan marketing khusus dan iklan, Babi Guling Karya Rebo memang tumbuh dan dikenal banyak orang karena mulut ke mulut dan hasil dari pendapat banyak orang yang merekomendasikan rumah makan ini kepada kerabat, teman dan keluarga mereka. Inilah yang membuat Karya Rebo masih bertahan sampai sekarang dan pernah memenangkan penghargaan dari Paxel.

Harga 

Nasi Babi Guling Karya Rebo
Nasi Babi Guling Karya Rebo

Harga makanan di Babi Guling Karya Rebo mulai dari Rp.50.000 sampai dengan Rp.75.000 perporsinya. Harga ini memang sebanding dengan rasa dan kualitas yang diberikan oleh Babi Guling Karya Rebo berikan kepada pelanggannya. Untuk minumannya harganya sama seperti di tempat lain. 

Informasi Lainnya 

Alamat: Jl. Toyaning No.1, Kedonganan – Kuta

Jam Buka: 08.00 – 21.00

No Telp: (0361) 703229

Instagram: @babi_guling_karya_rebo

Facebook: Babi Guling Karya Rebo

FAQ:

Berapa jarak dari Bandara Ngurah Rai ke Babi Guling Karya Rebo?

Jaraknya 5KM atau sekitar 9 menit untuk ditempuh

Apa arti dari nama Karya Rebo?

Karya berasal dari nama kakek sang pemilik dan Rebo berasal dari nama nenek sang pemilik.

Apa dukungan pemerintah untuk Babi Guling Karya Rebo?

Dukungan dari pemerintahan setempat dibuktikan dari akses parkir dan keamanan yang sudah terjamin dibantu oleh banjar di Kedonganan.

- A word from our sposor -

Babi Guling Karya Rebo Resep Warisan 3 Generasi 1

Babi Guling Karya Rebo Resep Warisan 3 Generasi

\